blog/fakta-dan-sejarah-honda-jazz-di-indonesia

Fakta dan Sejarah Honda Jazz di Indonesia

18 Okt 2019

Sudah tak perlu diragukan lagi, kalau mobil hatchback Honda Jazz salah satu mobil yang banyak ditemui di jalanan Indonesia. Menariknya, mobil ini juga dianggap sangat pas untuk digunakan bagi kalangan anak muda.

Selain body kompak, Honda Jazz juga memiliki tampang sporty dengan konsumsi bahan bakar banyak yang menyebutnya masih tergolong irit. Tak hanya itu, jika dilakukan modifikasi, mobil ini juga sangat mudah dan tampilannya dapat menambah kesan keren.

Namun salah satu fakta yang perlu Anda perlu tau, Honda Jazz ini juga dijual secara global. Artinya, tak hanya ada di Indonesia saja, tapi di seluruh dunia. Fakta lainnya dari Honda Jazz yaitu, di negara aslinya, Jepang, nama Honda Jazz  diganti menjadi Honda Fit.

Satu lagi fakta menarik lainnya, sejak 2014 Honda Jazz tak lagi diimpor dari Thailand, melainkan sudah digarap di Karawang, Jawa Barat dengan material atau Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di awal mencapai 72 persen.

Nah, untuk mengetahui bagaimana sejarah dan perkembangan Honda Jazz, berikut ulasannya.

Generasi Pertama (2001-2007)

Sejatinya Honda Jazz awal kali muncul pada 2001 dan hanya dipasarkan di Jepang saja. Namun selang setahun, mobil lima pintu ini langsung dipasarkan ke sejumlah negara lainnya mulai dari di Eropa dan juga Australia.

Tak puas dengan gebrakan dengan hadirnya Jazz , pada 2003 Honda kembali melakukan ekspor Jazz dari Jepang ke beberapa negara lainnya mulai dari Amerika Selatan, Afrika Selatan dan Asia Tenggara.

Honda terus melakukan ekspansi dan pada 2004 dijual ke China, kemudian pada 2005 ke Meksiko. Hingga akhirnya, pada 2006 Honda memasarkan Jazz  ke Kanada dan Amerika Serikat.

Adapun ketika Honda Jazz masuk ke Indonesia pada 2003 yang diproduksi di Thailand. Mobil ini juga cukup menyita perhatian. Pasalnya, konsumen mendapatkan tambahan pilihan, dimana kala itu mobil tanpa buntut yang paling hits masih Toyota Starlet.

Keberadaan Honda Jazz ini pula membuat mobil hatchback kembali bergairah. Bahkan, pada 2005 Toyota akhirnya memboyong Yaris ke Indonesia.

Adapun pada awal masuknya Honda Jazz ke Indonesia, PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek mobil Honda menawarkan mobil tersebut dalam dua tipe, yaitu tipe mesin i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) dan tipe mesin VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control) yang merupakan tipe tertinggi dengan mesin 1.5 L

Saat itu, Honda Jazz generasi pertama ini juga dikenal dengan menyebutkan kode body GD3.

Oh iya, kemunculan Honda Jazz di Indonesia sangat cepat tersebar, karena ada isu menarik dari mobil ini yaitu soal logo titik di huruf ‘J’. Konon kabarnya, titik di atas huruf j disebut-sebut mengandung emas hingga berlian. Hal ini pula banyak orang ingin mencongkel titik di huruf J Honda Jazz.

Adapun untuk pasar Indonesia sendiri Honda Jazz dijejali mesin 4 silinder SOHC berkapasitas 1.500 cc, i-DSI yang mampu menghasilkan daya hingga 85 Tenaga kuda (Tk) pada 5.500 rpm dengan torsi 128 Nm pada 2.700 rpm. Semua mesin Honda Jazz sudah menggunakan injeksi. Mesin i-DSI mempunyai konfigurasi 8 valve, menggunakan 2 busi per silinder sehingga pembakaran lebih sempurna, akibatnya mesin lebih irit dan emisi berkurang.

Sedangkan untuk mesin VTEC  berkapasitas 1.5 liter mampu menyemburkan daya hingga 108 Tk pada 5.800 rpm dengan torsi 143 Nm pada 4.800 rpm. Mesin VTEC mempunyai konfigurasi 16 valve sehingga tenaga yang dikeluarkan maksimal di putaran mesin tinggi.

Generasi pertama Honda Jazz tertinggi, sudah dijejali fitur keamanan lengkap mulai dari VTEC dilengkapi rem dengan fitur ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA (Brake Assist). Perlengkapan keamanan lainnya adalah dua kantong udara untuk pengemudi dan penumpang depan.

Generasi kedua (2007-2014)

Honda Jazz generasi kedua muncul pertama kali di ajang Tokyo Motor Show 2007 silam. Yang membedakan generasi pertama dan kedua Honda Jazz kali ini yaitu dimensinya lebih melar, mulai dari panjang, lebar dan wheelbase. Semuanya bertambah lebar.

Selain dimensi, tentu saja ubahan lainnya pada mobil tersebut juga terjadi pada bagian depan, samping dan juga belakang.

Saat masuk ke Indonesia, Honda Jazz mempertahankan mesin 1.5 liter i-VTEC yang mampu menghasilkan daya hingga 120 Tk pada @6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada @4800 rpm.

Selang satu tahun kemudian, atau 2008, PT HPM kembali meluncurkan versi 1.5L VTEC saja dan tersedia tiga tipe, yaitu tipe S dan RS yang merupakan tipe tertinggi.

Dua tahun kemudian atau 2010, Honda Jazz global menghadirkan penantang Toyota Yaris ini dengan menyematkan mesin hybrid. Namun, mobil dengan mesin hybrid ini hanya dijual di negara-negara tertentu, termasuk di Jepang itu sendiri.

Honda Jazz versi hybrid ini muncul pertama di pameran Paris Motor Show 2010 dan mulai dijual awal 2011. Mobil ini diketahui sudah dibenamkan mesin 1.3L dan sebuah motor elektrik, dengan efisiensi bahan bakar sekitar 3.3 liter per 100 km (1:30).

Generasi Ketiga (2014-sekarang)

Pada 2013, Honda Jepang kembali melakukan ubahan pada Honda Jazz. Iya, tampilan Honda Jazz terlihat berbeda lantaran mengalami rombakan mulai dari eksterior dan interior

Hal yang membuat Honda Jazz generasi ketika ini berbeda berkat garis-garis mobil yang memberikan kesan lebih sporty jika dibandingkan model sebelumnya. Selain itu, untuk pencahayaan Honda Jazz generasi ketiga diketahui sudah dijejali sistem projector, lengkap dengan DRL LED.

Hanya saja, ketika masuk Indonesia, mobil hatchback ini mulai dipasarkan pada Juni 2014. Satu hal yang membuat aneh, yaitu walaupun desain bodi dan interior mobil berubah total, namun mesin masih tetap sama dengan generasi kedua dan tersedia dengan tipe A, S dan RS yang merupakan tipe tertinggi.

Hingga akhirnya ubahan kembali dilakukan Honda pada 26 Juli 2017, di mana PT HPM kembali menghadirkan versi facelift dari Honda Jazz generasi ketiga untuk pasar otomotif nasional.

Jika Anda memang sedang mencari Honda Jazz bekas, coba cek yuk ke situs mobil88.astra.co.id. Membeli mobil di mobil88 sudah ada buyback guarantee yang berarti mobil dijamin tidak bekas tabrak yang bisa berefek pada rangka.

Selain itu, mobil yang dijual di tempat ini bukan bekas banjir yang bisa menyebabkan karat dan keropos. Selain itu, mobil yang dijual juga ada terjamin mulai dari nomor rangka dan mesin yang sesuai STNK.

Di mobil88 Anda juga bisa dapat layanan after-sales seperti free car detailing dan free insurance. Mobil pun jadi lebih awet dengan perawatan after-sales dari mobil88. Bagaimana tertarik? Yuk cek stok di mobil88 e-store. Anda bisa beli mobil bekas tanpa was-was, tanpa harus takut kena tipu.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan