Cara Pasang GPS Mobil Terbaik untuk Hasil yang Maksimal

Jumat, 29 Jan 2016, 11:00
cara pasang gps mobil terbaik

GPS atau Global Positioning System adalah fitur atau hal penunjang yang baik untuk disematkan di dalam mobil. Fungsinya sebagai penunjuk jalan bisa membantu Anda untuk sampai ke tempat tujuan yang Anda kehendaki. Penggunaannya di dalam mobil mengandalkan sinyal dari satelit dan akan mendeteksi jalannya mobil dan lokasi di mana Anda berada, serta tempat tujuan yang Anda masukan. Awalnya, alat ini digunakan oleh pemerintah Amerika Serikat yang khusus digunakan oleh Angkatan Udara di negara tersebut. Sekitar tahun 1960-an atau ada pula yang mengatakan tahun 1970-an, Departemen Pertahanan AS menciptakan sistem pada GPS dengan menggunakan satelit yang berjumlah 24 unit. GPS yang Anda gunakan saat ini ternyata terinspirasi dari satelit transit yang bernama The Navy Navigation Satelite System, dimana satelit tersebut digunakan untuk kepentingan navigasi bagi militer di AS pada tahun 1964. Kemudian pada tahun 1984, Presiden Ronald Reagan memberikan izin pada beberapa kemampuan dari satelit tersebut untuk kepentingan lainnya. Akan tetapi, sistem ini belum bisa berfungsi secara efektif sampai tahun 1990-an. Pada saat itu, GPS tidak hanya dapat digunakan oleh pemerintahan AS, tetapi semua masyarakat bisa memanfaatkan alat tersebut untuk melacak suatu tempat. Meskipun alat ini bisa digunakan oleh siapapun, tetapi pihak AS memberikan batasan akses pada organisasi tertentu. Oleh sebab itu, Rusia pun tidak ingin kalah bersaing dengan menciptakan alat serupa dengan sistem yang berbeda dan menyebutnya dengan GLONASS.


Sistem yang diciptakan oleh Rusia menjadi alternatif satu-satunya, sehingga mampu membentang di seluruh dunia, khususnya di China, Uni Eropa, dan India. Roger K. Easton sebagai ilmuwan yang bekerja The Naval Research Laboratory yang juga merupakan seorang inventor GPS. Saat ini, GPS semakin berkembang dan terhubung pada ponsel pintar yang diterapkan melalui sejumlah aplikasi. GPS ini dibagi dua macam, yakni GPS Navigasi dan GPS Tracker. GPS Navigasi dilengkapi dengan peta terunduh yang membantu pengemudi untuk mencari rute perjalanan. Lalu, GPS Tracker berguna untuk melacak posisi mobil dan biasanya dipasang di tempat tersembunyi. Penggunaan GPS Tracker ini tidak umum pada mobil-mobil yang dimiliki secara pribadi di masyarakat umum dan biasanya ada pada mobil taksi. Keberadaan GPS pada mobil Anda memang sangat dianjurkan, terlebih keadaan jalan yang semakin semrawut sehingga mengharuskan Anda mencari jalan pintas agar bisa sampai ke tempat tujuan dengan cepat dan mudah. Perlu diketahui, GPS ini memiliki sejumlah fungsi atau manfaat ketika Anda sedang berkendara. Fungsi-fungsi tersebut diantaranya sebagai berikut.

  • Mengantisipasi jika terjadi pencurian

Fungsi yang paling penting dari adanya GPS pada mobil Anda adalah untuk mendeteksi keberadaan mobil jika dicuri. Dengan teknologi yang dimiliki GPS ini, Anda bisa melacak posisi mobil Anda, bahkan Anda pun bisa mematikan mesin mobil tersebut hanya dengan menggunakan pesan singkat. Tetapi, fitur canggih GPS lainnya tersebut hanya bisa dirasakan oleh jenis mobil tertentu yang memang sudah memiliki teknologi yang lebih canggih.

  • Bisa digunakan untuk mengatur jadwal

GPS ternyata bisa digunakan untuk mengatur jadwal yang dibuat untuk mobil Anda, misalnya jadwal perawatan mobil Anda. Contoh lainnya dari fitur penjadwalan ini adalah untuk Anda yang memiliki usaha rental mobil sehingga bisa diketahui batas waktu penggunaan mobil tersebut.

  • Bisa mengetahui riwayat perjalanan

GPS secara otomatis bisa merekam riwayat perjalanan Anda dengan menggunakan mobil tersebut. Hal ini bisa Anda lakukan untuk mengingat kembali rute perjalanan Anda jika akan melakukan perjalanan lagi ke tempat yang sama.

