Begini Caranya Supaya Tidak Lemas Saat Puasa

Jumat, 18 May 2018, 20:00


Saat puasa Ramadan, produktifitas harus tetap terjaga. Makanya, kita perlu mengatur pola makan, istirahat, dan olahraga selama berpuasa. Jangan sampai selama puasa tubuh malah lemas tak berdaya sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kalau melihat waktunya, durasi puasa di Indonesia rata-rata sekitar 14 jam sehari dengan waktu makan ketika sahur dan berbuka puasa. Oleh karena itu, nutrisi yang masuk saat sahur harus cukup agar badan bertenaga pada siang hari. Berbuka pun nutrisinya perlu diperhatikan supaya tubuh bisa kembali bugar setelah puasa.

Dikutip dari republika.co.id, Dokter Ahli Gizi Samuel Oetoro menyatakan bahwa orang yang merasa lemas ketika puasa bisa jadi salah mengonsumsi makanan selama puasa. Ketika buka puasa, tradisi umumnya adalah berbuka dengan yang manis, tapi dari jenis gula seperti kolak, sirup, dan semacamnya.

Padahal, Samuel mengatakan bahwa gula dapat meningkatkan tensi darah dengan cepat sekaligus menurunkannya dengan cepat pula. Ketika puasa, seharusnya orang menerapkan gizi seimbang.

Tubuh perlu karbohidrat kompleks sebanyak 60 persen yang didapatkan dari makanan mengandung serat. Lalu, tubuh juga membutuhkan protein sekitar 10-15 persen dan sisanya lemak sehat seperti yang terkandung dalam kedelai, alpukat, dan lainnya.

Jadi, kalau dibuat pola, ketika sahur kita diharuskan makan besar yang lengkap karbohidrat, protein, dan lemaknya. Jelang imsak kita tambah lagi asupan karbohidrat dari buah atau sayuran.

Ketika berbuka, gula darah biasanya turun drastis sehingga kita butuh asupan manis dari buah-buahan seperti kurma atau buah yang diblender. Bukan dari gula seperti sirup ya!

Baru setelah shalat magrib, kita makan besar untuk mengembalikan energi tubuh. Asupan karbohidrat ringan juga sebaiknya ditambah usai shalat tarawih untuk memperkuat otot dan melancarkan peredaran darah, misalnya makan roti gandum, buah, atau sayuran.

Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup. Minumlah air putih secara bertahap saat mulai berbuka, menjelang tidur, dan sahur.

Selain makan yang seimbang gizinya, kita juga harus cukup istirahat. Setelah shalat tarawih sebaiknya segerakan tidur. Lalu pada waktu istirahat siang di kantor, manfaatkan untuk tidur sejenak.

Lakukan juga olahraga jika memungkinkan, pada pagi atau sore hari ketika matahari belum terlalu terik. Tak perlu terlalu berat, sesuaikan dengan kemampuan tubuh. Durasinya pun jangan berlebihan, cukup 15-20 menit sehari. Olahraga yang tepat akan membuat tubuh lebih bugar saat puasa.

Terjaganya kebugaran tubuh saat berpuasa juga akan berdampak positif bagi rencana mudik lebaran yang membutuhkan kondisi fisik optimal. Apalagi bagi kamu yang mudik lebaran menggunakan mobil pribadi.

Berbicara mudik, apakah kamu sudah mempersiapkan mobil untuk mudik lebaran nanti? Soalnya persiapan untuk kendaraan mudik harus dilakukan dari sekarang supaya mudik menjadi lebih tenang.

Kalau masih mencari jenis mobil yang pas buat mudik, bisa juga pertimbangkan untuk beli mobil seken. Dengan harga yang lebih bersahabat, kamu bisa mendapatkan mobil yang spesifikasinya lengkap.

Baca juga: "Mudik Lebaran Pilih Pakai MPV atau SUV?"

Kamu bisa memilih mobil bekas berkualitas di showroom mobil88 untuk mudik lebaran tahun ini. Beli mobil di mobil88 lebih tenang karena kami memberikan buyback guarantee yang menjamin bahwa mobil bukan bekas tabrak atau banjir, dokumennya lengkap dan asli, odometer juga tidak diutak-atik.

Tak hanya itu, beli mobil di mobil88 juga bisa dapat layanan after-sales seperti free service 1 tahun, free insurance, dan free car detailing*. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi cabang mobil88 terdekat atau lihat dulu stok mobil kami di halaman ini.

Selamat berpuasa dan mempersiapkan mudik ya!

*Syarat dan ketentuan berlaku

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."