blog/Bagian-Mobil-yang-Wajib-Dicek-Sebelum-Mudik

Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Mudik

24 Mei 2019

Di musim mudik ini sudah menjadi rutinitas warga Ibukota dan kota-kota besar lainnya untuk melakukan perjalanan jauh untuk kembali ke kampung halaman. Nah, jika Anda berencana untuk menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya mempersiapkan kendaraan Anda dengan baik sebelum menempuh perjalanan jauh ini.  

Masyarakat yang melakukan mudik ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi wajib melakukan pengecekan ke bengkel. Tujuan utama demi meningkatkan keamanan dan juga kenyamanan penumpang selama di perjalanan.

Sebab, tujuan mudik rata-rata menempuh ratusan kilometer sehingga kondisi kendaraan pun dipastikan harus selalu fit. Jika tidak, di tengah jalan bisa mengalami masalah seperti mogok dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan sebelum berangkat mudik. Pertama tentunya melakukan servis rutin atau servis berkala pada kendaraan Anda. Yang perlu diganti biasanya meliputi cairan-cairan pada mobil, seperti pelumas mesin, minyak rem, dan juga air radiator.

Cek jika volume oli berkurang agar segera dilakukan penambahan. Periksa juga kelistrikan dan air aki. Pemeriksaan dilakukan dengan melihat apakah ada kebocoran arus yang membuat aki tidak bisa menyimpan tenaga listrik dalam waktu lama. Air aki yang kurang juga dapat merusak komponen lain di kendaraan.

Kemudian periksa kondisi air radiator, pengecekan ini penting untuk melihat sistem pendinginan mesin. Jangan sampai air radiator kurang karena dapat menyebabkan overheat. Pemeriksaan volume minyak rem dan minyak kopling ini tidak kalah penting. Rem merupakan perangkat vital selama perjalanan. Pemeriksaan melihat apakah minyak mengalami kebocoran atau tidak. Selain itu Anda juga harus memeriksa kondisi kampas rem sebelum mudik, karena piranti kecil ini punya fungsi yang selaras dengan minyak rem.

Kemudian juga melakukan pengecekan pada sistem penerangan dan lampu-lampu. Terutama jika Anda terpaksa untuk pergi di malam hari. Kondisi kelistrikan dan bohlam juga tidak kalah penting untuk memastikan lampu utama, sein dan lampu lain tetap bekerja.

Yang terakhir tentunya periksa tekanan angin pada ban. Ini dilakukan untuk mencegah pecah ban di perjalanan mudik. Tekanan ban yang normal juga membuat kestabilan kendaraan lebih baik. Selain itu, mengecek tekanan ban sebelum bepergian jauh dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan juga untuk orang lain, karena hal ini dapat mencegah terjadinya kejadian yang tak diharapkan.

Apabila musim hujan, tidak ada salahnya juga untuk mengecek kondisi karet wiper, usahakan semua komponen berfungsi dengan normal.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan