Wajib Tahu, Uji Coba Tilang Elektronik Berlaku Mulai Oktober

Rabu, 03 Oct 2018, 12:06


Mulai tanggal 1 Oktober 2018, Polda Metro Jaya mulai menerapkan uji coba tilang elektronik alias electronic traffic law enforcement. Namun, penerapannya baru dilakukan sepanjang Jalan Sudirman sampai Thamrin, Jakarta. 

Rambu penanda portabel dengan keterangan “Anda Memasuki Kawasan Pemberlakuan Tilang Elektronik” pun sudah terpasang, di antaranya di Bundaran Senayan dan Simpang Sarinah. Namun tenang saja, selama bulan Oktober hanya akan dilakukan sosialisasi dengan pembagian stiker dan pemasangan spanduk.

“Langkah ini sama seperti ketika menerapkan kebijakan baru, salah satunya ganjil-genap. Selama masa uji coba tidak akan ada sanksi pembayaran denda bagi pelanggar,” kata AKBP Budiyanto, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya kepada Kompas.com, Selasa (02/10).

Mekanisme tilang elektronik

Pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas sepanjang jalur uji coba tilang elektronik akan langsung terekam oleh CCTV. Polisi pun bisa menangkap gambar kronologis pelanggaran dari awal sampai pelanggaran terjadi.

"Gambar pelanggar akan masuk ke dalam server dan akan digunakan sebagai bukti. Kami analisis dan bila benar, dikirim surat konfirmasi pelanggaran lalu lintas sesuai data di TMC polda Metro Jaya langsung disertakan dengan foto pelanggaran yang diambil dari CCTV," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf dari sumber sama.

Baca juga: "Pilih Beli Mobil Bekas Secara Kredit atau Tunai?" 

Setelah itu, orang bersangkutan harus melakukan klarifikasi atas surat konfirmasi yang dikirim pihak kepolisian. Klarifikasi ini, menurut Yusuf, berguna untuk memastikan apakah mobil tersebut dikendarai oleh pemilik kendaraan atau orang lain, juga memastikan apakah pemilik masih tangan pertama atau telah terjual namun belum melakukan proses balik nama.

"Proses klarifikasi pelanggar ini maksimal tujuh hari. Harus ada klarifikasi bila tidak direspons STNK akan diblokir," ucap Yusuf.

Oleh karena itu, salah satu hal yang perlu dipastikan ketika beli mobil bekas adalah proses balik nama. Jangan sampai ketika kena tilang baru sibuk dengan urusan administrasi.

Baca juga: "Trik Jitu agar Proses Klaim Asuransi Lebih Cepat" 

Jika klarifikasi telah dilakukan dan pelanggaran tersebut terbukti dilakukan orang bersangkutan, tilang akan dikenakan dan pelanggar wajib membayar denda. Pembayaran harus dilakukan selambatnya 7 hari melalui bank BRI. Kalau melewati masa ini, STNK otomatis terblokir.

Jika STNK diblokir, mengurusnya pun jadi lebih makan waktu. Nekat berkendara dengan surat-surat yang tidak lengkap juga kurang bijak. 

Semoga saja, tilang elektronik ini dapat membuat kita semakin disiplin berkendara, bukan lihat polisi baru patuh aturan. Bagaimanapun, aturan lalu lintas memang dirancang untuk keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Selain dari sisi aturan, rasa aman dan nyaman juga akan didapatkan jika mobil memiliki fitur lengkap. Beberapa jenis mobil sudah ditempeli teknologi keamanan yang canggih seperti airbag di beberapa sudut (bukan hanya di dasbor saja) atau fitur seat pretension and force limiter supaya penumpang dan pengemudi tetap berada di jok kalau-kalau terjadi kecelakaan.

Selain itu, beberapa mobil juga sudah dilengkapi fitur vehicle stability control untuk menjaga kestabilan kendaraan saat bermanuver. Fitur hill assist control juga penting agar mobil tetap bisa melaju tanpa kendala saat melintasi tanjakan.

Baca juga: "Pastikan Dulu Layanan Purna Jual Saat Beli Mobil Seken" 

Supaya tambah aman, ada juga mobil yang dipasangi kamera di bagian belakang untuk membantu pengemudi melihat blind spot saat memundurkan mobil. Jadi, tidak perlu takut menyenggol mobil lain saat parkir.

Tapi ya namanya juga harga tidak bisa bohong. Mobil dengan fitur-fitur lengkap seperti itu sudah pasti harganya juga mahal. Namun, tidak perlu khawatir, mobil berteknologi ini bisa didapatkan jika beli mobil bekas yang harganya tentu lebih terjangkau.

Yang penting kualitas mobil bekas pilihan ini terjaga. Kita beli dan tinggal isi bensin dan jalan, seperti yang dijamin kalau beli mobil di showroom mobil88. 

Selain soal kualitas, mobil88 juga memastikan adanya jaminan lain melalui buyback guarantee. Jaminannya adalah mobil bukan bekas tabrakan, yang bisa berefek pada kestabilan rangka. 

Mobil juga bukan bekas banjir yang bisa menyebabkan karat dan keropos. Begitu juga soal nomor rangka dan mesin yang dijamin sesuai STNK seta BPKB. Odometer pun tidak diputar balik.

Sebagai tambahan, beli mobil bekas di mobil88 juga semakin untung dengan layanan purna-jual, di antaranya free insurance dan free car detailing*. Yuk cari mobil impianmu di sini!

*Syarat dan ketentuan berlaku

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."