Bangga, Mobil Pertama di Asia Tenggara Ternyata Punya Orang Indonesia

Rabu, 01 Aug 2018, 18:00


Siapa sangka, orang yang pertama kali mampu beli mobil di Asia Tenggara adalah seorang warga Indonesia, yaitu Sri Susuhunan Pakubuwono X dari Surakarta. Pada 1894, beliau membeli Benz Phaeton seharga 10.000 gulden atau kira-kira setara Rp 76 juta, harga yang fantastis pada masanya.

Belum lagi, produksi massal pertama buatan Carl Benz tersebut harus dikirimkan langsung dari Jerman dengan ongkos yang tentunya tidak murah. Sunan Pakubuwono X pun kemudian menggunakan jasa sebuah toko yang khusus menjual barang-barang impor bernama Prottle & Co.

Padahal, saat itu belum ada orang yang mampu beli mobil, termasuk orang Belanda sekalipun. Soalnya, produksi mobil berbahan bakar bensin sendiri baru dilakukan tahun 1886. Lalu, mobil ini mulai masuk negara Belanda pada 1896 atau dua tahun setelah Sunan Pakubuwono X memilikinya. Bangga kan!

Baca juga: "Ini Alasan Orang Indonesia Banyak Terpikat SUV"

Benz Phaeton dilengkapi dengan mesin 1 silinder dan hanya memiliki kekuatan 5 dk. Kapasitas tangki bahan bakar pun hanya 2,0 liter. Mobil ini bisa memboyong hingga 8 orang dengan roda berbahan kayu dan tambahan ban mati (ban tanpa angin).

Tapi, spesifikasi mobil seperti itu sudah termasuk luar biasa pada zamannya. Hanya orang super kaya yang mampu memiliki mobil jenis itu. Tidak aneh memang, Sunan Pakubuwono X termasuk raja paling makmur kala itu.

Sayangnya, mobil tersebut kini raib entah ke mana. Katanya, tahun 1924 pemerintah kerajaan Belanda sempat meminjam mobil itu dari Sunan Pakubuwono X untuk dipamerkan dalam pameran mobil AutoRAI. Sejak itu, keberadaan mobil pertama di Indonesia ini menjadi misteri.

Namun selidik punya selidik, saat ini sebuah museum milik orang paling kaya di Belanda menyimpan koleksi tersebut. Entah bagaimana mobil itu bisa sampai ke sana. Yang pasti, sejarah sudah mencatat bahwa orang Indonesia lah yang pertama kali mampu membeli mobil di Asia Tenggara.

Konon katanya, memang itu juga maksud Sunan Pakubuwono X membeli mobil, yaitu untuk menunjukkan kebanggaan bahwa orang pribumi saat itu pun mampu menyaingi orang-orang Belanda.

Meskipun tidak se-prestis dulu kala, zaman sekarang memiliki mobil juga masih dianggap sebuah kebanggan. Seseorang bisa disebut sukses kalau sudah mampu memiliki mobil. Bahkan, pilihan jenis mobil sering kali dikaitkan dengan kepribadian si empunya.

Baca juga: "Fitur Canggih yang Bikin Mobil Aman dan Nyaman"

Oleh karena itu, pilihan tipe mobil zaman now lebih menunjukkan siapa kita, selain juga tentu saja menimbang soal kebutuhan. Apalagi, mobil canggih dengan spesifikasi keren sudah bisa didapat versi sekennya dengan mudah.

Jadi, beli mobil dengan spesifikasi terbaru tidak melulu harus mahal. Beli mobil bekas yang kualitas dan bodinya mulus bisa jadi pilihan. Asal membeli di showroom terpercaya, kualitas dan performa mobil dijamin masih seperti mobil baru. 

Showroom mobil88, misalnya, menjamin bahwa semua mobil yang dijual sudah melalui proses seleksi. Jika lolos, mobil akan dicek dan diperbaiki. Bahkan bukan cuma sekali cek, proses yang sama juga dilakukan lagi setelah perbaikan.

Selain itu, kami juga menjamin kualitas mobil seken kami dengan memberikan buyback guarantee untuk setiap pembelian mobil. 

Jadi, mobil yang dibeli di mobil88 terjamin bukan bekas tabrakan atau bekas terendam banjir, odometer tidak diutak-atik, dan dokumen asli dan lengkap. Selain itu, nomor mesin juga nomor rangka sesuai tertera di STNK dan BPKB sehingga aman dari urusan hukum.

Selain itu, konsumen dapat pula menikmati berbagai layanan after-sales seperti free insurance dan free car detailing*. Mobil pun jadi lebih awet dengan perawatan after-sales dari mobil88. Yuk cek stok mobil kami di halaman ini.

*Syarat dan ketentuan berlaku

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."