Kenali Blind Spot di Mobil

Senin, 21 Sep 2015, 15:07

Blind spot merupakan hal yang harus kita hindari ketika menyetir kendaraan. Salah-salah jika terjebak dalam blind spot, bisa memicu kecelakaan. Apalagi bagi orang yang terbiasa mengendarai mobil. Cobalah dengan seksama mengetahui dasar blind spot. Yang mana standarnya sama saja antara mobil baru dan mobil bekas. Apalagi masih banyak dari kita menyepelekan posisi kendaraan saat bermanuver di jalan. Padahal, hal tersebut penting untuk lebih seksama dalam berlalu lintas.

Bila didefinisikan, blind spot merupakan titik di mana kita sebagai pengendara tidak bisa melihat keadaan. Baik ada mobil, motor, maupun keadaan kosong. Oleh sebab itu, bisa dikatakan kalau blind spot menjadi potensi berbahaya bagi pengemudi mobil. Mengapa? Blind spot bisa muncul di mana saja saat kita merambah lalu lintas.

Kebanyakan kesalahan yang muncul karena blind spot adalah kita tidak melihat ada kendaraan lain di sekitar kita. Padahal, bisa jadi kendaraan tersebut tepat di samping kita. Akibat ini, biasanya sering terjadi tabrakan dari samping bodi mobil. Alhasil, pengendara mobil menjadi tersalah karena berbelok atau menyalip dan disangka tidak melihat-lihat keadaan sekitar.

Sebenarnya kunci dari blind spot adalah kaca spion. Setiap mobil memiliki jenis kaca spion berbeda-beda. Ada yang datar, ada yang cembung, dan ada yang kombinasi keduanya. Ketahui lebih dalam tentang mobil kita. Jika baru mau beli mobil, Anda bisa tentukan kaca spion yang bagaimana yang Anda inginkan. Dari kesemua bentuk kaca spion tidak ada perbandingan mana lebih baik dalam mereduksi blind spot. Semuanya bergantung kepada jenis mobil.

Penting bagi Anda yang ingin membeli mobil baik baru atau mobil bekas, pilihlah mobil dengan kaca spion sesuai kemauan. Ada baiknya mobil terpilih sesuai dengan kebutuhan. Dan, perhatikan juga posisi pengendaraan ternyaman yang bisa didapatkan dari mobil. Di sini, perlu pemilihan sesuai kebutuhan dan postur tubuh kita terhadap mobil.

Namun, berdasarkan pemaparan di atas dan perbandingan bentuk bodi mobil dengan ukuran kaca spion. Berikut beberapa jenis mobil yang punya blind spot sedikit sesuai urutannya, yakni:

- Small hatcback, seperti Daihatsu Sirion, Kia Picanto, Toyota Etios Valco, Suzuki Splash, dan Mitsubishi Mirage, memiliki blind spot relatif sedikit. Hal ini karena bodinya yang kecil sehingga kaca spion akan lebih mudah mencakup pandangan di sekitar jalan.

- Hatcback, seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Ford Fiesta, atau Mazda2 bisa dikategorikan sebagai mobil yang memiliki ukuran kaca spion dan bodi mobil proporsional. Blind spot-nya juga cenderung sedikit dibanding MPV dan SUV. Adapun jarak pandang belakang di mobil ini juga baik sebab mobil tidak memiliki buntut.

- SUV, antara lain Toyota Fortuner, honda CR-V, Nissan X-Trail, atau Hyundai Tucson memiliki blind spot relatif kecil. Walaupun masi banyak dibanding hatcback. Hanya saja, kesepadanan ukuran bodi dan kaca spion masih sejajar.

Bagaimana? Sekarang tahu bukan blind spot merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam keselamatan berkendara. Adapun reduksi keadaan blind spot bergantung juga pada ukuran mobil. Sekarang tinggal bagaimana mengatur pengendaraan ketika mengemudi sehingga bisa terhindar dari bahaya akibat blind spot.

Bagi mereka yang ingin beli mobil baru atau mobil bekas, cobalah untuk mengetahui untuk apa kendaraan tersebut. Jika diperuntukan bagi pengendaraan perkotaan yang penuh dengan kepadatan, ada baiknya Anda beli mobil dengan blind spot sedikit. Pilih saja mobil small hatchback atau dikenal city car.


Image Source: Wikipedia

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."