Strategi Melindungi Mobil Matic Biar Awet

Rabu, 30 Jan 2019, 19:00


Mobil matic memang membuat perjalanan berkendara lebih santai. Tidak perlu sering gonta ganti gigi, tidak juga pegal menginjak pedal kopling, tinggal rem-gas saja sepanjang jalan. Maka tak salah kalau orang lebih berminat memiliki mobil matic, apalagi untuk perjalanan dalam kota yang jalananya sering kali padat.

Baca juga: "Coba Cek Ulang, Yakin Udara AC Mobilmu Sehat?" 

Meski demikian, di balik kemudahan itu mobil matic terkenal rentan mengalami masalah, terutama pada komponen mesin dan transmisi. Memang sih, semua kembali lagi pada pemakaian. Mobil manual pun bisa saja bermasalah kalau penggunaannya di luar kewajaran, atau istilahnya kebiasaan mengendarai mobil "jorok".

Nah, supaya performa mobil matic tetap prima, sebaiknya kita mengetahui strategi perawatan dan penggunaan mobil yang benar. Kan kita kepinginnya punya mobil yang awet sampai bertahun-tahun, sebelum memutuskan beli mobil keluaran lebih baru.

Baca juga: "Jurus Hindari Aki Mobil Soak!" 

Tak jauh berbeda sebenarnya dari sisi perawatan antara mobil matic dan manual. Agar mobil tetap sehat, biasakan untuk melakukan pemanasan mesin sebelum mobil digunakan. Tak perlu lama, cukup 1-2 menit saja.

Selain itu, gunakan persneling sesuai dengan kebutuhan. Meskipun mobil matic, fungsi persneling berbeda-beda. Pastikan saat parkir posisi sudah di "P", begitupun ketika macet dan mobil berhenti sebaiknya pindahkan gigi "N". Kalau sudah melaju lagi, kita tinggal ganti gigi "D".

Baca juga: "Begini Cara Menyayangi Mobil Selama Musim Hujan" 

Soal perawatan, kita harus rutin mengganti oli supaya komponen di dalam mesin tetap awet. Tak hanya itu, kita juga wajib melakukan servis secara berkala. Patuhi ketentuan pada buku servis ya.

Khusus musim hujan seperti ini, lebih sering lakukan pengecekan oli transmisi. Jika kita pernah terpaksa menerjang banjir, sebaiknya segera ganti oli transmisi. Soalnya, bisa jadi air hujan rembes hingga ke dalam gearbox, menyebabkan kemacetan pada sistem transmisi.

Tak hanya itu, ada baiknya mobil sudah terlindungi dengan asuransi yang dapat meng-cover kerusakan akibat banjir. Pilih asuransi all risk lalu lakukan perluasan cakupan asuransi. 

Bukan perlindungan mesin saja, kita juga harus memastikan bodi mobil tetap mulus, terutama saat musim hujan. Kalau baret-baret kan bisa diatasi dengan asuransi juga, tapi kalau bercak dan cat kusam lain lagi strateginya.

Baca juga: "Wajib Masuk Daftar Wishlist, Mobil Keluarga Irit Bensin"

Sebaiknya lakukan servis car detailing agar bodi mobil tetap kinclong. Pilih jenis nano coat yang bisa meresap hingga ke pori-pori cat sehingga perlindungan bodi mobil sempurna. Kalau kehujanan atau terkena kotoran, cara membersihkannya lebih mudah karena kotoran dan air tidak menempel pada cat. 

Tapi hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan kalau membeli mobil di showroom mobil88. Kami menyediakan beragam layanan purna jual yang dapat membantu konsumen dalam melindungi mobil, matic maupun manual.

Untuk pembelian mobil merek dan model apapun secara kredit, konsumen mendapatkan free car detailing. Cat mobil akan dilapisi crystal gloss sehingga kotoran dan debu tidak mudah menempel. Crystal gloss yang bersifat nano coating ini akan melindungi mobil dari sinar matahari, jamur, sekaligus noda titik air.

Lain lagi kalau beli mobil secara tunai. Konsumen akan mendapatkan free insurance jenis all risk selama 3 bulan. Bahkan, ketika ingin memperpanjang durasi asuransi menjadi satu tahun, konsumen hanya perlu membayar untuk 9 bulan. Jadi, mobil tetap terlindungi dari risiko yang mungkin terjadi dengan premi yang lebih terjangkau.

Ingin tahu lebih banyak mengenai berbagai keuntungan membeli mobil bekas di mobil88? Cari tahu di "Ini 8 Alasan Beli Mobil di mobil88 Bikin Untung".   

Yuk, cari mobil impianmu di mobil88. Klik halaman ini untuk melihat stok mobil kami ya!

Testimoni

Bp.Yusuf

"Alhamdulilah dari pertama proses sampai akhir serah terima unit pelayanan dari seluruh rekan di mobil88 sangat memuaskan. Penuh dengan keluargaan. Saya merasa sangat puas dengan layanan dari mobil88. Semoga kedepan makin maju dalam segala pelayanan"

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."

Sonny Hermawan

Pemenang Samsung TV LED 40 inch, Weekend Sales Surabaya 20-22 November 2015

"Sebagai customer baru, saya sangat puas dengan pelayanan dari mobil88."