  • Pemanfaatannya di bidang militer

Selain bagi para pengendara kendaraan bermotor, GPS pun penting digunakan oleh para tentara militer. Baginya, GPS digunakan untuk melacak keberadaan musuh, mendeteksi adanya bom, dan berbagai jenis pertahanan militer lainnya ketika berada di lapangan atau peperangan.

  • Pemanfaatan dalam merancang sistem informasi geografis

Bagi para ahli geologi, GPS sering digunakan untuk membuat rancangan sistem informasi geografis. Sistem tersebut biasanya memiliki output seperti peta suatu wilayah, mengukur jarak antara tempat yang satu dengan lainnya, dan mengukur besarnya suatu wilayah. Dilihat dari fungsinya, GPS ini memang sangat penting dibutuhkan oleh semua orang, khususnya bagi para pengemudi. Manfaat ini bisa dirasakan ketika Anda ingin mencari suatu lokasi yang akan Anda tuju tanpa mengetahui terlebih dahulu rute yang harus dilalui. Adapun beberapa poin yang harus Anda ketahui mengenai pentingnya suatu GPS di mobil Anda, yaitu sebagai berikut. Ketika ingin mengetahui jalur atau rute untuk menjangkau tempat yang Anda tuju, tidak lagi harus menggunakan peta manual yang cukup rumit untuk dibaca. Dengan menggunakan GPS, Anda bisa memprogram lokasi tujuan Anda berdasarkan posisi Anda pada saat itu. Sehingga Anda bisa tiba di lokasi dengan lebih cepat.

Bahan bakar yang digunakan lebih irit karena GPS akan mengarahkan perjalanan Anda secara akurat. Biasanya, GPS akan memberikan arahan untuk melewati jalur yang lebih cepat dan tidak akan menghabiskan bahan bakar mobil Anda.

GPS akan membuat Anda menjadi lebih aman berkendara, terutama pada saat malam hari atau cuaca buruk. Karena GPS akan memberikan jalur yang umum dilewati oleh masyarakat sehingga Anda tidak perlu merasa cemas akan melewati jalanan yang sepi. Kemudian, GPS pun akan memberikan pantauan cuaca di setiap lokasi agar Anda bisa lebih bersiap-siap untuk menghadapi segala jenis cuaca. GPS pada umumnya memiliki fitur keamanan untuk mengetahui tempat-tempat darurat, seperti rumah sakit, kantor polisi, SPBU, dan lain sebagainya ketika Anda berada dalam kondisi tertentu. Sebagaimana kebanyakan masyarakat umum menggunakan GPS Navigasi yang terpampang jelas, pengemudi harus tahu bagaimana meletakkannya yang aman. Jangan sampai keberadaan GPS malah akan mengganggu keamanan dan kenyamanan berkendara Anda. Untuk mewujudkan berkendara aman dan nyaman, pemasangan GPS harus berada di tempat yang tepat. Selain mudah dijangkau, juga harus tidak menghalangi pandangan saat mengemudi.

Berikut tips memasang GPS dari mobil88 agar tetap berkendara dengan baik dan meminimalisir terganggunya aktivitas mengemudi.

  • Mudah Dilihat dan Dijangkau Oleh Mata

Saat berkendara di jalan adalah saat di mana Anda tentu harus fokus pada jalan dan cara berkendara Anda. Jangan sampai fokus Anda terpecah karena pemasangan aksesoris atau alat GPS mobil yang sulit dijangkau mata, sehingga Anda harus mengalihkan mata Anda dari jalan. Pasang GPS di tempat yang mudah dilihat dari jangkauan mata di kursi pengemudi. Perlu diingat, peletakan GPS ini juga tidak boleh menimbulkan blind spot di bagian vital, seperti pandangan depan, pandangan kaca spion belakang dan samping, dan pandangan di jendela. Ada dua pilihan tempat memasang GPS yang baik, yakni di atas head unit atau tergabung di layar dalam head unit.

  • Gunakan Perekat yang Kuat

Pergunakan perekat yang aman bagi material dashboard dan kuat. Paling baik adalah menggunakan pegangan khusus yang perekatnya juga khusus untuk meletakkan GPS untuk mobil Anda. Ada beragam pilihan holder untuk alat GPS pada mobil Anda ini. Mulai dari yang menggunakan karet silikon perekat, magnet, penjepit, sampai yang tersambung dengan soket lighter.

