Pilih Ban Seperti Sepatu, Harus Nyaman dan Cocok sama Mobil

Rabu, 26 Dec 2018, 19:00


Memilih ban mobil sama seperti memilih sepatu, harus nyaman dipakai, aman, sesuai kebutuhan, dan kesannya "gw banget". Jenis ban juga ada macam-macam, di antaranya eco tire, comfort tire, performance tire, dan off road tire.

Jenis ban eco tire sudah dilapisi silika pada bagian compound ban sehingga hemat konsumsi bahan bakar. Selain itu, lapisan ini juga berfungsi untuk meningkatkan grip ban ke permukaan jalan ketika hujan, sekaligus mengurangi rolling ressitance pada permukaan ban. Rolling ressitance yang lebih rendah dapat menguragi konsumsi BBM. Rasio profil ban jenis ini umumnya berukuran 65, 70, atau 75.

Baca juga: "Beli Mobil Bekas, Wajib Tahu Hitungan Premi Asuransi Mobil" 

Selain itu, ada pula jenis ban comfort tire yang sesuai namanya lebih mengedepankan kenyamanan pengemudi dan penumpang mobil. Karetnya lebih tebal, celah kembangan ban juga lebih rapat ketimbang jenis ban performance tire, yang akan dijelaskan setelah ini. Celah yang lebih rapat akan mempercepat aliran udara pada permukaan ban.

Tak hanya nyaman, comfort tire juga memiliki rolling ressitance yang lebih kecil, sama seperti pada eco tire. Hasilnya, pengemudi merasa nyaman selama berkendara, sekaligus bisa menghemat konsumsi BBM. Rasio profil yang ditawarkan adalah 60, 65, 70, dan 75.

Jenis lain adalah performance tire, yang menggunakan karet ban yang lebih lunak dan tahan panas. Tapi, performa dari ban ini juga tetap mantap saat menikung dalam kondisi hujan. Hal ini karena performance tire memiliki cengkraman lebih baik. Selain itu, celah antar kembang juga lebih lebar sehingga air dapat dipompa keluar dari permukaan ban. Hasilnya, permukaan ban tetap kering meski pun dalam kondisi hujan.

Baca juga: "Siasati Bonus Akhir Tahun Agar Bisa Beli mobil" 

Jenis ban yang terakhir adalah off road tire yang memang dikhususkan untuk menaklukkan medan off road. Ban ini mampu memberikan traksi yang baik saat melewati jalan yang tidak rata sehingga kita lebih mudah mengendalikan kemudi.

Off road tire juga terbagi lagi menjadi dua macam, yaitu all terrain tire dan mountain terrain tire. Tipe yang pertama memberikan kombinasi traksi optimal, baik saat digunakan di jalan biasa maupun off road. Sementara itu, tipe mountain terrain tire cocok untuk melibas jalan yang berlumpur karena memiliki jenis kembang berukuran besar.

Nah, bagaimana dangan mobil kamu, kira-kira jenis mobilmu cocok menggunakan ban model apa? Tapi harap diingat ya, penggunaan ban harus sesuai dengan jenis mobil juga supaya tidak mengurangi kenyaman dan keamanan berkendara. Misalnya, jenis mobil city car jangan dipaksakan menggunakan ban off road tire karena keduanya memiliki fungsi berbeda.

Baca juga: "Pilih Coating atau Paint Protection Film untuk Lindungi Bodi Mobil?" 

Kalau misalnya kamu memiliki hobi menjelajahi tempat-tempat bermedan off road, lebih baik ganti mobilmu dengan tipe SUV seperti Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero. Jenis mobil seperti ini selain terlihat gagah, memberikan kesan mewah sehingga cocok juga untuk acara formal.

Tapi ya namanya juga harga tidak bisa bohong. Mobil jenis itu memiliki fitur lengkap, harganya sudah pasti lebih mahal. Namun, tidak perlu khawatir, mobil berteknologi ini bisa didapatkan versi sekennya dengan harga lebih terjangkau.

Yang penting kualitas mobil bekas pilihan ini terjaga. Kita beli dan tinggal isi bensin dan jalan, seperti yang dijamin kalau beli mobil di showroom mobil88. 

Selain soal kualitas, mobil88 juga memastikan adanya jaminan lain melalui buyback guarantee. Jaminannya adalah mobil bukan bekas tabrakan, yang bisa berefek pada kestabilan rangka. 

Mobil juga bukan bekas banjir yang bisa menyebabkan karat dan keropos. Begitu juga soal nomor rangka dan mesin yang dijamin sesuai STNK serta BPKB. Odometer pun tidak diputar balik.

Jadi, kalau mau upgrade mobil berfitur lengkap, meskipun beli versi bekas dan punya harga lebih terjangkau, kamu tetap merasa tenang. Impian mobil yang lebih baru di tahun baru pun terwujud.

Terlebih lagi, beli mobil bekas di mobil88 memiliki keuntungan lain. Kamu bisa menikmati beragam layanan purna jual seperti free car detailing yang berlaku untuk pembelian semua merek dan tipe mobil secara kredit. Konsumen akan mendapat dua kali treatment, pertama untuk perawatan crystal gloss, kedua untuk perawatan setelahnya.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan free insurance all risk selama 3 bulan, khusus pembelian secara tunai. Bahkan, ketika ingin memperpanjang durasi asuransi menjadi satu tahun, konsumen hanya perlu membayar untuk 9 bulan. Jadi, mobil tetap terlindungi dari risiko yang mungkin terjadi. 

Nah, beli mobil bekas berkualitas di mobil88 bikin untung kan? Yuk cek stok kami di sini, siapa tahu ada mobil SUV incaranmu.

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."