Ini Dia Persyaratan dan Cara Balik Nama Mobil Bekas

Selasa, 27 Feb 2018, 14:28
balik nama mobil

Beli mobil bekas sudah jadi tren. Harga lebih ramah di kantong, performa juga masih garang. Harusnya tidak ada masalah ya, asal kita segera urus proses balik nama mobil. Jangan sampai mobilnya dua jempol, tapi urusan dokumen belum selesai. Jika tidak diurus segera, kita bisa sulit saat mengurus pajak mobil yang jatuh tempo.

Pasalnya, salah satu syarat membayar pajak kendaraan adalah menyertakan KTP asli yang namanya sama dengan nama di surat mobil. Meskipun kesan umumnya ribet, proses mengurus balik nama mobil bekas itu sebetulnya mudah kok. Tak perlu pusing, apalagi harus mengandalkan jasa calo yang sudah melanggar hukum, harganya biking kantong makin tipis pula. 

Nah, agar lebih mudah sebaiknya disiapkan beberapa data dan berkas berikut ini sebagai persyaratan balik nama mobil :

1. KTP asli dan fotokopi KTP pemilik baru
2. BPKB asli dan fotokopi
3. STNK asli dan fotokopi
4. Bukti jual beli kendaraan yang dibubuhkan materai Rp 6.000
5. Cek fisik kendaraan

Setelah itu, tinggal lakukan cara balik nama mobil berikut ini supaya bisa jadi milik kita seutuhnya:

  1. Datang ke Samsat sesuai domisili kendaraan.
  2. Tidak perlu parkir tapi bawa kendaraan langsung ke bagian cek fisik sebelum masuk ke loket pendaftaran.
  3. Setelah dilakukan cek fisik berupa pengecekan nomor rangka nomor mesin dan pengecekan lainnya, parkirkan kendaran dan bawa berkas cek fisik ke loket pendaftaran balik nama.
  4. Isi formulir balik nama yang bisa didapatkan di loket pendaftaran balik nama mobil.
  5. Periksa kembali kelengkapan syarat-syarat yang harus dibawa dan jangan sampai ada yang tertinggal.
  6. Setelah mengisi formulir dan menyiapkan dokumen persyaratan, datang ke loket pendaftaran balik nama kendaraan.
  7. Jika berkas lengkap, petugas akan memberikan bukti tanda terima. Simpan dengan baik.
  8. Tunggu panggilan untuk membayar biaya administrasi. Jika terdapat tunggakan pajak, siapkan dana sesuai yang tertera pada STNK kendaraan dengan perhitungan yang berbeda-beda untuk tiap kendaraan.
  9. Jika pembayaran sudah lunas, petugas akan memberikan bukti yang dibubuhi stempel lunas. Pastikan tidak lupa mengambil berkas dengan nama baru.

Bagaimana, mudah bukan? Apalagi jika prosesnya dilakukan pada saat hari kerja Senin-Jumat yang antreannya biasanya lebih sepi. Kalau hanya punya waktu luang di akhir pekan, pastikan datang lebih awal karena kantor Samsat hanya buka setengah hari.

Sementara itu, dana untuk mengurus administrasinya juga harus disiapkan dengan matang. Pengurusan balik nama mobil umumnya memilik beberapa komponen seperti biaya BBN-KB, SWDKLLJ, biaya penerbitan STNK, biaya penerbitan TNKB, biaya penerbitan BPKB, dan biaya penerbitan surat mutasi. 

Biaya pengurusan pasti berbeda-beda tergantung usia dan tipe kendaraan. Jadi, pastikan menyiapkan uang lebih untuk biaya pengurusan balik nama mobil. Paling penting, mobil bekas yang dibeli memiliki dokumen lengkap dan asli. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, proses balik nama membutuhkan STNK dan BPKB. Amit-amit jangan sampai ketika di Samsat, dokumen mobilnya ternyata palsu. Bisa gawat urusannya.

Soalnya, seringkali penjual juga tidak tahu bahwa STNK dan BPKB mobil yang dijualnya pun palsu karena misalnya tidak sempat mengeceknya atau memang sudah percaya karena bentuknya tidak terlihat berbeda dengan yang asli.

Oleh karena itu bijak memilih tempat beli mobil bekas jadi penting, dan itu bisa dilakukan jika penjual punya jaminan seperti yang diberikan mobil88. Tanpa lepas tangan, gerai kami yang bernaung dalam PT Serasi Autoraya dan merupakan perusahaan Astra ini sangat hati-hati mengecek keaslian STNK dan BPKB. 

Di samping itu, kami di mobil88 punya jaminan bernama buyback guarantee . Surat-surat mobil yang dijual dijamin sudah sesuai nomor rangka dan mesin, tetapi juga ada jaminan asli. Dengan begitu, garansi dari kami ini memberikan rasa aman saat membeli mobil bekas, di samping juga garansi sudah termasuk jaminan bahwa mobil bukan bekas terkena banjir, bukan bekas tabrakan, surat-suratnya sudah sesuai nomor rangka dan mesin, dan kilometernya asli tidak diutak-atik. 

Nah, tidak perlu was-was lagi kalau beli mobil di gerai kami kan, tinggal pilih mobil impianmu yang seperti apa.

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."