Jangan Takut Menyetir Saat Terjang Banjir

Jumat, 28 Dec 2018, 22:00


Musim hujan sudah tidak bisa dihindari lagi. Bahkan, curah hujan biasanya semakin tinggi pada awal tahun. Yah, hujan memang berkah. Tapi masalahnya, di beberapa area, hujan yang lebat bisa menyebabkan genangan air yang cukup tinggi alias banjir.

Banjir yang ketinggiannya sedang justru bikin dag dig dug, kita jadi galau antara menghajar banjir atau cari aman. Meski demikian, kalau kira-kira kita dalam kondisi tidak bisa mengelak untuk menembus banjir, setidaknya kita harus memiliki pengetahuan cukup. Jadi, rasa khawatir saat melewati banjir bisa berkurang.

Baca juga: "Pilih Ban Seperti Sepatu, Harus Nyaman dan Cocok sama Mobil" 

Pertama, kita harus benar-benar mengenali karakter mobil, setidaknya kita tahu ketinggian ground clearance mobil. Selain itu, kita juga wajib paham kebiasaan mobil, apakah kondisinya masih fit kalau melewati batas aman banjir.

Setelah itu, kita lihat dulu ketinggian genangan air, sebelum memutuskan untuk menerjang banjir. Kita bisa memperhatikan kendaraan yang sudah lebih dulu melewati banjir untuk mengira-ngira ketinggian air. Bandingkan dengan jenis mobil kita. Jika masih terbilang aman, lalui saja. Tapi kalau terlalu dalam sebaiknya cari jalan lain.

Umumnya, kedalaman yang masih aman untuk mobil adalah setengah dari ban mobil. Hitungan ini kalau tinggi ground clearance mobil normal ya. Kalau mobil ceper tentu beda lagi hitungannya.

Saat melewati banjir

Kita bisa melakukan beberapa trik sekaligus, yaitu matikan AC dan atur waktu laju. Artinya, usahakan untuk melalui banjir setelah mobil di depan melaju cukup jauh sehingga ada jarak aman. Jangan sampai kita berhenti di tengah jalan karena hal ini memungkinkan air masuk ke knalpot.

Jika menggunakan mobil bertransmisi manual, gunakan gigi satu dan tahan pedal kopling setengahnya. Jangan lepaskan kopling dan atur gas agar melaju dengan kecepatan stabil. Kalau mobil menggunakan transmisi matic, pastikan kecepatan mobil stabil saja.

Setelah melewati banjir

Ketika area banjir sudah terlewati, jangan bersantai. Cek fungsi rem dulu. Caranya, injak pedal rem beberapa kali untuk memastikan bahwa rem berfungsi normal. Dalam kondisi ini kita harus hati-hati agar tidak membahayakan pengendara lain, kecepatan pun jangan terlalu tinggi dulu.

Jika perlu, sebaiknya menepi sejenak untuk memeriksa lebih jauh kondisi mesin. Hal ini untuk memastikan apakah ada sampah atau kotoran yang menempel pada radiator atau tempat lain yang berpotensi mengganggu kinerja mesin.

Baca juga: "Siasati Bonus Akhir Tahun Agar Bisa Beli mobil" 

Meski demikian, sebaiknya menyiapkan rencana cadangan kalau kita tinggal tinggal di daerah yang jalurnya rawan banjir. Pilih jenis mobil yang memiliki ground clearance tinggi, misalnya SUV atau crossover. Kalau memungkinkan, tambah juga beli mobil SUV yang fiturnya lengkap.

Memang, mobil seperti ini kerap kali harganya lebih tinggi karena termasuk jenis mobil kelas atas. Tapi tenang saja, mobil jenis ini masih bisa didapatkan versi sekennya dengan kondisi yang masih berani diadu.

Budget beli mobil bekas yang spesifikasinya canggih bisa jadi sama saja dengan beli mobil baru yang fiturnya masih di bawah pilihan pertama. Tentu dalam kasus ini, beli mobil bekas akan lebih menguntungkan, apalagi kalau belinya di mobil88.

Baca juga: "Beli Mobil Bekas, Wajib Tahu Hitungan Premi Asuransi Mobil" 

Showroom kami menjamin kualitas mobil dengan memberikan buyback guarantee. Jaminannya adalah mobil bukan bekas tabrakan, yang bisa berefek pada kestabilan rangka. Mobil juga bukan bekas banjir yang bisa menyebabkan karat dan keropos. Begitu juga soal nomor rangka dan mesin yang dijamin sesuai STNK serta BPKB. Odometer pun tidak diputar balik.

Semakin nyaman, konsumen juga bisa menikmati beragam layanan purna jual seperti free car detailing yang berlaku untuk pembelian semua merek dan tipe mobil secara kredit. Konsumen akan mendapat dua kali treatment, pertama untuk perawatan crystal gloss, kedua untuk perawatan setelahnya.

Selain itu, pembeli bisa mendapatkan layanan purna jual berupa free insurance all risk selama 3 bulan, khusus pembelian secara tunai. Bahkan, ketika ingin memperpanjang durasi asuransi menjadi satu tahun, konsumen hanya perlu membayar untuk 9 bulan. Jadi, mobil tetap terlindungi dari risiko yang mungkin terjadi.

Yuk lihat stok kami di sini, siapa tahu ada mobil yang aman untuk melewati banjir dan pastinya sesuai dengan seleramu.

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."