Diklaim Lebih Aman, Sudah Tahu Cara Kerja Rem ABS?

Rabu, 10 Oct 2018, 16:08


Sebagian dari kita mungkin sering mendengar istilah rem ABS alias Anti-lock Braking System. Sistem pengereman ini diklaim lebih aman karena dapat menghentikan laju roda secara bertahap. Jadi, roda-roda mobil tidak akan terkunci meskipun kita menginjak pedal rem dengan penuh. Tapi seperti apa sebenarnya cara kerja rem ABS ini?

Pada rem non-ABS, ketika kita menginjak rem secara penuh, sistem akan langsung mengunci perputaran roda sehingga kemungkinan terjadi slip, bahkan mobil terguling, jadi lebih tinggi. Sedangkan pada rem ABS terdapat sensor yang berfungsi menditeksi  pergerakan roda untuk mencegah terjadinya penguncian.

Baca juga: "Supaya Selamat, Bodi Mobil Sekarang Dibuat Gampang Ringsek, Kok Gitu?" 

ABS akan mengatur tekanan minyak rem ke masing-masing roda, selain itu sistem ini juga akan membuat kampas rem menjepit dan melepas cakram, dalam waktu yang sangat cepat. Hasilnya, laju mobil akan berkurang secara bertahap, meskipun melakukan rem mendadak.

"Jika mobil sudah menggunakan rem ABS, maka kita tak perlu lagi mengocok rem seperti di mobil yang tanpa ABS," ucap Wijaya Kusuma President Director ORD Training Safety Tebet kepada Gridoto.com, Jumat (27/10/2017).

Dengan demikian, pengguna rem ABS bisa menginjak pedal rem dalam-dalam tanpa rasa khawatir. "Meski (mobil) terasa sedikit bergetar, akibat aliran minyak rem yang dibuka tutup oleh peranti ABS," kata Wijaya melanjutkan.

Pengguna rem ABS hanya perlu berkonsentrasi untuk mengendalikan kemudi. Kita tidak perlu memikirkan untuk mengatur tekanan pedal rem karena sistem ABS akan bekerja semaksimal mungkin untuk mencapai pengereman terbaik supaya mobil bisa berhenti.

Baca juga: "Bahaya, Isi BBM Tidak Sesuai Oktan Bikin Mobil Cepat Rusak"

Oleh karena itu, memilih mobil yang memiliki spesifikasi rem ABS seharusnya menjadi hal wajib demi menjaga keamanan berkendara. Untuk saat ini, memang teknologi ABS hanya tertanam di mobil-mobil modern saja.

Namun, tidak perlu khawatir, mobil berteknologi ini bisa didapatkan versi sekennya dengan harga lebih terjangkau.

Yang penting kualitas mobil bekas pilihan ini terjaga. Kita beli dan tinggal isi bensin dan jalan, seperti yang dijamin kalau beli mobil di showroom mobil88. 

Selain soal kualitas, mobil88 juga memastikan adanya jaminan lain melalui buyback guarantee. Jaminannya adalah mobil bukan bekas tabrakan, yang bisa berefek pada kestabilan rangka. 

Mobil juga bukan bekas banjir yang bisa menyebabkan karat dan keropos. Begitu juga soal nomor rangka dan mesin yang dijamin sesuai STNK seta BPKB. Odometer pun tidak diputar balik.

Baca juga: "Fitur Canggih yang Bikin Mobil Aman dan Nyaman" 

Selain itu, mobil88 juga memberikan layanan berupa free insurance all risk selama 3 bulan untuk setiap pembelian mobil bekas berkualitas di mobil88 secara secara tunai. Bahkan, ketika ingin memperpanjang durasi asuransi menjadi satu tahun, konsumen hanya perlu membayar untuk 9 bulan. Jadi, mobil tetap terlindungi dari risiko yang mungkin terjadi.

Jika membeli mobil apapun secara kredit, konsumen mobil88 akan memberikan free car detailing. Konsumen akan mendapat dua kali treatment, pertama untuk crystal gloss, kedua untuk perawatan setelahnya. Yuk cek mobil impianmu yang aman dengan rem ABS di sini.

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."