blog/10-tanda-frustasi

10 Tanda Frustasi

31 Mei 2019

Jika Anda sebelumnya merasa sebagai seorang yang “gila kerja” lalu sekarang merasakan kelelahan yang amat sangat, stress kronis, dan tak lagi semangat hingga menyebabkan prestasi kerja menurun, berhati-hatilah.

Bisa jadi Anda sedang mengalami frustasi. Jika dibiarkan, hal ini dapat mendatangkan malapetaka pada kesehatan, kebahagiaan, hubungan dan prestasi kerja Anda. Berikut adalah 10 tanda bahwa Anda sedang frustasi:

 

1. Kelelahan

Salah satu tanda yang jelas dari frustasi adalah jika Anda merasa lelah sepanjang waktu dan seolah tidak memiliki energi apapun yang bisa dikerahkan. Kelelahan ini bisa secara emosional, mental atau fisik.

 

2. Kurang motivasi

Bila Anda tak lagi merasa antusias terhadap apapun atau tak lagi memiliki motivasi internal untuk pekerjaan, ada kemungkinan Anda mengalami frustasi. Ciri-ciri lainnya adalah mulai merasa berat untuk bangun pagi dan pergi ke kantor.

 

3. Kondisi emosi yang negatif

Saat sedang frustasi, seseorang akan merasa tak peduli lagi akan apa yang dilakukan, atau bahkan kecewa akan segala sesuatu. Orang yang frustasi biasanya juga jadi pesimis terhadap diri sendiri dan sinis terhadap orang lain.

 

4. Masalah kognitif

Saat sedang sedang stres, perhatian akan menyempit dan fokus pada elemen negatif yang dirasakan sebagai ancaman. Dalam jangka pendek, ini membantu mengatasi masalah yang dihadapi. “Tapi sayangnya, tubuh dan otak kita dirancang untuk menanganinya juga dalam jangka pendek. Ketika stres menjadi kronis, fokus sempit ini terus berlanjut untuk waktu yang lama, sehingga jadi sulit berkonsentrasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan, "kata Dr. David Ballard, psikolog di The American Psychological Association.

 

5. Merosotnya performa kerja

Jika Anda tak yakin sedang mengalami frustasi, bandingkan kinerja Anda dengan kinerja di tahun-tahun sebelumnya. Karena kelelahan cenderung terjadi setelah jangka waktu yang relatif lama, maka “menengok” lagi ke masa lalu akan mengungkapkan apakah Anda hanya lelah sementara ataukah mengalami kelelahan kronis.

 

6. Masalah interpersonal di rumah dan di tempat kerja

Masalah ini bisa terjadi karena Anda terlibat banyak konflik dengan orang lain yang disebabkan oleh argumentasi, atau justru menarik diri dari berkomunikasi dengan rekan kerja dan anggota keluarga. Jadi meskipun secara fisik Anda bersama orang lain, namun pikiran Anda tidak.

 

7. Tidak merawat diri

Saat menderita kelelahan dan frustasi, beberapa orang justru menanganinya dengan cara yang tidak sehat, seperti minum minuman beralkohol, merokok, terlalu menyibukkan diri, makan junk food, tidak cukup makan dan tidak cukup tidur, hingga mengonsumsi obat tidur atau minum kopi berlebihan demi memperoleh energi untuk bekerja.

 

8. Bekerja meski sedang tak di tempat kerja

Jika Anda bekerja di luar jam kerja, misalnya membawa pekerjaan ke rumah, maka ini dapat mengganggu kemampuan Anda untuk pulih dari stres di hari itu. Dalam rangka memulihkan, Anda perlu waktu untuk diri sendiri setelah jam kerja. Di waktu itu, bahkan Anda harus berhenti sama sekali memikirkan pekerjaan.

 

9. Menurunnya kepuasan

Ini merupakan kecenderungan untuk merasa kurang bahagia dan kurang puas terhadap karir dan kehidupan pribadi. Anda akan merasa tidak puas atau bahkan merasa terjebak ketika dihadapkan pada apapun yang terjadi di rumah, komunitas atau kegiatan sosial Anda.

 

10. Masalah kesehatan

Selama jangka waktu yang panjang, stres kronis yang serius dapat menimbulkan masalah kesehatan yang nyata, seperti masalah pencernaan, penyakit jantung, depresi dan obesitas.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan