Apa Beda Asuransi Mobil "All Risk" dan "Total Lost Only"?

Kamis, 11 Oct 2018, 10:35


Asuransi mobil kini sudah jadi hal wajib, istilahnya sudah jadi satu paket meskipun mungkin kita beli mobil bekas. Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa kita pilih, yaitu all risk dan total lost only (TLO). Namun, kita harus paham dulu perbedaan dua jenis asuransi ini sebelum memutuskan asuransi yang tepat.

Baca juga: "Kenapa Asuransi Mobil Penting?" 

Cakupan jaminan asuransi all risk dan total lost only berbeda, sehingga biaya atau preminya pun tak sama. Asuransi TLO  hanya memberikan biaya pertanggungan jika mobil kita hilang atau rusak dengan tingkat kerusakan minimal 75 persen. Jika kerusakan kurang dari ini, kita tidak bisa mengajukan klaim. 

Sementara itu, asuransi all risk dapat menanggung semua kerusakan dari skala ringan sampai berat. Jika mobil tergores, atau bahkan mengalami kerusakan parah akibat tabrakan, kita masih bisa melakukan klaim. Pihak asuransi akan menanggung semua biayanya. Oleh karena itu, jenis asuransi all risk preminya lebih mahal ketimbang TLO.

Baca juga: "Trik Jitu agar Proses Klaim Asuransi Lebih Cepat" 

Namun, ada beberapa sekenario yang belum terlindungi oleh asuransi all risk, di antaranya bencana alam, kerusuhan, tindakan terorisme, kecelakaan pengemudi dan penumpang. Jika dirasa perlu, kita bisa melakukan perluasan tanggungan untuk kejadian-kejadian tertentu yang lebih besar kemungkinan terjadi. Contoh saja, kita melakukan perluasan untuk banjir karena tempat tinggal kita rawan kebanjiran. Dengan melakukan perluasan tentu kita harus membayar biaya premi yang lebih besar.

Selain dua jenis asuransi di atas, sebenarnya kita bisa pula memilih asuransi comprehensive yang merupakan gabungan antara asuransi all risk dan TLO. Misalnya, kita memakai asuransi mobil all risk pada tahun pertama sampai ketiga, lalu pada tahun-tahun setelahnya kita menggunakan asuransi TLO. 

Setelah tahu perbedaan asuransi tersebut, kita juga perlu mengetahui cara pembayaran preminya. Pada dasarnya, kita bisa memilih membayar premi asuransi setiap bulan atau per tahun. Jika membayar langsung satu tahun, kita bisa tenang karena tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Tapi jika merasa berat dengan jumlahnya, kita bisa melakukan pembayaran secara bulanan.

Baca juga: "Pilih Beli Mobil Bekas Secara Kredit atau Tunai?" 

Namun, bagaimana jika kita beli mobil bekas? Sama saja, risiko kerusakan dan kehilangan mobil tentu tidak pandang bulu antara beli mobil bekas atau baru. Artinya, kita tetap perlu mengasuransikan mobil meskipun kita beli mobil bekas.

Lain halnya jika beli mobil bekas di showroom mobil88, pembeli tidak perlu memikirkan soal asuransi. Konsumen akan mendapatkan layanan after-sales berupa free insurance all risk selama 3 bulan, khusus pembelian secara tunai.

Baca juga: "Pastikan Dulu Layanan Purna Jual Saat Beli Mobil Seken"

Bahkan, ketika ingin memperpanjang durasi asuransi menjadi satu tahun, konsumen hanya perlu membayar untuk 9 bulan. Jadi, mobil tetap terlindungi dari risiko yang mungkin terjadi dengan premi yang lebih terjangkau.

Ingin tahu lebih banyak mengenai berbagai keuntungan membeli mobil bekas di mobil88? Cari tahu di "Ini 8 Alasan Beli Mobil di mobil88 Bikin Untung".   

Yuk, cari mobil impianmu di mobil88. Klik halaman ini untuk melihat stok mobil kami ya!

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."