Supaya Selamat, Bodi Mobil Sekarang Dibuat Gampang Ringsek, Kok Gitu?

Jumat, 31 Aug 2018, 18:00


"Mobil sekarang mah gampang penyok, kalengan!" Sering kali orang beranggapan seperti ini pas mobil mereka penyok gara-gara tabrakan. Orang lalu membandingkan dengan bodi mobil jadul yang katanya lebih kuat benturan. Pertanyaannya, benarkah anggapan ini?

Soal bodi mobil gampang penyok alias ringsek ternyata benar adanya, tapi anggapan "kalengan" itu hoax belaka. Jadi, teknologi zaman now sengaja membuat bodi mobil lebih gampang ringsek demi keamanan pengemudi, penumpang, dan orang lain yang mungkin menjadi korban kecelakaan mobil.

Bemper mobil yang dulu berbahan baja sekarang sudah dibuat dari bahan plastik kualitas tinggi. Intinya sekarang ini, yang harus diprioritaskan adalah keamanan orang, bukan mobilnya.

Tak hanya itu, mobil sekarang juga sudah menggunakan teknologi crumple zone alias zona benturan yang ditempatkan di bagian depan dan belakang mobil. Fungsi bagian ini adalah menyerap energi ketika terjadi benturan. Jadi, kabin mobil terlindungi dari kerusakan.

Baca juga: "Mengintip Mobil Dinas Anti-Peluru Presiden RI dari Masa ke Masa"

Teknologi tersebut berbeda dengan mobil jadul yang bodinya lebih kaku atau rigid. Desain seperti ini justru membahayakan penumpang ketika terjadi tabrakan karena tidak dapat meredam benturan dengan sempurna.

Sebaliknya, di beberapa bagian bodi mobil masa kini dibuat lipatan-lipatan kecil. Lipatan ini akan mengkerut saat terjadi tabrakan untuk meredam efek benturan.

Bukan hanya desain bodi, kini mobil sudah memiliki fitur keamanan canggih lainnya seperti airbag di beberapa sudut (bukan hanya di dasbor saja) atau fitur seat pretension and force limiter supaya penumpang dan pengemudi tetap berada di jok kalau-kalau terjadi kecelakaan.

Selain itu, beberapa mobil juga sudah dilengkapi fitur vehicle stability control untuk menjaga kestabilan kendaraan saat bermanuver. Fitur hill assist control juga penting agar mobil tetap bisa melaju tanpa kendala saat melintasi tanjakan.

Baca juga: "Biar Yakin, Test Drive Dulu Sebelum Beli Mobil"

Supaya tambah aman, ada juga mobil yang dipasangi kamera di bagian belakang untuk membantu pengemudi melihat blind spot saat memundurkan mobil. Jadi, tidak perlu takut menyenggol mobil lain saat parkir.

Sementara itu, fitur drive mode system bisa juga dijajal untuk membuat pengalaman mengemudi makin asyik. Pengemudi bisa mengubah mode berkendara dari mode comfort, sport, race, sampai off-road. Tentu ketersediaan mode ini juga tergantung jenis mobil ya.

Baca juga: "Para Atlet Asian Games Naik Mobil Apa Ya Selama di Indonesia?"

Tapi ya namanya juga harga tidak bisa bohong. Mobil dengan fitur-fitur lengkap seperti itu sudah pasti harganya juga mahal. Namun, tidak perlu khawatir, mobil berteknologi ini bisa didapatkan versi sekennya dengan harga lebih terjangkau.

Yang penting kualitas mobil bekas pilihan ini terjaga. Kita beli dan tinggal isi bensin lalu jalan, seperti yang dijamin kalau beli mobil di showroom mobil88. 

Selain soal kualitas, mobil88 juga memastikan adanya jaminan lain melalui buyback guarantee. Jaminannya adalah mobil bukan bekas tabrakan yang bisa berefek pada kestabilan rangka. 

Mobil juga bukan bekas banjir yang bisa menyebabkan karat dan keropos. Begitu juga soal nomor rangka dan mesin yang dijamin sesuai STNK seta BPKB. Odometer pun tidak diputar balik.

Semakin nyaman, konsumen juga bisa menikmati beragam layanan after-sales seperti free car detailing dan free insurance*. Jadi, pembeli pun tetap merasa tenang ketika membeli mobil bekas. Nah, cari mobil impianmu di halaman ini yuk. 

*Syarat dan ketentuan berlaku

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."