Menyetir Sambil Ngantuk Saat Puasa Bisa Bahaya Loh...

Selasa, 22 May 2018, 10:26


Sering merasa ngantuk saat menyetir di bulan puasa? Wajar kok, apalagi kalau jalanan sedang macet-macetnya, bawaannya kepingin nguap terus. Berkurangnya konsumsi makanan dan minuman membuat cadangan energi tubuh menurun. Makanya kita jadi mudah ngantuk.

Tapi, menyetir dalam keadaan mengantuk bisa membahayakan keselamatan berkendara. Konsentrasi menurun dan kemungkinan untuk terjadi hal tidak diinginkan lebih tinggi.

Nah, supaya tetap aman saat menyetir di bulan puasa, kita bisa melakukan beberapa trik untuk mengantisipasi rasa kantuk.

Pertama, pastikan waktu istirahat cukup. Kurang tidur akan menyebabkan kita mudah mengantuk. Idealnya, waktu tidur adalah 7-8 jam. Namun pada bulan puasa biasanya jam tidur akan berkurang. 

Oleh karena itu, sebaiknya manfaatkan waktu istirahat siang untuk tidur. Jadi, ketika pulang kerja, tubuh lebih segar dan siap untuk menyetir.

Waktu jam pulang kantor pada bulan Ramadan juga biasanya lebih awal, tapi kondisi jalanan sulit diprediksi. Sebaiknya persiapkan camilan dan minuman untuk berbuka di mobil. Jangan sampai kita terjebak dalam kemacetan sedangkan perut kosong.

Walaupun hanya berupa camilan, makanan yang masuk ini bisa mengembalikan stamina tubuh. Jadi, rasa kantuk bisa hilang dan tubuh kembali segar.

Tapi, kalau rasa kantuk tak kunjung hilang, sebaiknya istirahat saja, jangan memaksakan diri. Cari rest area terdekat. Lalu, tidurlah sebentar sekitar 15-20 menit. 

Setelah bangun, lakukan gerakan olahraga ringan untuk membuat tubuh "bangun". Kalau rasa kantuk sudah hilang, lanjutkan perjalanan dengan aman.

Kedua, tubuh akan tetap fit saat puasa jika cukup asupan nutrisinya. Ketika sahur, jangan berlebihan mengkonsumsi karbohidrat karena bisa menyebabkan kantuk. 

Sebaiknya, seimbangkan makanan agar tidak berlebihan. Perbanyak konsumsi serat, seperti buah-buahan dan sayuran. Tak lupa untuk meminum banyak air putih agar konsentrasi tetap terjaga selama puasa.

Waktu sahur pun perlu diperhatikan. Hindari sahur terlalu dini, misalnya jam 1 atau 2 pagi. Kebiasaan ini bisa memicu tubuh cepat merasa lelah dan lapar. Konsentrasi saat mengemudi pun bisa terganggu.

Ketiga, jika sedang menempuh perjalanan jauh, sebaiknya cari teman atau keluarga yang bisa menyetir juga. Akan lebih aman jika pengemudi mobil tidak dibebankan pada satu orang saja. Mengemudi secara bergantian akan memberi kesempatan istirahat bagi pengendara.

Strategi tersebut berlaku juga untuk perjalanan jauh seperti mudik. Jika masih berniat puasa, pengemudi cadangan wajib ada. Pasalnya, menyetir dalam waktu terlalu lama dengan jarak tempuh jauh lebih melelahkan, ditambah sedang puasa pula.

Tak kalah penting, mobil yang digunakan untuk mudik juga harus nyaman dan dalam kondisi prima. Jangan sampai perjalanan terhambat akibat kendala pada mobil. 

Kalau saat ini masih memilih-milih mobil untuk dibawa mudik, sebaiknya pastikan kualitas mobil sudah aman untuk perjalanan jauh. Pilih mobil yang punya spesifikasi lengkap, termasuk fitur keamanannya.

Terlebih lagi sekarang mobil dengan spesifikasi lengkap sudah bisa didapat versi sekennya. Asal jeli, membeli mobil seken untuk mudik bisa mendatangkan banyak keuntungan seperti telah dibahas dalam "Cek Dulu, Sebelum Beli Mobil Seken untuk Mudik".

Namun, soal kualitas mobil seken tidak perlu dikhawatirkan kalau beli mobilnya di showroom mobil88. Semua mobil yang kami jual sudah melalui seleksi terlebih dahulu.

Jika lolos seleksi, mobil pun akan dicek dan diperbaiki. Bahkan bukan cuma sekali cek, proses yang sama juga dilakukan lagi setelah perbaikan. Baru setelah itu, mobil seken kami masuk salon sebelum dipajang, dan lagi-lagi akan dicek sebelum dikirimkan kepada pembeli.

Selain soal kualitas, mobil88 juga memastikan adanya jaminan lain melalui buyback guarantee. Jaminannya adalah mobil bukan bekas tabrakan, yang bisa berefek pada kestabilan rangka. 

Mobil juga bukan bekas banjir yang bisa menyebabkan karat dan keropos, selain masalah kelistrikan seperti yang telah dijelaskan di "Hati-Hati Tertipu Beli Mobil Bekas Banjir". Begitu juga soal nomor rangka dan mesin yang dijamin sesuai STNK seta BPKB.

Tak hanya itu, beli mobil di mobil88 juga bisa dapat layanan after-sales seperti free service 1 tahun, free insurance, dan free car detailing*. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi cabang mobil88 terdekat atau lihat dulu stok mobil kami di halaman ini.

Nah, hati-hati berkendara saat berpuasa dan jangan lupa untuk mempersiapkan mudik dari sekarang ya!

*Syarat dan ketentuan berlaku

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."