Ini Dia Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak atau BBM

Senin, 07 Dec 2015, 17:00
cara menghemat bahan bakar minyak

Setiap orang tentu ingin kendaraan yang dimiliki dapat hemat BBM. Namun, terdapat banyak faktor yang kemudian membuat kendaraan Anda menjadi tidak hemat BBM. Pernah merasa terkejut saat melihat icon fuel (bahan bakar) di cluster meter tiba-tiba Empty (kosong) atau mendekati E? Mungkin sebagian pengendara menganggap bahwa mereka baru saja mengisi bahan bakar. Tapi, kok bahan bakar (BBM) tersebut cepat habis?

Selain karena pengaruh kondisi mesin mobil, pemakaian BBM juga dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti cara berkendara dan pemakaian Anda. Mobil yang boros akan BBM tentu akan merepotkan Anda, terutama dalam hal biaya, karena tentunya pengeluaran biaya BBM Anda akan semakin tinggi. Belum lagi bila setiap harinya Anda berkendara di jalanan yang padat dan sering terkena macet.

Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak atau BBM

Evaluasi Cara Mengemudi Anda

Apakah Anda termasuk penggemar kebut-kebutan atau sering melakukan rem mendadak. Mengemudi dengan cara seperti ini akan menguras penggunaan BBM. Mengubah cara mengemudi akan menghemat BBM sekitar 2,1 kilometer per liter. Dalam hal cara mengemudi tentu Anda pernah mendengar tentang eco driving yang dapat membantu kendaraan Anda lebih hemat BBM. Salah satu cara dalam berkendara secara eco driving adalah dengan melakukan akselerasi secara halus dengan menginjak pedal gas secara pelan.

Pilih Jenis Bahan Bakar yang Tepat

Bahan bakar dengan harga relatif mahal belum tentu cocok untuk semua kendaraan. Konsultasikan dengan dealer atau mekanik bahan bakar apa yang tepat digunakan untuk mobil Anda. Bahan bakar dengan oktan tinggi, membutuhkan tenaga lebih besar pada proses pembakaran. Hal ini membuat BBM menjadi boros. Hindari penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi, jika hal tersebut tidak sesuai dengan sistem bahan bakar pada mobil Anda.

Periksa Kembali Barang-barang Anda di Dalam Mobil

Bawalah barang sesuai kebutuhan. Hindari pikiran bahwa semua barang harus diletakkan di dalam mobil. Bobot berat pada mobil akan mempengaruhi kinerja mesin. Semakin berat bobot barang yang dibawa, semakin berat kerja mesin. Hal ini sangat mempengaruhi borosnya penggunaan BBM.

Lakukan Perawatan Secara Rutin

Di antara perawatan yang memengaruhi borosnya penggunaan BBM adalah menganggap remeh penggantian oli secara rutin. Oli yang pekat akan mempersulit kerja mesin, hal tersebut akan menguras BBM. Selain itu, perhatikan juga sensor oksigen pada sistem bahan bakar. Kurang optimalnya sensor oksigen akan menjadikan borosnya penggunaan bahan bakar.

Perhatikan Kondisi Ban Mobil

Pastikan tekanan angin pada ban mobil benar-benar proporsional sesuai petunjuk pabrikan. Kondisi ban kempes, selain berbahaya, juga menjadikan kerja mesin mobil semakin berat. Kinerja mesin mobil yang berat membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Selain tekanan angin, cek juga apakah posisi ban sudah proporsional. Posisi ban yang tidak tepat akan memperberat kerja suspensi mobil.

Gunakan Ban Sesuai dengan Petunjuk Pabrikan atau Dealer

Jika menggunakan mobil bertipe MPV yang biasa melintasi area perkotaan, Anda tidak perlu menggunakan ban offroad (untuk melintasi trek terjal). Gunakan ban yang sesuai dengan tipe mobil MPV. Hal tersebut juga berlaku untuk jenis kendaraan lainnya.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat lebih mengurangi konsumsi BBM pada kendaraan Anda. Selain itu, hal-hal di atas juga akan membantu kenyamanan Anda dalam berkendara. Anda tidak akan kaget lagi saat melihat indikator bahan bakar mobil Anda, dan Anda pun akan lebih nyaman dalam berkendara.

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."