/blog/bahaya-membeli-mobil-terbelit-kasus-hukum

Bahaya Membeli Mobil Terbelit Kasus Hukum

Mengetahui dan memahami riwayat mobil bekas yang akan kita beli adalah penting. Bukan sekadar keaslian dokumen, kelayakan kondisi, dan keindahan tampilan, sejarah pemilik mobil sebelumnya haruslah kita ketahui juga pelajari.

Mobil sering menjadi tempat cuci uang bagi sebagian pengusaha, konglomerat, bahkan pejabat. Dan, bisanya orang-orang tersebut sengaja membeli mobil untuk menghindarkan diri dari masalah hukum sebab uang yang digunakan tidak halal.

Kebanyakan juga mobil adalah harta gono gini bagi sepasang suami istri. Saat mereka bercerai, mobil tersebut bisa menjadi sengketa yang kemudian menyebabkan pertengkaran bahkan masalah hukum perdata.

Adalagi mobil bekas dijual adalah mobil bermasalah hukum karena mobil yang menjadi jaminan hutang atau mobil yang menjadi hutang.

Penjual mobil bekas nakal tidak akan segan memanfaatkan peluang menjual mobil bekas bermasalah hukum ini. Apalagi biasanya mobil memiliki nominal yang tidak pasti karena dokumennya masir terbelit kasus hukum. Alhasil, penjual mobil nakal akan menjual dengan harga menggiurkan calon pembeli.

Melihat fenomena yang ada, sudah sepantasnya kita yang ingin membeli mobil bekas harus mengetahui riwayat kepemilikan mobil dan bagaimana status dokumen-dokumennya.

Bahaya serius bisa menerjang karena kita memiliki mobil dengan status tidak baik. Yang paling parah adalah mobil disita dan kita tidak akan mendapatkan ganti rugi apa pun dari pengambilan mobil bekas yang dibeli.

Sudah harus disita negara, mobil bekas yang terbelit kasus hukum akan menyusahkan kita sebagai warga. Bisa saja kita disangkutpautkan dengan kasus yang membelit mobil. Dan akhirnya, kita harus masuk dalam proses pengadilan untuk menjadi saksi. Bahkan, apeknya kita bisa jadi tersangka karena menggunakan mobil bekas bermasalah hukum tersebut.

Seram bukan? Jadi, membeli mobil bekas tidak boleh asal bagus dan asal lengkap dokumennya. Tetapi, kita juga harus mengetahui riwayat penggunaan dan kepemilikan mobil itu. (SSA)

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan