blog/fakta-menarik-dan-sejarah-mobil-sejuta-umat-toyota-avanza

Fakta Menarik dan Sejarah Mobil Sejuta Umat, Toyota Avanza

19 Sep 2019

Mobil ‘sejuta umat’, begitulah orang menyebutnya untuk sosok Toyota Avanza. Hadir di segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV), Toyota Avanza jadi salah satu mobil terlaris dan banyak disukai konsumen di Tanah Air.

Bagaimana tidak, Toyota Avanza dengan konfigurasi tujuh orang penumpang dianggap jadi mobil yang paling pas untuk masyarakat yang gemar bepergian bersama keluarga, teman dan juga kerabat.

Oh iya, Anda harus tahu juga soal fakta-fakta menarik Toyota Avanza. Salah satunya adalah, mobil tersebut masih satu rahim dengan Daihatsu Xenia. Hal ini karena keduanya memang diproduksi langsung oleh PT Astra Daihatsu Motor di kawasan Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat.

Fakta menarik lainnya dari si kembar yaitu, meski dibuat Daihatsu, namun banyak orang berfikir, jika keduanya sangat berbeda. Bahkan, ada juga yang berpikir bahwa Daihatsu menjiplak Toyota.

Jelas itu sangat salah. Sebab, yang membedakan dari dua mobil ini terletak pada kelengkapan fitur tambahan, kualitas interior dan ragam aksesoris.

Toyota Avanza juga jadi salah satu mobil paling laris di Indonesia. Bahkan sejak lahir 2003 hingga akhir Desember 2018 atau selama 15 tahun, total penjualan mobil MPV ini tembus di angka 1,7 juta unit.

Fakta lain Toyota Avanza yaitu, mobil tersebut telah lama di ekspor utuh ke sejumlah negara di kawasan Asean, negara-negara Asia, Timur Tengah, hingga Amerika Selatan.

Fakta soal Toyota Avanza berikutnya adalah nama. Ya, nama Avanza bukan diambil dari singkatan atau nama-nama khas Indonesia. Sebaliknya, nama Avanza dicomot dari bahasa Italia, Avanzato yang artinya peningkatan.

 

Baca juga : "Toyota Avanza Jelajahi 45 Kota"

 

Fakta lain dari Toyota Avanza yaitu menjadi pelopor munculnya mobil-mobil Low MPV. Karena penjualan Avanza yang terus mengalami kenaikan, hal ini membuat sejumlah pabrikan otomotif ikut terjun di pasar Low MPV, sebut saja Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Chevrolet Spin, Mitsubishi Xpander sampai terbaru Wuling Confero S.

 

Sejarah Toyota Avanza

Setelah membahas soal fakta-fakta Toyota Avanza, rasanya kurang lengkap jika tak mengupas bagaimana perjalanan si mobil sejuta umat ini hingga sukses sampai sekarang.

 

Generasi Pertama (2003-2011)

Peluncuran Toyota Avanza terjadi pada 11 Desember 2003 atau bertepatan dengan ajang Gaikindo Auto Expo. Kala itu, Toyota Avanza ditawarkan dengan dua pilihan yaitu 1.3 E dan 1.3 G, dengan transmisi manual saja.

Yang membedakan kedua varian ini jelas fitur dan harganya. Untuk model terendah memang minim fitur, salah satunya karena menggunakan pelek kaleng, dan AC belum double blower.

Masuk 2004, Avanza hadir dengan pilihan tertinggi bermesin 1.3 S VVT-i (Variable Valve Timing Intelligence) dan transmisi otomatis empat kecepatan.

Tapi tak hanya mesin, interior dan fitur juga ikut mengalami perbedaan yaitu dilengkapi odometer dan tripmeter digital, serta sistem pengereman sudah menggunakan Anti-lock Braking System (ABS).

Di tahun itu, Toyota Avanza juga menghadirkan edisi spesial dengan dilengkapi transmisi otomatis. Hasilnya, mobil ini terjual 200 unit.

Pada pertengahan 2006, Avanza kembali hadir dengan wajah baru dan menghadirkan New Avanza 1.5 S VVT-i. Hal ini terlihat dari beberapa penyegaran, mulai dari desain eksterior, aksesoris, peningkatan performa serta mesin.

Fitur Toyota Avanza juga lebih lengkap, hal ini berkat kehadiran sensor parkir belakang, teknologi pengereman ABS serta pelek aluminium berukuran 15 inci.

Oh iya, mesin 1.500 cc VVT-i yang digunakan Toyota Avanza ternyata digunakan juga pada Toyota Rush. New Avanza S tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

Sedangkan pada November 2009, Toyota Avanza menghadirkan tipe E dan G yang juga dilengkapi transmisi otomatis dan mulai dipasarkan.

 

Generasi Kedua (2011-sekarang)

Lebih dari tujuh tahun lamanya atau tepa 9 November 2019, lahirlah All New Toyota Avanza yang mengalami ubahan secara keseluruhan atau full model change.

Pada tahun ini pula, Toyota ikut meluncurkan varian baru yakni Veloz yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu Velocity yang artinya kecepatan. Toyota Veloz juga menjadi varian teratas juga menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya.

All New Toyota Avanza juga mengalami ubahan secara dimensi, di mana bentuknya jadi lebih panjang. Selain itu, kabin mobil ini mampu meredam panas sinar matahari dan suara noise. Oh iya, generasi kedua ini hadir pula kursi baris kedua yang dapat digeser maju mundur selain reclining.

Kala itu, Toyota Avanza hanya menawarkan dua pilihan mesin yakni 1.3 liter dan 1.5 liter.

Memasuki Juni 2014, Toyota kembali menghadirkan varian Avanza Luxury sebagai varian paling mewah dari Avanza. Hal ini terlihat dari eksterior dan interior.

Toyota tak mau kalah dengan hadirnya para penantang baru di 2013, mulai dari Suzuki Ertiga maupun Honda Mobilio. Namun begitu, Toyota belum menyerah, bahkan pada 2013, Avanza mengalami peningkatan kualitas dan dibuktikan dengan ditingkatkannya dual SRS Airbag dan menyempurnakan level NVH (Noise, Vibration dan Harshness).

Toyota juga merancang kursi baru lebih tebal dan tiga headrest untuk kursi baris kedua. Setahun sesudahnya atau 2014, Avanza Luxury diperkenalkan dengan sejumlah penambahan ornamen pada bagian eksterior dan interior.

Toyota kembali menghadirkan Avanza terbaru pada 2015 dengan memperkenalkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Ubahan ini ternyata versi facelift kedua.

Tak sekadar facelift, Toyota cukup banyak merombak Avanza, mulai dari penggunaan lampu multi-reflektor, gril, sampai bumper yang berbeda antara Avanza dan Veloz.

Terakhir, pada Januari 2019, Toyota kembali melakukan perubahan pada Avanza baik pada bagian eksterior maupun interior. Ubahan paling mencolok pada Avanza 2019 yaitu lampu depan dengan lampu utama LED terbelah dua, mirip MPV premium Toyota Voxy dan Vellfire.

Toyota Avanza 2019 juga disebut-sebut mengadopsi bahasa desain khas Toyota, Keen Look.

Sebagai mobil sejuta umat, tak ayal Toyota Avanza ini masih menjadi incaran masyarakat Indonesia. Khusus Toyota Avanza bekas, harga jualnya masih relatif baik mengingat peminatnya yang juga tinggi. Tertarik dengan Toyota Avanza bekas, kamu bisa cek disini.

Di mobil88 kamu akan mendapatkan Toyota Avanza dengan kondisi bagus, dengan usia yang tidak terlalu tua. Untuk mengetahui berapa kisaran harga mobil keluarga Toyota Avanza ini, kamu cukup mengecek dan melihatnya langsung disitus resmi www.mobil88.astra.co.id.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan