Ini Dia Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak atau BBM

Senin, 07 Dec 2015, 17:00
cara menghemat bahan bakar minyak

Setiap orang tentu ingin mobil yang dikemudikan mempunyai konsumsi BBM yang hemat untuk penggunaan harian. Namun, terdapat banyak faktor yang dapat membuat kendaraan Anda menjadi tidak hemat BBM. Pernahkah anda merasa kaget saat melihat icon fuel gauge (bahan bakar) di cluster meter tiba-tiba berada di posisi terendah bahkan mendekati E (Empty) ?  Mungkin sebagian pengendara menganggap bahwa mereka baru saja mengisi bahan bakar. Tapi, kok bahan bakar (BBM) tersebut cepat habis?

Bagaimana Cara Menghemat BBM Saat Berkendara?

Selain karena pengaruh kondisi mesin mobil, pemakaian BBM juga dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti cara berkendara dan pemakaian Anda. Mobil yang boros akan BBM tentu akan merepotkan Anda, terutama dalam hal biaya, karena tentunya pengeluaran biaya BBM Anda akan semakin tinggi. Belum lagi bila setiap harinya Anda berkendara di jalanan yang padat dan sering terkena macet. Berikut ini, kami sajikan beberapa tips cara menghemat bahan bakar minyak saat anda berkendara.  

Evaluasi Cara Berkendara Anda

Apakah anda termasuk orang yang senang berkendara secara agresif ? Maka hal tersebut harus ditinggalkan jauh-jauh. Pasalnya, berkendara secara agresif akan membuat mobil menjadi boros bahan bakar, terlebih jika kita tidak memahami ritme dalam menginjak pedal gas yang tidak optimal sehingga energi juga mudah terbuang sia-sia. Akan tetapi, kita juga mampu mengubah cara berkendara kita termasuk mengatur ritme dalam menginjak pedal gas melalui teknik eco driving. 

Anda pastinya pernah mendengar teknik eco driving yang dapat membantu anda dalam menghemat BBM saat berkendara. Salah satu cara dalam berkendara secara eco driving adalah dengan melakukan akselerasi secara halus dengan menginjak pedal gas secara perlahan tanpa terputus. Adapun, eco driving tidak hanya sekedar mengatur pedal gas saja, melainkan juga mode eco driving juga sudah disematkan pada mobil-mobil saat ini. Dengan berkendara menggunakan mode eco driving, anda dapat menghemat konsumsi BBM mobil anda hingga 30 persen.

Memilih Jenis Bahan Bakar yang Tepat

Bahan bakar dengan harga relatif mahal belum tentu cocok untuk semua kendaraan. Mengapa demikian? Karena setiap mobil mempunyai perbandingan kompresi sehingga setiap kendaraan mempunyai rekomendasi bahan bakar yang disesuaikan dengan oktan dari bahan bakar tersebut. Untuk mengetahui jenis bahan bakar yang tepat, pastikan anda membaca buku manual pada setiap mobil untuk mengetahui rekomendasi bahan bakar yang tepat untuk mendapatkan performa mesin yang optimal dan efisien, selain itu anda juga dapat berkonsultasi kepada mekanik anda terkait dengan hal ini. Bahan bakar dengan oktan tinggi, membutuhkan tenaga lebih besar pada proses pembakaran. Hindari penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi, jika hal tersebut tidak sesuai dengan mesin pada mobil Anda.

Periksa Kembali Muatan di Dalam Mobil Anda

Pada dasarnya bobot kendaraan akan mempengaruhi performa dan efisiensi bahan bakar kendaraan. Dalam hal ini muatan tidak hanya sekedar barang bawaan saja, melainkan juga muatan penumpang. Dalam hal ini semakin berat muatan kendaraan, maka konsumsi BBM juga akan semakin boros dan performa juga tidak optimal. Untuk mencegah terjadinya kelebihan beban muatan, hindari asumsi jika semua barang harus diletakkan di dalam mobil dan juga membawa barang sesuai dengan kebutuhan. 

Melakukan Penggantian Oli Secara Rutin

Jangan pernah menganggap remeh penggantian oli secara rutin, pasalnya salah satu faktor borosnya penggunaan BBM ialah oli mesin. Dalam hal ini kekentalan oli yang terlalu menghitam, akan mempersulit kinerja pelumasan pada mesin sehingga mempengaruhi performa mesin. Selain itu, perhatikan juga sensor oksigen pada sistem bahan bakar. Kurang optimalnya sensor oksigen akan menjadikan borosnya penggunaan bahan bakar.

Perhatikan Tekanan Angin Ban 

Pastikan tekanan angin pada ban mobil benar-benar proporsional sesuai petunjuk pabrikan. Kondisi ban kempes, selain berbahaya, juga menjadikan kerja mesin mobil semakin berat. Kinerja mesin mobil yang berat membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Adapun, untuk mengetahui tekanan angin ban dalam ukuran normal, pastikan anda melihat petunjuk yang sudah tersedia dibagian pintu mobil anda. Selain memperhatikan tekanan angin ban, tidak ada salahnya untuk melakukan rotasi ban agar efisiensi dan hambatan gulir pada ban dapat menyseuaikan sehingga mobil menjadi lebih efisien. 

Membersihkan Saringan Udara (Air Filter)

Salah satu faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM anda adalah saringan udara (Air filter). Dalam hal ini, saringan udara yang kotor dapat membuat performa mesin menjadi boros dikarenakan saringan udara yang mampet. Untuk mengatasinya, pastikan saringan udara dibersihkan secara rutin layaknya penggantian oli mesin kendaraan yaitu setiap 5.000 km. Akan tetapi alangkah baiknya jika saringan udara juga diganti setiap 50.000 km agar performa mesin tetap optimal. 

Efektif dalam Menggunakan AC

Pada dasarnya Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, dimana negara ini mempunyai terik matahari yang sangat panas di siang hari sehingga seluruh ekosistem membutuhkan pendinginan, termasuk mobil. Adapun ac dinilai banyak pengendara dapat membuat mobil menjadi boros, apakah hal tersebut benar? Sebenarnya tidak, karena penggunaan ac justru terkait dengan kelistrikan mobil sehingga tidak mempengaruhi konsumsi BBM. 

Akan tetapi, alangkah baiknya jika kita bijak dalam menggunakan ac pada kendaraan. Arti kata bijak bukan berarti kita tidak menggunakannya, melainkan kita menyalakan ac sesuai dengan kebutuhan  baik suhu dan embusan ac pada mobil. Jika anda menginginkan berkendara efisien dengan menggunakan ac, maka kami sarankan bahwa suhu ac pada mobil anda berkisar diantara 22-25 derajat celcius dan juga embusan blower ac maksimal dua tingkat. Selain efektif dalam menggunakan ac, tidak ada salahnya memeriksa ac dalam keadaan sehat agar kondisi ac dan mesin juga dalam kondisi yang prima. 

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut,  anda sudah dapat mengurangi konsumsi atau hemat BBM pada kendaraan anda sehingga menjadi lebih efisien dalam penggunaan harian. Selain itu, hal-hal di atas juga akan membantu kenyamanan anda dalam berkendara. anda tidak akan kaget lagi saat melihat indikator bahan bakar mobil anda sehingga lebih nyaman dalam berkendara.

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."