×

blog/apakah-toyota-corona-berasal-dari-china-seperti-virus-corona

Apakah Toyota Corona Berasal dari China seperti Virus Corona?

18 Mar 2020

Kamu pasti sudah tahu dong tentang virus Corona yang membuat heboh publik di seluruh dunia karena virus mematikan ini sudah merenggut banyak korban jiwa. Virus Corona yang berasal dari Wuhan, China ini memiliki kesamaan nama dengan sebuah mobil Toyota Corona. Sayangnya sedan legendaris ini hanya memiliki kesamaan nama saja, tapi bukan berasal dari China. 

Toyota Corona merupakan sedan yang hadir di Indonesia pada tahun 1970-an. Sedan medium ini adalah produk global Toyota yang sebenarnya sudah ada sejak di tahun 1950-an di Jepang. Tipe Corona ST10 bermesin 995 cc ini menjadi generasi pertama Corona yang mengaspal di negara asalnya. 

Generasi keduanya hadir pada tahun 1960, dengan nama Corona PT20. Bentuknya lebih besar dari model sebelumnya. Selang empat tahun, tepatnya di tahun 1964 Corona hadir dengan generasi ketiga. Mulai dari generasi ini mobil tersebut mulai dipasarkan secara massal di berbagai negara di dunia. Model yang tersedia yaitu, sedan dengan empat pintu, Hardtop Coupe dua pintu, serta sedan dengan lima pintu (semi wagon).

Kemudian, Corona kembali mengeluarkan generasi baru keempat pada tahun 1970. Model Corona terdiri dari RT80-series sedan dan wagon, serta RT90-series Hardtop Coupe yang bentuknya jauh lebih besar dan modern dari generasi sebelumnya. Jenis mobil kelas menengah ini tergolong paling sukses dari tipe yang lainnya.

 

Toyota Corona di Indonesia

Di Tanah Air, Toyota mulai merakit Corona secara lokal pada generasi keempat yang keluar tahun 1970-an. Mobil ini dirakit di Tanjung Priok, Jakarta oleh PT Toyota Astra Motor dan diproduksi mulai dari tahun 1970 hingga 1973. Toyota menempatkan Corona di atas Corolla karena dimensi bodinya dan juga kapasitas mesin yang lebih besar.

Di tahun 1975 mobil ini mengeluarkan generasi kelimanya, tepatnya mulai dari tahun 1973 hingga 1979. Corona seri T100 diproduksi tiga varian yaitu, ada bentuknya empat pintu sedan, dua pintu hardtop coupe, dan empat pintu station wagon dengan masing-masing menggunakan mesin 1.6, 1.8, dan 2.0 liter.

Produksi Corona berlanjut hingga tahun 1998 hingga dilahirkannya Corona generasi ke-9 atau yang lebih akrab disapa dengan Corona Absolute. Model dengan kode sasis T190 ini merupakan akhir dari produksi Corona di Indonesia sebelum Toyota menggantinya dengan model Camry yang dimulai dari tahun 1999.

Ya, mobil ini merupakan cikal bakal dari Camry yang beberapa waktu lalu digunakan sebagai kendaraan dinas para menteri di Indonesia. Secara keseluruhan , Toyota mengembangkan 9 generasi Corona hingga akhirnya kini punah dari peredaran. Mudah-mudahan virus Corona juga bisa bernasib seperti Toyota Corona ya, bisa punah dan tidak lagi mengancam jiwa manusia.

Toyota Corona kini memang sudah jarang terlihat, atah bahkan kita akan kesulitan menemukannya baik di jalan ataupun di delaer-dealer mobil bekas, namun jika kamu ingin menemukan mobil bekas tipe sedan lainnya yang memiliki kualitas seperti mobil baru, kamu bisa menemukannya di mobil88 lho. Berikut "Daftar mobil bekas tipe sedan" di mobil88 yang bisa kamu pertimbangkan untuk memilikinya.

×

12 juta bawa pulang mobil? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan