Bahaya, Isi BBM Tidak Sesuai Oktan Bikin Mobil Cepat Rusak

Jumat, 05 Oct 2018, 18:00


Mengisi bahan bakar yang oktannya tidak sesuai dengan spesifikasi mesin bisa mengakibatkan kerusakan pada mobil. Bisa saja tadinya kita beli BBM beroktan lebih rendah karena harganya murah, eh beberapa bulan kemudian mobil malah mogok dan kita jadi harus mengeluarkan dana jauh lebih besar untuk perbaikan.

"(BBM) harus sesuai dengan oktan yang direkomendasikan industri otomotif," kata Instruktur senior Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, dikutip dari iNews.id, Rabu (27/06).

Menurut Sony, kendaraan keluaran terbaru dianjurkan diisi dengan bensin beroktan minimal 92 seperti seri pertamax. "BBM ini sudah sesuai dengan tingkat rasio kompresi kendaraan keluaran baru yang minimal sudah mencapai 10:1," lanjut dia.

Sebelum membahas akibat dari mengisi bahan bakar yang oktannya tidak sesuai dengan rekomendasi, sebaiknya kita pahami dulu apa sebenarnya oktan itu. Secara sederhana, oktan adalah representasi dari ketahanan bahan bakar terhadap kompresi saat mesin mobil bekerja. Jika level kompresinya tinggi, oktan pun harus tinggi. 

Baca juga: "Wajib Tahu, Uji Coba Tilang Elektronik Berlaku Mulai Oktober" 

Saat mesin bekerja normal, campuran bahan bakar dan udara baru meledak setelah ada percikan api busi. Perlu diketahui, ledakan teratur inilah yang mendorong mobil dapat melaju. Jadi, tempo ledakan harus dijaga agar terjadi pada waktu yang tepat. 

Jika mobil tersebut menggunakan BBM dengan oktan lebih rendah daripada yang seharusnya, mesin bisa meledak sendiri pada tahap akhir kompresi. Akibatnya, terjadi tabrakan antara ledakan yang dinyalakan oleh busi dan ledakan spontan akibat kompresi tinggi. Hasilnya, mesin mobil sering "menggelitik" atau dikenal dengan istilah knocking yang menyebabkan energi mekanik tidak optimal.

Soal dampak buruk tersebut juga kembali dibahas oleh Sony. Oktan yang lebih rendah membuat pembakaran tidak sempurna dan menyebabkan ruang bakar kotor. "Gejala mesin menggelitik merupakan dampak yang paling ringan. Terparah, jika bukan pistonnya yang jebol, ya stang sehernya kena," lanjut Sony.

Baca juga: "Pilih Beli Mobil Bekas Secara Kredit atau Tunai?" 

Tak hanya itu, Engine Control Unit (ECU) bisa berhenti berfungsi. Jika ECU kena, mobil tidak bisa digas dan mesin mati mendadak. "Ada juga yang (mobilnya) cuma bisa dibawa tiga kilometer, jalan sebentar, setelah itu mati. Kalaupun dihidupkan lagi, akan mati lagi," ucap dia.

Kita bisa mengetahui kondisi tersebut dengan memeriksa indikator dasbor mobil. Biasanya indikator "Check Engine" akan menyala.

Kerusakan mesin akibat mobil menggunakan oktan yang tidak sesuai dengan rekomendasi pada buku manual atau pada penutup kunci ruang pengisian BBM ini berlaku untuk semua jenis mobil. Bahkan menurut Sony, dampak buruk pada mobil dengan teknologi paling baru biasanya lebih cepat terjadi.

Sayang sekali kan kalau kita sudah beli mobil dengan spesifikasi modern tapi rusak dalam waktu beberapa bulan saja gara-gara menghemat dana transportasi. Biaya perbaikan mobil bisa jadi malah lebih mahal.

Nah, kalau hitung punya hitung ternyata pilihan ganti mobil lebih bikin untung, kita bisa menyiasati dengan beli mobil bekas. Dengan budget sama, kita bisa mendapat mobil yang lebih tinggi spesifikasinya ketimbang beli mobil baru.

Baca juga: "Pastikan Dulu Layanan Purna Jual Saat Beli Mobil Seken" 

Yang penting kualitas saat beli mobil bekas pilihan ini terjaga. Kita beli dan tinggal isi bensin dan jalan, seperti yang dijamin kalau beli mobil di showroom mobil88. 

Selain soal kualitas, mobil88 juga memastikan adanya jaminan lain melalui buyback guarantee. Jaminannya adalah mobil bukan bekas tabrakan, yang bisa berefek pada kestabilan rangka. 

Mobil juga bukan bekas banjir yang bisa menyebabkan karat dan keropos. Begitu juga soal nomor rangka dan mesin yang dijamin sesuai STNK seta BPKB. Odometer pun tidak diputar balik.

Selain itu, mobil88 juga memberikan layanan berupa free insurance all risk selama 3 bulan untuk setiap pembelian mobil bekas berkualitas di mobil88 secara secara tunai. Bahkan, ketika ingin memperpanjang durasi asuransi menjadi satu tahun, konsumen hanya perlu membayar untuk 9 bulan. Jadi, mobil tetap terlindungi dari risiko yang mungkin terjadi.

Jika membeli mobil apapun secara kredit, konsumen mobil88 akan memberikan free car detailing. Konsumen akan mendapat dua kali treatment, pertama untuk crystal gloss, kedua untuk perawatan setelahnya. Baca selengkapnya di halaman ini. 

Kalau sudah beli mobil keren, jangan lupa pakai BBM yang oktannya sesuai dengan rekomendasi ya!

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."