Macam Jenis Perlindungan Supaya Cat Mobil Tetap Mulus

Selasa, 23 Oct 2018, 17:26


Seperti manusia, sebenarnya mobil juga butuh semacam “baju” buat melindungi cat supaya tak gampang pudar. Cat mobil paling rentan termakan usia karena memang berada di garda terdepan untuk melindungi mobil dari hujan, kotoran, debu, bahkan kemungkinan baret. 

Ditambah lagi, penggunaan sampo yang kurang tepat bisa merusak warna asli cat, bahkan sampai terkelupas. Penggunaan air cuci mobil yang memiliki kadar asam tinggi juga sama merusaknya. Oleh karena itu, sebaiknya kita melindungi cat mobil dengan servis car detailing yang memberikan lapisan perlindungan pada cat mobil.

Baca juga: "Kapan Mobil Perlu Servis Spooring and Balancing?" 

Namun sebelum memutuskan lapisan perlindungan yang tepat, kita perlu tahu dulu macam-macam jenis perlindungan cat mobil seperti wax, polimer, dan nano ceramic. Apa perbedaannya?

Melapisi cat dengan wax berarti memberi lapisan sejenis lilin tipis yang dapat menutup seluruh permukaan cat mobil. Tapi, jenis lapisan ini hanya bersifat sementara dan bertahan hingga 6 bulan, tergatung kondisi. Jika mobil sering terguyur hujan, lapisan wax dapat lebih cepat pudar.

Selain itu, kelemahan lapisan ini adalah karakteristiknya yang mengandung lebih banyak minyak untuk memberikan wet look. Permukaan car mobil akan terasa sedikit lengket dan lebih mudah tertempel debu dan kotoran yang sulit dibersihkan.

Baca juga: "Apa Beda Asuransi Mobil All Risk dan Total Lost Only?" 

Sementara itu, jenis polimer menggunakan proteksi plastik film yang melapisi permukaan cat mobil. Jenis ini lebih tahan lama meskipun harganya cukup mahal dibandingkan wax. Jika terkena debu atau kotoran, kita harus mencucinya dengan air yang memiliki kandungan ph seimbang. 

Jenis ketiga adalah nano ceramic yang lebih bersifat lebih permanen, bisa tahan hingga dua tahun karena mengandung bahan keramik keras. Bahkan, jenis ini dapat melindungi cat dengan baik karena partikel keramiknya yang berukuran nano dapat menutupi pori-pori cat. Jadi, kotoran dan debu tidak dapat masuk. Selain itu, perlindungan cat jenis ini pun bisa mencegah tumbuhnya jamur dan oksidasi udara, termasuk melindungi mobil dari paparan sinar UV.

Baca juga: "Hilangkan Jamur di Kaca Mobil Pakai Soda atau Tembakau" 

Namun, tentu harga sebanding dengan kualitas. Jenis perlindungan tersebut harganya lebih tinggi ketimbang jenis lain.Lain halnya jika beli mobil bekas di mobil88. Showroom kami memberikan benefit after-sales berupa free car detailing untuk pembelian mobil jenis dan merek apapun secara kredit.

Cat mobil akan dilapisi crystal gloss sehingga kotoran dan debu tidak mudah menempel. Crystal gloss yang juga bersifat nano coating ini akan melindungi mobil dari sinar matahari, jamur, sekaligus noda titik air. Ingin mendapatkan perlindungan cat secara gratis? Yuk beli mobil di mobil88. Cek stok kami di halaman ini

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."