Jangan Panik! Begini Cara Mengurus STNK Hilang

Senin, 26 Feb 2018, 17:00
stnk hilang

Mengurus STNK hilang? Anda tentu berpikir akan repot, ribet, lama dalam mengurusnya! Mungkin ini yang terlintas di benak kita kalau kejadian tragis ini terjadi, selain kita jadi terpaksa naik kendaraan umum. Ujung-ujungnya, karena tidak mau repot kita malah terperangkap bujuk rayuan maut calo. Jangan panik, mengurus sendiri STNK hilang sebenarnya mudah. Biaya pun tentu lebih murah ketimbang cara mengurus STNK hilang menggunakan jasa calo yang tarifnya kadang bikin geleng-geleng kepala.

Agar makin cepat selesai urusannya, sebaiknya kita segera mengurus penggantian STNK, jangan dibiarkan terlalu lama. 

Begini cara mengurus STNK hilang, syarat-syaratnya mudah dan bisa langsung urus sendiri ke kantor Samsat terdekat.

Penuhi Berkas Persyaratan

Ada beberapa berkas persyaratan yang perlu dilengkapi terlebih dulu sebelum berangkat ke kantor Samsat. Syarat-syarat tersebut adalah KTP asli pemilik mobil beserta fotokopinya juga fotokopi STNK yang hilang jika ada. 

Selain itu, jangan lupa untuk meminta surat keterangan STNK hilang dari Polsek atau Polres terdekat dengan lokasi kejadian. Perlu dicatat ya, lokasi kejadian, bukan domisili tempat tinggal.

Terkhir, bawa BPKB asli juga fotokopinya. Jika kendaraan masih dalam proses kredit, tidak perlu membawa BPKB asli. Cukup sertakan surat keterangan dari leasing terkait, ditambah dengan fotokopi BPKB-nya. 

Ikuti Prosedur Pengurusan

Setelah berkas lengkap, bawa kendaraan langsung ke Samsat terdekat. Tidak usah memarkirkan kendaraan tapi langsung dibawa ke area cek fisik. Utarakan tujuan kamu kepada petugas cek fisik.

Setelah mendapatkan formulir cek fisik beserta hasilnya, kita langsung menuju loket pengurusan STNK hilang. Isi formulir secara lengkap untuk melakukan mengajukan cek blokir. 

Fungsinya, menyatakan kendaraan benar-benar bersih, tidak terlibat kejahatan seperti pencurian atau penggelapan. Sertakan juga bukti cek fisik yang sudah diperoleh sebelumnya. 

Kemudian kita tinggal mengurus pembuatan duplikat STNK di loket BNN II, lokasinya sama seperti ketika mengurus STNK baru. Siapkan semua berkas persyaratan dengan lengkap. Jika masih ada tunggakan pajak, siapkan dana sesuai biaya yang harus dibayarkan. Setelah itukita  akan mendapatkan notifikasi pembayaran biaya administrasi penerbitan STNK duplikat.

Kalau pembayaran sudah selesai, kita tinggal menunggu panggilan. STNK pun biasanya selesai dalam beberapa menit saja. Urusan yang awalnya dikira ribet pun selesai. Memang dokumen mobil penting supaya kita terhindar dari urusan hukum. Mengendarai mobil di jalan tanpa dokumen lengkap sama dengan bunuh diri.

Nah, urusan kelengkapan dokumen ini juga penting diperhatikan ketika kita membeli mobil bekas. Kita harus memastikan dokumen lengkap dan asli. Loh kok bisa? Iya serius, bisa jadi dokumennya lengkap tapi ternyata palsu. Lalu bagaimana cara tahu surat mobil seken yang akan dibeli ternyata palsu? Jalan yang bisa ditempuh dan cukup repot adalah selalu meminjam surat mobil dan membawanya ke kepolisian untuk dicek.

Di sinilah mengapa kita tidak bisa sembarangan membeli mobil bekas. Bahkan mungkin penjual juga tidak tahu bahwa STNK dan BPKB mobil yang dijualnya pun palsu karena misalnya tidak sempat mengeceknya atau memang sudah percaya karena bentuknya tidak terlihat berbeda dengan yang asli.

Bijak memilih tempat beli mobil bekas jadi penting, dan itu bisa dilakukan jika penjual punya jaminan seperti yang diberikan mobil88. Tanpa lepas tangan, gerai kami yang bernaung dalam PT Serasi Autoraya dan merupakan perusahaan Astra ini sangat hati-hati mengecek keaslian STNK dan BPKB. 

Di samping itu, kami di mobil88 punya jaminan bernama buyback guarantee. Surat-surat mobil yang dijual dijamin sudah sesuai nomor rangka dan mesin, tetapi juga ada jaminan asli.

Dengan begitu, garansi dari kami ini memberikan rasa aman saat membeli mobil bekas, di samping juga garansi sudah termasuk jaminan bahwa mobil bukan bekas terkena banjir, bukan bekas tabrakan, surat-suratnya sudah sesuai nomor rangka dan mesin, dan kilometernya asli tidak diutak-atik. 

Nah, tidak perlu was-was lagi kalau beli mobil di gerai kami kan, tinggal pilih mobil impianmu yang seperti apa.

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."