Odometer Rendah Belum Tentu “Wajar” Bisa Jadi Sudah di Putar

Selasa, 15 Nov 2016, 11:05


Mudahnya mencari mobil bekas saat ini, terutama maraknya situs-situs market place jual beli mobil bekas dengan tampilan mobil yang mulus dan menarik plus iming-iming harga murah serta Km rendah. Tapi ingat, harga murah dan Km rendah belum tentu wajar hati-hati banyak penipuan yang terjadi.
Jangan gegabah membeli mobil, jangan sampai tertipu dengan kata-kata ”Km rendah”. Bisa jadi benar, tapi banyak juga yang bohong padahal odometer sudah diputar mundur seolah-olah mobil jarang dipakai.
Mengapa manipulasi odometer harus diwaspadai? Sangat merugikan! kerena odometer merupakan panduan bagi pemilik untuk menentukan servis berkala yang perlu dilakukan.

Seperti penggantian oli mesin, transmisi, pengecekan mesin dan sistem pendukung, serta penggantian komponen lainnya bergantung pada angka yang tertera di odometer.

Jika angka odometer dimanipulasi, maka mobil tidak lagi memiliki panduan untuk melakukan servis. Fatalnya, mobil akan rusak ketika berjalan dan dapat menimbulkan kecelakaan.

Untuk mengetahui indikasi telah terjadi manipulasi pada odometer, penting untuk melakukan pengecekan sebelum membeli mobil bekas yang diminat untuk dapat mencermati umur kendaraan tanpa berpatokan pada angka odometer dengan melakukan beberapa langkah ini :

- Perhatikan kondisi interior mobil
Patut curiga jika mobil jarang dipakai namun kondisi jok sedikit amblas dan perhatikan kerapihan apakah kondisi mobil bersih atau kotor.

- Perhatikan kondisi exterior mobil

Cek lekukan bodi, apakah terdapat bekas perbaikan dan bekas kecelakaan

- Perhatikan sejarah service
Telusuri jejak service di bengkel resmi, dibuku service tercatat km 100.000 namun saat akan dijual tiba-tiba kilometer menjadi 70.000. Dapat dipastikan terjadi kejanggalan.

- Perhatikan setir
Setir mobil dengan usia lebih dari 5 tahun permukaan akan terasa kasar, jika mobil kurang dari 5 tahun tapi setir sudah terasa seperti itu pasti sudah sering dipakai
 
- Cek kondisi ban
Jika penjual mobil bilang mobil baru 30.000 km. Ternyata ban standar sudah ganti dengan kode produksi baru. Bisa jadi bohong, apalagi semua ban diganti.

Untuk bisa dengan mudah mengetahui bujukan ”km rendah” benar atau bohong sangat sulit. Butuh jam terbang untuk mengetahui hal tersebut. Namun, langkah-langkah diatas dapat dilakukan untuk antisipasi.
Dan alangkah lebih bijak jika Anda datang ke showroom jual beli mobil bekas yang jelas dan terpercaya serta memiliki kredibilitas baik. Apalagi jika showroom dapat memberikan garansi dan jaminan buy back atas mobil bekas yang Anda beli.

Di mobil88 seluruh kendaraan yang dijual tidak hanya berkualitas namun juga di lengkapi dengan garansi dan jaminan buy back. Tidak hanya menjamin odomoter bukan putaran namun beberapa hal penting ini juga dijamin :
1. Dokumen dijamin tak terkait kasus hukum dan terjamin keasliannya
2. Mobil tidak pernah mengalami tabrakan berat yang menyebabkan perubahan struktur rangka
3. Mobil dijamin tidak pernah terendam banjir (air merendam  bagian dalam setinggi kursi bagian depan)
4. Nomor rangka dan nomor mesin fisik sesuai dengan yang tertera di BPKB & STNK
5. Odometer asli atau bukan putaran

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."