  • Pastikan GPS Dalam Kondisi Menyala Saat Berkendara

Setiap sebelum melakukan perjalanan, pastikan GPS dalam kondisi menyala dengan daya penuh sehingga tidak tiba-tiba mati di jalan. Apalagi fungsi GPS ini memang untuk menghindarkan pengemudi dari tersesat di jalan-jalan tertentu atau saat mencari alamat tertentu.

  • Rekomendasi GPS Mobil Terbaik Versi Mobil88

GPS merupakan salah satu fitur yang sangat berguna bagi Anda. Di zaman yang serba canggih sekarang, alat GPS pun menjadi salah satu fitur yang umum ditemui di berbagai jenis mobil. Terdapat banyak merek GPS mobil terbaik yang dapat Anda pilih di pasaran. Untuk itu, pilihlah yang memiliki fitur lengkap dan mudah untuk Anda gunakan.

Berikut beberapa rekomendasi merek alat GPS terbaik:

  • GPS Garmin Nuvi 65LM

Alat ini menjadi salah satu merek GPS terbaik yang sekarang banyak digunakan untuk melengkapi mobilnya. Meskipun harganya cukup mahal, tetapi fitur yang dirasakan memang sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Anda sebagai pengendara akan diarahkan pada rute dan lokasi yang akurat sesuai dengan tujuan Anda. Kemudian, GPS ini memiliki jenis layar TFT dengan ukuran 6 inchi dan memiliki resolusi 800 x 480 pixel. Fitur lainnya yang didapatkan adalah adanya 1.000 waypoint yang bisa menjangkau hampir semua kota besar yang terdapat di Indonesia. Adapun fitur Lifetime Map untuk mengetahui lokasi lainnya.

  • GPS Garmin Nuvi 57LM

Merek selanjutnya merupakan versi lain dari GPS Garmin Nuvi, yaitu 57LM. Fitur yang dimilikinya sedikit di bawah versi 65LM. Harganya tentu lebih murah dibandingkan dengan merek sebelumnya. GPS ini memiliki ukuran layar 5 inchi. Kemampuannya adalah dapat menunjukkan peta beserta jalur yang harus dilalui untuk menjangkau lokasi yang dicari secara lebih cepat dan akurat. Salah satu kelebihan dari GPS ini adalah memiliki tampilan layar yang sangat intuitif sehingga bisa dengan mudah digunakan oleh orang awam sekalipun. Anda juga bisa mengetahui batas kecepatan dan jarak tempuh yang harus dilalui untuk sampai ke tempat tujuan. Kelebihan menarik lainnya yang dimiliki GPS ini adalah mampu menjangkau wilayah terpencil tanpa harus terhubung dengan jaringan seluler.

  • GPS Watchtower J-008

GPS ini menjadi salah satu merek andalan bagi para pengemudi kendaraan roda empat ketika akan bepergian. Alat ini dilengkapi dengan Receiver SiRF Atlas V sehingga bisa menampilkan peta suatu wilayah secara cepat. Ukuran layar yang dimilikinya adalah 5 inci dengan resolusi 800 x 480 pixel. Kelebihan dari GPS ini adalah terdapat RAM sebesar 128 GB DDR2 serta ROM sebesar 2GB untuk memastikan bahwa GPS ini bekerja dengan sempurna. GPS ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur entertainment, seperti pemutar musik atau MP3 dan menayangkan film atau video yang berformat AVI. Caranya adalah dengan menghubungkan Flash Disk ke port USB 2.0 yang tersedia pada GPS yang satu ini. Selain Anda bisa menemukan lokasi tujuan dengan cepat, Anda pun bisa menikmati perjalanan Anda dengan alunan musik atau tayangan film di layar GPS Anda.

  • GPS iGPS 8055

GPS ini memiliki ukuran dan resolusi layar yang sama dengan dua merek GPS sebelumnya. Kualitas yang dimiliki merek GPS ini hampir sama dengan GPS yang dikeluarkan oleh Garmin. Oleh sebab itu, harganya pun hampir sama mahalnya dengan Garmin. GPS ini dilengkapi dengan Receiver SiRF Star IV yang mampu menunjukkan lokasi secara akurat. Adapun beberapa fitur multimedia yang tersedia di alat ini, seperti musik dan video dengan menggunakan perangkat SD Card. Selain cara pasang GPS yang tepat, kemudahan dalam menggunakan alat GPS di mobil Anda juga harus Anda perhatikan. Hal ini tentu akan membantu Anda saat Anda sedang berkendara dan membutuhkan guide yang jelas untuk tiba di tempat tujuan Anda. Alat GPS yang sulit digunakan tentu akan menyulitkan Anda dan bahkan dapat membahayakan Anda saat berkendara.

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."