blog/7-bagian-mobil-yang-harus-diperiksa-pasca-mudik-lebaran

7 Bagian Mobil yang Harus Diperiksa Pasca Mudik Lebaran

13 Jun 2019

Mereka yang sudah melakukan perjalanan mudik lebaran tak boleh lupa bahwa ada hal tak kalah penting yang perlu diperhatikan, yaitu kondisi mobil pasca dipakai perjalanan mudik.

Bagaimana tidak, usai mudik lebaran mobil perlu dilakukan perawatan, seperti halnya manusia, ketika usai bekerja keras, maka butuh memulihkan stamina kembali dengan cara istirahat dan diimbangin dengan perawatan.

Nah berikut ini bagian-bagian mobil yang perlu diperiksa kembali usai dipakai mudik lebaran, antara lain:

1.Mesin
Usai dipakai jarak jauh, maka ada baiknya mesin diperiksa. Memang jeroan dapur pacu banyak komponennya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperiksa seperti busi, ruang pembakaran, dan masih banyak lainnya.

Jangan lupa timing belt juga harus diperiksa, karena bagian ini cukup vital, lantaran mampu memutarkan roda yang dihasilkan dari tenaga mesin. Jika timing belt bersuara mendengung, mungkin itu sinyal perlu diganti sebelum putus. Jika timing belt putus, maka akan menjalar ke bagian mesin lainnya.

2.Pelumas atau oli
Cairan ini sangat penting, karena ketika melakukan perjalanan jauh dengan jalan tak dapat diduga, tentu saja oli akan sangat mudah berubah.

Pada dasarnya oli mobil memiliki standar kekentalan yang berbeda-beda. Ketika digunakan untuk perjalanan jauh, maka  pembakaran di dalam mesin membuat tingkat kekentalan oli berubah. Artinya, dalam waktu tertentu kekentalan oli di dalam mesin tidak lagi sesuai dengan kondisi semula.

Karena itu, oli wajib diganti, dan setelah itu lakukan penggantian oli mesin mobil secara berkala berdasarkan jarak tempuh kendaraan.

Bukan tak mungkin pula oli bisa saja habis. Jika itu terjadi maka isi kembali sesuai volume yang ditetapkan di buku manual.

3.Radiator
Komponen ini punya peran penting selama dipakai di jalanan. Sebab, fungsi radiator sendiri yaitu menjaga suhu mesin tetap dingin, dimana ketika digunakan dalam waktu lama mesin mobil bisa saja panas atau overheat. Untuk mendinginkan mesin maka disinilah peran radiator

Ada baiknya, radiator ini dilakukan pemeriksaan secara rutin dan juga pengurasan dan penggantian air berkala.

4.Kelistrikan
Selama mudik dipastikan arus listrik dipakai mulai dari titik start sampai dilokasi, entah itu starter sampai sistem hiburan dan power outlet.

Sistem kelistrikan bisa diperiksa mulai dari aki, lampu, dan bagian lainnya. Jika bagian ini bermasalah maka akan repot. Seperti, jika aki mati maka tak bisa menyalakan dengan cara distarter, atau saat malam hari lampu mobil tidak bisa menyala sehingga akan sangat berbahaya.

5.Kaki-Kaki
Ketika mudik tentu akan melewati berbagai kondisi jalan yang tak bisa diprediksi. Nah, salah satu yang bersentuhan langsung antara mobil dan aspal yaitu ban.

Biasanya ada saja ban mobil permukaannya menipis serta kurangnya angin, karena itu lakukan pengecekan dan isi angin, atau kalau perlu ganti dengan ban baru jika sempat sobek.

Selain itu, bisa juga lakukan spooring dan balancing, agar membantu roda mobil tetap stabil dan tidak bergoyang saat dikendarai.

Bagian suspensi juga perlu dilakukan pengecekan, karena komponen inilah yang memberikan kenyamanan ketika melaju dijalanan bergelombang.

6.Rem
Komponen yang satu ini juga wajib diperiksa. Ya, ketika dipakai mudik, rem memiliki peran sangat penting karena mampu mengatur laju roda.

Belum lagi mobil yang dipacu dengan kecepatan tinggi, atau kondisi macet, tentu saja membuat kampas rem cepat aus. Maka dari itu periksalah bagian rem. Jika memang tipis maka ganti dengan baru.

7.Kopling
Apabil mudik menggunakan mobil transmisi manual, maka kopling wajib dilakukan pengecekan. Jika bagian kopling yang bermasalah, biasanya akan terasa saat melakukan perpindahan gigi menjadi selip atau sulit dipindahkan.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan