Demmo, Mobil Murah Pertama Produksi Surabaya pada Masa Kolonial

Rabu, 08 Aug 2018, 17:00


Efektif, efisien, dan terjangkau. Keunggulan ini membuat mobil "merakyat" jenis Low-Cost Green Car (LCGC) kian jadi primadona. Ternyata, jauh ke belakang pada masa penjajahan Belanda, mobil sejenis ini sudah pernah diproduksi massal, bahkan sempat merajai pasar.

Adalah perusahaan NV Demmo di Surabaya yang pertama kali melahirkan mobil murah bernama Demmo. Mobil beroda tiga dengan desain badan terbuka tanpa kaca ini memiliki mesin 2-tak berpendingin yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat.

Tak lama setelah meluncur ke pasar, penjualan Demmo melejit. Jalanan dipenuhi Demmo. Permintaan pun berdatangan, termasuk dari luar Jawa sampai akhirnya pabrik harus pindah karena butuh tempat dengan kapasitas lebih besar.

Pada 11 Juni 1932, akhirnya pabrik pindah ke sebuah bangunan di Jalan Darmokali Nomor 7, Surabaya. Peresmiannya dilakukan langsung oleh Walikota Surabaya saat itu H.I. Bussemaker. Dia bahkan sempat mengatakan bahwa Demmo telah mengatasi masalah transportasi.

Pasalnya, saat itu tingkat kecelakaan lalu lintas cukup tinggi. Populasi kereta kuda yang sebelumnya mendominasi jalanan kota tak mampu menyaingi kecanggihan mobil-mobil mahal keluaran Eropa seperti Ford, Chrysler, dan Dogde. Banyak kuda akhirnya menjadi korban tabrakan.

Selain itu, polusi bau dari kuda juga diprotes oleh masyarakat. Dari polemik inilah muncul Demmo yang secara drastis menurunkan angka kepemilikan kereta kuda.

Baca Juga: "Bangga, Mobil Pertama di Asia Tenggara Ternyata Punya Orang Indonesia"

Bahkan, popularitas mobil jenis ini mengundang persaingan bisnis. Perusahaan bernama Borsumij ikut-ikutan mengeluarkan produk serupa Demmo yang diberi nama Atax. Bedanya, mesin diimport dari Inggris, sedangkan perakitan bodi masih dilakukan di dalam negeri.

Jalanan pun kian disesaki oleh mobil roda tiga. Namun, deru berisik mesin Demmo dan Atax mulai melahirkan masalah baru. Akhirnya, NV Demmo mengganti mesin dengan Merkur buatan Jerman yang jauh lebih tenang.

Sayangnya, kejayaan mobil rakyat tersebut mulai pudar. Situasi perang dan gonjang-ganjing politik membuat pabrikan kesulitan mendatangkan komponen. Produksinya pun mampet hingga pada 1940-an Demmo berubah menjadi barang langka.

Dua tahun setelah itu, tepatnya saat Jepang mulai menduduki Indonesia, Demmo dan Atax pun raib dari pasar. Pabriknya memutuskan gulung tikar, tak mampu bertahan dalam situasi peralihan kekuasaan yang memanas.

Sejak itu, mobil murah belum lagi muncul sampai akhirnya LCGC kini menguasai pasar otomotif. Dari mahasiswa, first jobber, sampai pasangan millennial yang baru saja menikah memilih LCGC. Sudah harganya relatif murah, desain bodinya keren, kualitas mesinnya bisa diadu pula.

Baca Juga: "Ngiler Kepingin Ganti Mobil, Bagusnya Kapan Ya?"

Selain itu, sesuai namanya, LCGC hemat bahan bakar dan urusan perawatannya pun tidak bikin kantong bolong. Kelebihan-kelebihan ini kemudian jadi daya tarik utama LCGC.

Bahkan, ketika harga kemudian jadi pertimbangan, mobil bekas tipe LCGC bisa jadi pilihan. Yang penting, ada jaminan dari penjual bahwa mobil tersebut masih berfungsi dengan baik. 

Contohnya, mobil bukan bekas tabrakan karena hal itu rentan berpengaruh pada sasis dan kestabilannya. Lalu, pastikan pula mobil bukan bekas banjir yang bisa merusak kelistrikan. 

Odometer juga tidak diutak-atik. Selain itu, surat-surat juga wajib terjamin asli sehingga tidak akan bermasalah secara hukum ke depannya.

Nah, kalau ingin beli mobil LCGC bekas yang berjamin seperti di atas, pilihannya adalah membeli di showroom mobil bekas terpercaya seperti mobil88. Kami memberikan jaminan bernama buyback guarantee yang menjamin semua aspek yang telah disebutkan sebelumnya. 

Selain itu, beli mobil di mobil88 juga bisa mendapatkan banyak keuntungan. Konsumen bisa dapat layanan after-sales berupa free car detailing dan free insurance*. Mobil pun jadi lebih awet dan tampilannya tetap kinclong.

Tertarik? Yuk cek stok mobil LCGC kami di halaman ini.

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."