Cara Menguras dan Mengisi Air Radiator dengan Benar

Kamis, 07 Jun 2012, 14:08
mengisi air radiator

Dalam penggantian air radiator ada dua tahap yang perlu Anda perhatikan agar hasilnya maksimal. Anda perlu memahami cara menguras air radiator dengan benar hingga benar-benar jernih. Dan pahami pula cara mengisi air radiator yang benar sehingga bisa meminimalkan celah udara yang terjebak dalam sistem.

Penggantian air radiator perlu diperhatikan karena radiator dan sistem pendingin termasuk bagian penting yang mendukung kelancaran kerja mesin mobil. Radiator berperan penting dalam mengontrol suhu pada mesin kendaraan saat sedang digunakan. Dalam mengganti dan mengisi air radiator harus dilakukan paling tidak setiap penggunaan 40.000 KM atau ketika air radiator Anda sudah kotor. 

Jika memang Anda ingin melakukannya sendiri perlu memperhatikan hal-hal penting dalam menguras dan mengganti air radiator. Salah penanganan, bukan mustahil bila di perjalanan mobil Anda malah mengalami mogok gara-gara overheating. Di antara sekian banyak kesalahan, kekeliruan yang cukup sering terjadi misalnya adalah saat menguras dan mengisi air radiator. 

Menguras dan Mengisi Air Radiator

Cara Menguras Air Radiator

Tahap 1: Jika mesin dalam kondisi dingin. Panaskanlah sekitar 5 menit untuk membuat cooling system berputar agar terhindar dari mengendapnya kotoran di bagian bawah.

Tahap 2: Buka penutup radiator secara perlahan-lahan. Kemudian buka lubang pembuangan pada radiator.

Cara Mengisi Air Radiator

Tahap 3: Setelah semua air keluar, tutup sumbat radiator dan mulailah menuangkan air dari penutup radiator sampai penuh (paling baik menggunakan air suling dan menambahkan aditif/coolant). Untuk kendaraan yang dilengkapi dengan katup pembuang udara seperti Avanza atau Xenia, pada waktu mengisi air, katup ini dibuka hingga air keluar melalui katup ini.

Tahap 4: Setelah penuh, silakan menutup radiator sampai rapat.

Tahap 5: Hidupkan mesin dengan posisi AC dalam keadaan mati. Biarkan mesin hidup sampai kipas elektrik berputar, lalu matikan mesin. Jangan lupa, di tahap ini Anda harus memeriksa selalu temperatur gauge di dashboard, dan segera matikan mesin bila temperatur naik melewati batas. untuk kendaraan yang tidak menggunakan kipas elektrik, bisa dengan melihat indikator temperatur di dashboard sampai jarum menunjuk posisi setengah.

Tahap 6: Buka kembali penutup radiator saat mesin sudah dingin. Lalu, periksa apakah air masih tampak penuh. Jika ya, berarti proses mengisi air radiator telah selesai dan Anda bisa langsung ke langkah no 7. Tapi jika tidak, tambahkan kembali sampai batas mencapai maksimum.

Tahap 7: Tutup kembali radiator dan ulangi langkah 4-5 di atas.

Tahap 8: Periksa juga tangki cadangan air radiator. Permukaan air harus di atas batas "MINIMUM".

Tahap keempat perlu kita lakukan untuk memastikan bahwa kuantitas air yang harus kita masukkan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan sistem pendinginan mesin.  Secara teknis, sewaktu kita mengisi air radiator dengan kondisi mesin dingin, maka ada kemungkinan air tidak sampai ke bagian mesin yang berada jauh dari radiator.

Ketika temperatur naik saat mesin dihidupkan, maka air dalam radiator akan tersedot dan bersirkulasi ke mesin. Itulah yang membuat kuantitasnya tampak berkurang ketika penutup radiator dibuka kembali saat mesin telah dingin.

Nah, inilah yang patut dihindari. Pastikan kuantitas air radiator cukup tiap kali mengisi kembali air radiator.

Dalam mengganti air radiator Anda juga harus memperhatikan jenis cairannya. Hindari mengisi radiator dengan air biasa karena air biasa cenderung memiliki karakter yang mudah menguap yang kemudian akan menyebabkan endapan yang dapat menyebabkan kerusakan radiator mobil Anda.

Alangkah baik juga jika Anda tidak banyak mengganti cairan radiator dengan bermacam-macam merek. Pada dasarnya, setiap cairan coolant tentu dibuat khusus untuk radiator. Namun, berbeda merek memiliki perbedaan zat-zat khusus yang digunakan pada cairan coolant tersebut.

Dengan memahami hal-hal di atas, tentunya Anda dapat dengan mudah menguras dan mengganti cairan radiator dengan mudah dan aman untuk mobil Anda. Mobil Anda akan lebih awet dan aman dalam berkendara.


Artikel Terkait:

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."