Sebelum Beli Mobil Seken, Cek Dulu Sejarahnya, Jangan Sampai Terjerat Masalah Hukum!

Kamis, 19 Oct 2017, 15:04

Beli mobil seken itu susah-susah gampang. Selain pilihan modelnya sangat variatif, tahun produksinya juga beragam. Untuk urusan surat-suratnya juga harus jeli.

Nah, supaya tidak tertipu, periksa sejarah mobil seken incaran sebelum memutuskan membeli. Misalnya, rajin-rajin pinjam BPKB mobil seken yang mau dibeli untuk diperiksa di kepolisian.

Repot ya? Memang. Pasalnya, banyak masalah datang karena pembeli tidak mengerti mobil seken tersebut tersangkut kasus hukum atau tidak.

Kasusnya pun bisa macam-macam. Sebutlah, mobil yang tiba-tiba ternyata ditarik oleh kepolisian karena dikategorikan sebagai barang bukti kasus hukum.

Lebih jauh lagi ketika masalah hukum dijumpai gara-gara oper kredit di bawah tangan.

Gambarannya kira-kira begini. Mobil seken yang sudah dibeli bisa disita oleh polisi, sebab kendaraan tersebut merupakan barang bukti untuk kasus yang menjerat nama si pemilik BPKB.

Hal ini memang bisa terjadi, terutama karena si pembeli tidak langsung balik nama BPKB dan STNK atau memang tidak bisa karena nama pemilik dalam surat-surat tersebut sudah masuk daftar tersangkut kasus hukum, seperti dijelaskan dalam "Beli Mobil Seken Malah Kena Panggil Polisi, Kok Bisa?"

Sementara itu, munculnya masalah oper kredit di bawah tangan bisa terjadi ketika pembelian dilakukan tanpa sepengetahuan lembaga pemberi kredit.

Pasalnya, meski mobil sudah berpindah tangan, urusan perkreditan tetap berpautan dengan nama yang tertera dalam perjanjian, sesuai yang diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHP) Pasal 1338.

"Semua persetujuan yang dibuat sesuai dengan undang-undang berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya," demikian kutipan dari Pasal 1338.

Artinya, perjanjian hanya berlaku antara pemberi kredit dan nama yang tertera sebagai pengguna jasa kredit. 

Ketika penjual yang membuat perjanjian itu kemudian menjual mobilnya dan pada suatu hari terlibat masalah, si pembeli mobil oper kredit tentu bisa saja kehilangan mobilnya karena dianggap sebagai barang bukti.

Bagaimana cara terhindar dari urusan semacam ini? Oper kredit itu tentu harus sepengetahuan pihak lembaga pemberi kredit yang artinya ada perubahan perjanjian dan bukan tidak mungkin akan ada tambahan biaya.

Rugi? Tunggu dulu. Ada yang lebih menyita waktu dan perhatian lagi, yakni andaikata tanpa disangka-sangka pemilik mobil yang menjual oper kredit tadi terjerat masalah hukum dan kita harus bolak-balik menjadi saksi di pengadilan.

Membeli mobil semacam ini sudah barang tentu apes. Penjualnya ataupun gerai mobil seken biasanya akan lepas tangan, kecuali di gerai mobil seken yang terpercaya dan jelas-jelas memberikan jaminan. 

Gerai kami, mobil88, yang bernaung di bawah induk PT Serasi Autoraya (SERA) dan merupakan perusahaan Astra memberikan jaminan garansi buyback pada setiap mobil yang dijual.

Pasalnya, bagaimanapun, siapa yang tahu bahwa mobil ternyata tersangkut kasus, baik sebelum maupun sesudah berpindah tangan, karena jaminan aman sebuah mobil yang dijual biasanya hanya dilihat dari apakah nomor rangka atau nomor mesin sudah sesuai STNK dan BPKB.

Namun di mobil88, selain soal nomor rangka dan mesin yang dijamin sama dengan BPKB dan STNK, dan jaminan mobil bebas bekas banjir, bebas bekas tabrakan, dan bebas utak-atik kilometer, ada jaminan bahwa mobil yang terjerat masalah hukum punya garansi.

Dalam hal ini, mobil pun akan kami beli kembali atau ditukar dengan mobil lain dengan sejumlah syarat.

Siap berburu mobil seken impian yang aman, berkualitas, dan bergaransi? Temukan mobil yang kamu mau di sini. 

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."