Sekarang Perpanjang SIM Wajib Lulus Psikotes!

Rabu, 11 Jul 2018, 18:00


Kabar terbaru nih, Polda Metro Jaya menerapkan tes psikologi sebagai syarat membuat SIM, baik untuk pembuatan SIM baru, perpanjangan, juga peningkatan golongan. Simulasi tesnya sempat dilakukan pada 21-23 Juni lalu. 

Menurut Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Sireger, tes psikologi ini sebenarnya sudah diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 81 ayat 4.

"Di pasal 36 peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang SIM juga sudah ada (aturan tes psikologi)," lanjut Fahri kepada Kompas.com, Rabu (20/06).

Aturan tersebut menyebutkan bahwa pemohon SIM harus melewati tes kesehatan yang mencakup aspek jasmani dan rohani. Tujuannya,  menurut Fahri, untuk mencegah kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh faktor psikologis pengemudinya.

"Jadi tidak hanya keterampilan mengemudi dan berkendara saja tapi juga ada sikap mengemudi dengan bertanggung jawab atas keselamatan. Ini yang diukur soft skill melalui tes psikologi tersebut," ujar Fahri.

Tes tersebut akan mengukur kemampuan konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kemampuan menyesuaikan diri, stabilitas emosi, dan ketahanan kerja. Skil ini tentu penting untuk keselamatan berkendara.

Di sisi lain, keputusan tersebut juga sebenarnya mendapat respon positif dari banyak pihak. Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) Edo Rusyanto, salah satunya. Menurutnya, tes psikologi masuk dalam persyaratan kesehatan rohani seperti yang tercantum dalam Peraturan Kapolri (Perkap) no 9 tahun 2012 tentang SIM.

"Bila dikaitkan fakta, kecelakaan mayoritas dipicu oleh faktor manusia. Setiap hari rata-rata 200 kecelakaan terjadi di jalan dan mayoritas dipicu oleh pengemudi," kata Edo, dikutip dari portal berita Kompas.com, Kamis (21/06).

Tapi, Edo mengatakan pertanyaan tentang metode pengujian dan efektifitasnya masih perlu dijawab. Oleh karena itu, pihak kepolisian, lanjut Edo, perlu mensosialisasikan kebijakan ini dengan lebih masif.

Selain Edo, pebalap nasional Rifat Sungkar juga bilang bahwa tes psikologi ini bisa menjadi cara memperbaiki sikap toleransi berlalu-lintas. Kata Rifat, masalah inti lalu lintas di kota besar Indonesia adalah situasi jalan yang padat sehingga pengendara terbiasa menghalalkan segala cara supaya bisa sampai tujuan.

"Dengan psikotes saat permohonan SIM, sangat diharapkan cara ini mempunyai tujuan untuk mengubah mental para pengendara agar lebih baik dan bertoleransi di jalan," lanjut Rifat, dikutip dari sumber sama.

Kalau kamu sendiri bagaimana menyingkapi kebijakan baru ini? Ya, semoga saja persyaratan psikotes benar-benar bisa efektif meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keselamatan berkendara ya.

Tapi selain soal mental yang sehat, keselamatan berkendara juga sangat berkaitan dengan kondisi kendaraan yang digunakan loh. Kalau, misalnya, rem mobil tidak berfungsi dengan baik tentu bisa memicu kecelakaan.

Makanya kita wajib hati-hati ketika memilih mobil. Pastikan mobil punya fitur keamanan yang lengkap, contohnya airbag. Sistem pengereman juga harus yang paling aman. Memang sih, mobil seperti ini harganya biasanya lebih mahal. 

Menyiasati harga yang tinggi itu, kita bisa memilih membeli mobil spesifikasi lengkap versi sekennya. Asal membeli di showroom terpercaya, beli mobil bekas bisa menguntungkan.

Kalau beli di mobil88, misalnya, konsumen bisa mendapatkan beragam layanan after-sales seperti free insurance atau free car detailing*. Soal kualitas juga tak perlu dipertanyakan. Kami menjamin kualitas mobil yang dibeli dengan memberikan buyback guarantee.

Artinya, mobil bukan bekas tabrakan atau pernah terendam banjir. Urusan dokumen juga aman karena dijamin asli dan lengkap, begitu juga nomor rangka dan mesin sama dengan yang tertera di STNK dan BPKB. Terakhir, kilometer di odometer juga tidak diputar balik. 

Nah, kalau mobilnya sudah aman, ditambah kemampuan tubuh dan psikologi yang sehat, tentu keselamatan kita lebih terjamin. Yuk, mumpung di sini, lihat dulu stok mobil di mobil88. Siapa tahu mobil impianmu ada di sini. 

*Syarat dan ketentuan berlaku

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."