/blog/artis-kena-tipu-ini-modus-oknum-oknum-penjual-mobil-bekas

Artis Kena Tipu, Ini Modus Oknum-Oknum Penjual Mobil Bekas

21 Mar 2019

Beli mobil seken bisa dibilang susah-susah gampang. Adakalanya, pembeli tidak luput dari penipuan, bahkan salah satu korbannya adalah artis televisi.

Artis komika Arafah Rianti seperti banyak dikabarkan terkena kasus penipuan jual beli mobil seken pada Juli 2017 lalu.

Saat itu, ia bermaksud menambahkan uang bagi kakaknya untuk membeli sebuah MPV dari seseorang, dengan tabungannya selama menjadi komika.

Namun, uang sudah dibayarkan, BPKB mobil tidak kunjung diberikan. Rupanya mobil masih dalam status kredit, dan belum lunas sehingga ditahan lembaga pembiayaan yang memberikan kredit.

Masih dari kalangan selebritas, tahun 2015 lalu, presenter Ratu Givana tertipu saat ingin memiliki mobil mewah yang bisa diperoleh melalui arisan. Menurut pelakunya, mobil itu dijual di bawah harga pasaran.

Lama tak ada kabar karena asalan urus surat-surat, Ratu Givana tidak dapat apa-apa, sampai akhirnya pelaku dilaporkan ke polisi.

Baca juga: "Sebelum Beli Mobil Seken Cek Dulu Sejarahnya Jangan Sampai Terjerat Masalah Hukum!"

Kejadian yang menimpa Arafah dan Ratu Givana hanyalah satu dari sekian banyak kasus penipuan surat-surat dalam jual-beli kendaran seken.

Modusnya bahkan beragam, dari menghapus nomor rangka mesin, hingga memalsukan surat-surat, entah dengan mencetak semirip mungkin menggunakan logo Samsat hingga menghapus data STNK asli, seperti dibahas di "Masa Iya, Mobil Bisa Punya Dokumen Palsu?"

Mesti waspada, makanya, saat kita mau beli mobil seken. Memilih tempat membeli mobil seken sudah barang tentu harus jadi perhatian.

Kalau khawatir dengan kejadian di atas, maka yang dibutuhkan adalah gerai yang bisa memberikan jaminan, seperti di mobil88.

Gerai kami yang bernaung dalam PT Serasi Autoraya (SERA) dan merupakan perusahaan Astra ini punya jaminan bernama buyback guarantee.

Surat-surat mobil yang dijual dijamin sudah sesuai nomor rangka dan mesin, tetapi juga ada jaminan asli.

Jaminannya bahkan bukan cuma itu. Ada juga garansi bahwa mobil bukan bekas terkena banjir, bukan bekas tabrakan, dan kilometernya asli tidak diutak-atik. Sudah percaya kan? Yuk cari mobil impianmu di sini.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan