×

blog/apa-itu-ppnbm-dan-bagaimana-cara-menghitungnya

Apa itu PPnBM? dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

01 Apr 2021

Belakangan ini sedang ramai berita tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM). Agar mendorong industri otomotif bergerak lagi, pemerintah memberikan insentif kepada produsen mobil, yakni tidak dikenakan tariff pajak PPnBM sampai 0%.

PPnBM merupakan salah satu pajak yang cukup signifikan dalam komponen penyusun harga mobil yang dijual di Indonesia. Merujuk pada Pasal 8 UU Nomor 42 Tahun 2009, tarif PPnBM yang paling rendah ditetapkan sebesar 10% dan paling tinggi 200%. Kemudian timbul pertanyaan, sebenarnya PpnBM itu apa sih?

Apa itu PpnBM?

PPnBM adalah pungutan tambahan setelah atau di samping Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Itu sebabnya, dalam pengertian PPnBM, pajak ini bukanlah pajak yang dapat dikreditkan sebagaimana yang berlaku pada pajak PPN.

Jika pajak PPN dipungut pada setiap lini transaksi alias dikenakan pada setiap pertambahan nilai dari barang atau dagang (setiap transaksi), maka PPnBM artinya pajak yang hanya dipungut sekali saja. 

Baca juga : Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Online, Begini Caranya

Tarif PPnBM dikenakan yakni pada saat impor barang kena pajak (BKP) yang termasuk mewah atau saat penyerahan BKP mewah yang dilakukan oleh pengusaha yang merupakan produsen atau pabrikan dalam negeri dari BKP yang tergolong mewah tersebut. 

Perbedaan lainnya, PPN adalah pajak tidak langsung karena langsung dipotong saat transaksi dan ditanggung oleh konsumen atau pembeli. Sementara PPnBM adalah pajak yang disetorkan oleh produsen atau pihak penjual alias pajak langsung, karena pajak akan dibebankan pada konsumen dalam harga jual. 

Pihak penjual tersebut yang akan memungut, menyetorkan, dan melaporkan PPnBM sehingga pihak penjual dikenal dengan istilah Pengusaha Kena Pajak atau PKP.

Cara menghitung PPnBM

Insentif PPnBM 0% ini juga memiliki syarat mutlak, yaitu semua mobil tersebut sudah memenuhi kriteria mesin di bawah 1.500 cc, berpenggerak 4x2, diproduksi lokal dengan local purchase minimal 70%.

Sebagai ilustrasi, Toyota Yaris tipe terendah dikenakan estimasi PPnBM 10% dari harga jual atau sekitar Rp 26,6 juta. Lantas, tinggal mengurangi harga jual (Rp 257,7 juta) dengan PPnBM (Rp 26,6 juta). 

Maka hasilnya didapat Rp 239,6 juta. Sementara untuk tipe tertingginya memiliki PPnBM Rp 30,4 juta. Harga jual sebesar Rp 304,2 juta dikurangi Rp 30,4 juta, maka harga yang ditawarkan menjadi Rp 273,8 juta.

Baca juga : Cara Cek BPKB Online dan STNK, Punya Kamu Asli atau Palsu?

Skema hitungan yang sama juga bisa diterapkan kepada mobil-mobil lainnya. Walau demikian, analisis ini sebetulnya masih kasaran semata untuk memudahkan konsumen dalam menganalogikan insentif yang diberikan pemerintah.

Pasalnya, PPnBM dikenakan pada harga mobil dengan status off-the road. Sedangkan harga mobil baru yang ditawarkan ke konsumen biasanya sudah terbebani dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang dikenakan berbeda-beda tergantung provinsi di Indonesia.

Hitungan PPnBM yang sedang ramai ini berlaku untuk mobil baru yang tentu masih tetap mahal. Kalau kamu ingin mencari mobil yang lebih baru tapi dananya terbatas, kamu bisa jual mobil lama kamu lebih dulu di mobil88 lho. 

Ya, di mobil88 kini tidak hanya bisa beli mobil bekas, tapi juga bisa menjual mobil lama dengan cepat. Kamu tidak perlu repot-repot menjual di banyak marketplace yang pastinya butuh waktu lama untuk mencari pembelinya. Di mobil88, cukup isi formulir yang ada di halaman ini : https://www.mobil88.astra.co.id/mobil88/in/hubungi-kami/sell-car , caranya mudah dan prosesnya juga tidak berbelit-belit. 

Setelah mengisi form tersebut, tim mobil88 akan menghubungi kamu untuk bisa dilanjutkan ke proses menaksir secara langsung dan memberikan penawaran harga yang fair dengan nilai yang sesuai kondisi kendaraan kamu. Jika ada kesepakatan, proses transaksi dilakukan langsung di cabang terdekat atau di rumahmu. Mudah, bukan?

Setelah deal, kamu pun akan segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu yang 1x24 jam. Semua proses ini kamu juga tidak akan dikenakan biaya perantara atau komisi apapun kepada siapapun termasuk staff mobil88. Untuk informasi lebih lanjut hubungi 0804-1-000088. Kunjungi juga www.mobil88.astra.co.id 

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan