/blog/Untung-Rugi-Beli-Mobil-Bekas-Secara-Kredit

Untung Rugi Beli Mobil Bekas Secara Kredit

30 Apr 2019

Metode pembelian mobil bekas terdiri dari dua cara, yaitu tunai dan kredit. Biasanya orang Indonesia memanfaatkan proses pembayaran dengan cara dicicil hingga waktu yang telah disepakati atau disediakan oleh perusahaan pembiayaan.

Tetapi perlu diketahui bahwa beli mobil bekas secara tunai juga kredit ada untung dan juga ruginya. Sekarang ini coba dibahas mengenai keuntungannya beli mobil bekas menggunakan skema kredit.

Tentu saja konsumen untung karena besaran cicilan bisa disesuaikan atau sesuai dengan kemampuan finansial, karena harga mobil bekas relatif lebih murah ketimbang beli mobil baru.

Keuntungan lain, uang muka juga bisa disesuaikan atau pakai skema down payment rendah dan angsuran ringan. Terakhir tenor yang ditawarkan oleh leasing juga cukup panjang, untuk kredit mobil bekas bisa sampai 5 tahun.

Sekarang beralih ke kerugian beli mobil bekas secara kredit. Paling utama, harganya menjadi lebih bengkak karena leasing membebankan bunga kepada konsumen tersebut.

Sebagai contoh, harga mobil Rp 100 juta, jika dicicil hingga lima tahun bisa secara total mencapai Rp 125 juta hingga Rp 130 juta yang harus dibayarkan oleh konsumen tersebut.

Selanjutnya, semakin lama tenor yang diambil maka umur dari mobil itu pun semakin tua, artinya biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen menjadi lebih besat karena otomatis ada biaya tambahan seperti memperbaiki komponen yang rusak.

Petimbangan lain, kita harus jeli memeriksa kondisi mobil. Namanya juga mobil bekas, pasti kondisinya tidak akan semulus mobil keluaran baru dari pabrik.

Biasanya ada saja komponen yang harus diganti. Paling umum, kita harus menyiapkan dana perbaikan lebih kurang 10 persen dari harga mobil.

Namun, biaya tersebut bisa saja jadi nol kalau kita beli mobil bekas berkualitas yang kondisinya masih oke sehingga tidak perlu perbaikan. Mobil bekas seperti ini yang kami tawarkan di gerai mobil88.

Kalau beli mobil di mobil88, sudah ada buyback guarantee yang berarti mobil dijamin tidak bekas tabrak yang bisa berefek pada rangka. Lalu, kendaraan juga bukan bekas banjir yang bisa menyebabkan karat dan keropos, selain masalah kelistrikan. Jaminan ini juga berarti dokumen terjamin, baik nomor rangka dan mesin yang sesuai STNK.

Terlebih lagi di showroom mobil bekas kami, mobil88, opsi kredit memang tersedia. Kalau sudah sudah yakin dengan mobil yang hendak dibeli, barulah siapkan kebutuhan pengajuan kreditnya.

Biasanya, dokumen-dokumen untuk pengajuan kredit yang harus dilengkapi yaitu KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, rekening koran, Surat Keterangan Domisili dan syarat-syarat lainnya.

Masih cari-cari mobil bekas yang berkualitas? Bisa coba lihat pilihan mobil di gerai kami secara online di sini ya.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan