blog/apa-yang-harus-diperhatikan-saat-tukar-tambah-mobil

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Tukar Tambah Mobil

31 Mei 2019

Sama dengan membeli mobil bekas, saat memutuskan tukar tambah mobil lama dengan mobil tipe terbaru juga harus penuh perhitungan. Mobil yang terlihat mulus dari luar, belum tentu mobil tersebut kondisinya baik. Ada sebagian oknum penjual mobil bekas yang memoles mobil bekas banjir sehingga terlihat memukau, seolah-olah mobil tersebut dalam kondisi normal.

Ada puluhan poin pengecekan yang harus dilakukan sebelum membeli mobil bekas. Iya, puluhan hal yang harus diperiksa. Logikanya mudah, jika ingin membeli suatu produk, seperti baju atau tas, pembeli pasti akan memeriksa kondisi barang tersebut berkali-kali, apalagi ketika ingin membeli mobil.
Ini dia yang harus kita lakukan sebelum tukar tambah mobil lama. Biarpun pilihan jatuh pada mobil bekas, tetap pastikan kualitasnya baik dan layak. Berikut yang harus diperhatikan yang dapat mobil88 paparkan:

 

1. Cek apakah sistem pendingin mesin bekerja normal.

Cek apakah mobil bekas tersebut responnya cepat dan tepat saat distarter, terutama dalam kondisi mesin dingin. Apakah mobil bekas itu dalam kondisi normal saat dipanaskan.

 

2. Cek suhu mesin mobil apakah normal, saat mesin dihidupkan.

Saat distarter, apakah suhu mesin mencapai suhu ideal sesuai rekomendasi pabrikan. Pun cek kondisi kipas pada mesin

 

3. Apakah pedal rem berfungsi normal?

Apakah terdapat getaran dan suara berisik saat pedal rem diinjak? Apakah rem tangan berfungsi normal? Pastikan kembali kalau rem masih bisa bekerja optimal.

 

4. Cek apakah sabuk pengaman berfungsi normal dan mudah digunakan.

Kebanyakan mobil yang tak layak memiliki sabuk pengaman yang sudah kendor sehingga fungsi keamanannya tidak efektif.

 

5. Apakah transmisi bekerja normal?

Pada transmisi otomatis, cek apakah transmisi tersebut bekerja normal, terutama pada kondisi cuaca dingin.

 

6. Cek apakah kemudi atau stir berfungsi normal.

Perhatikan apakah stir tetap dalam keadaan normal, saat mobil dikendarai, tidak cenderung ke kiri atau ke kanan. Lakukan uji berkendara pada berbagai jenis permukaan jalan (jalan basah, kering, berlumpur, berlubang dan lain-lain).

 

7. Cek apakah wiper kaca depan berfungsi normal.

Pun cek apakah wiper kaca belakang berfungsi normal. Yang tak boleh lupa, cek kondisi bilah wiper, apakah kondisinya normal. Bilah wiper yang sudah rusak akan merusak atau menggores kaca depan mobil.

 

8. Cek apakah speedometer berfungsi normal.

Perhatikan juga kilometer mobil dan sesuaikan dengan tahun produksi mobil. Ricek keaslian odometernya.

 

9. Cek kondisi AC (Air Conditioner) apakah bekerja normal, menimbulkan aroma aneh atau tidak.

 

10. Perhatikan, apakah terdapat getaran atau suara berisik pada kompartemen mesin ketika mesin hidup.

Rasakan dan perhatikan saat melakukan uji berkendara, apakah terdapat getaran atau ada bunyi yang menggangu. Pastikan tidak ada suara berisik yang muncul pada bagian dalam mobil, saat mobil dikendarai

 

11. Cek seluruh permukaan bodi mobil.

Mulai kondisi bagian bawah mobil sampai kondisi kolong mobil cek apakah terdapat kebocoran atau kerusakan pada sistem suspensi atau tidak.

 

12. Cek kondisi lampu belakang, kondisi lampu rem.

Pun cek apakah terdapat keretakan atau goresan pada lampu mobil. Cek apakah panel instrumen atau lampu indikator berfungsi normal. Jangan lupa cek fungsi lampu sein dan hazzard.

 

13. Cek fungsi pintu, jendela, dan kaca spion pada mobil.

Selalu pastikan kesemuanya bisa mengoptimalkan pengemudi untuk berkendara aman dan selamat sampai tujuan.

 

14. Terakhir, jangan luput dari sistem hiburan yang diberikan mobil.

Cek bagaimana sistem audio di dalam mobil. Pastikan kesemuanya masih berfungsi dengan baik.

 

Memang ada banyak poin detail yang harus kita lakukan sebelum tukar tambah mobil. Namun, mengeceknya tidak akan merugikan dan malah akan membantu untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas.

 

Setelah mengecek kondisi mobil dari keefektifan fungsi kerjanya, kita juga harus mempertimbangkan tentang kesiapan kita untuk memiliki mobil. Maka dari itu, sebelum tukar tambah, perhatikan hal berikut:

- Cek kemampuan keuangan. Jangan memaksakan diri. Pastikan menukar mobil dengan tambahan yang masih rasional untuk anggaran yang kita siapkan.

- Jangan membeli mobil bekas yang memiliki indikasi bahwa mobil bekas itu memiliki permasalahan teknis karena hal itu akan menjadi beban biaya di masa depan.

- Jangan mudah tergiur dengan harga mobil bekas yang sangat murah, jauh dibawah harga pasaran. Cari mobil bekas yang kondisinya terawat dengan baik. Lakukan pengecekan terhadap riwayat kendaraan.

- Jangan menukar mobil lama dengan mobil bekas yang bermasalah pada mesin atau sistem transmisi, serta kondisi mobil berkarat.

- Jangan membeli mobil bekas banjir atau mobil bekas tabrakan. Walaupun telah diperbaiki dengan cara sehebat apapun, mobil bekas banjir atau mobil bekas tabrakan, tidak akan pernah pulih kembali kondisinya, seperti kondisi mobil normal.

Hitung juga berapa perkiraan biaya perawatan mobil yang ditukarkan. Pastikan sudah mengetahui rata-rata nominal biaya yang harus dikeluarkan secara rutin.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan