/blog/bahaya-muatan-mobil-yang-berlebih-bisa-bikin-celaka

Bahaya, Muatan Mobil yang Berlebih Bisa Bikin Celaka

19 Mar 2019

Sering kali kita melihat mobil membawa tumpukan barang pada roof trail-nya ketika mudik. Saking banyaknya, mobil kelihatan oleng setiap kali melewati tikungan.

Familiar dengan situasi ini? Atau, jangan-jangan kita melakukan hal sama saat mudik? Hati-hati dengan kebiasaan tersebut karena mobil sebenarnya punya batas daya angkut. Muatan yang melebihi daya angkut bisa membahayakan penumpang. Mobil bisa terganggu keseimbangannya sehingga mudah oleng dan susah dikendalikan saat melewati permukaan jalan yang licin.

Beban mobil di sini bukan hanya berasal dari muatan barang saja ya, melainkan juga berasal dari bobot bodi mobil dan mesin itu sendiri. Barang bawaan di dalam bagasi atau roof trail otomatis menambah total beban kendaraan.

Perlu juga diingat, mobil bukan gudang yang bisa sembarangan dimasukkan banyak barang. Di dalam mobil juga ada penumpang yang tentu butuh kenyamanan. Kalau terlalu banyak barang, ruang gerak jadi minim. Sampai di kampung halaman, badan bisa-bisa terasa remuk redam saking lelahnya.

Apalagi, bobot berlebihan pada mobil juga tidak baik buat isi dompet. Beban yang terlalu berat akan menguras tenaga penggerak mobil, yang bersumber dari bahan bakar. 

 

Otomatis bahan bakar jadi lebih boros.

Oleh karena itu, sebaiknya kita menghindari membawa barang terlalu banyak ketika mudik. Pilih barang bawaan yang benar-benar perlu. Kalau memang tidak cukup, kita bisa mengakali dengan mengirimkan sisa barang lewat jasa kurir.

Nah, supaya kita bisa mengukur mana barang yang muat untuk di bawa di dalam mobil, sebaiknya kita tahu berapa daya angkut mobil kita. Rumusnya mudah, daya angkut sama dengan berat maksimum mobil (gross vehicle weight) dikurangi berat kosong mobil (curb weight).

Misalnya, mobil Innova memiliki berat maksimum 2.130 kilogram dan berat kosong 1.525 kilogram, maka daya angkutnya adalah 2.130 – 1.525 = 605 kilogram. Jika Innova diisi 7 penumpang dengan berat per orang rata-rata 65 kilogram, beban penumpang sudah 455 kilogram.

Artinya, barang bawaan yang masih bisa diangkut oleh mobil adalah daya angkut dikurangi berat penumpang, yakni 605 – 455 = 150 kilogram. Jika barang bawaan melebihi jumlah ini, sebaiknya paketkan saja sebagian ke kampung.

Untuk informasi besaran gross vehicle weight dan curb weight dapat dilihat di buku manual mobil. Atau, jika ingin cara lebih mudah, berikut ini beberapa data daya 

 

angkut mobil yang banyak digunakan di Indonesia:

 

Toyota Rush : 450 kilogram

 

Toyota Fortuner : 555 kilogram

 

Toyota Fortuner 2.5 Diesel : 570 kilogram

 

Toyota Avanza : 540 kilogram

 

Daihatsu Terios : 450 kilogram

 

Daihatsu Xenia 1.0 : 545 kilogram

 

Daihatsu Xenia 1.3 : 550 kilogram

 

Daihatsu Granmax : 890 kilogram

 

Daihatsu Luxio : 800 kilogram

 

Suzuki APV : 790 kilogram

 

Suzuki Ertiga : 600 kilogram

 

Honda Mobilio : 715 kilogram

 

Nissan Grand Livina : 560 kilogram

 

Nissan X Trail : 550 kilogram

 

Mitsubishi Pajero Sport : 705 kilogram

 

Nah, kalau saat ini kamu masih mencari kendaran mudik, mungkin data di atas bisa jadi pertimbangan dalam memilih tipe mobil yang cocok dengan kebutuhanmu. Bisa diperkirakan jumlah keluarga yang akan ikut mudik, lalu barang apa saja yang mungkin dibawa. Jangan sampai ketika sudah beli mobil, ternyata kapasitasnya kurang.

Untuk kebutuhan tersebut, kamu bisa melihat-lihat beragam pilihan mobil yang ditawarkan showroom mobil88. Kami memiliki banyak mobil dari segala merek dan tipe, bisa dilihat dulu stoknya di halaman ini. 

Beli mobil di mobil88 tidak akan bikin rugi karena kami memberikan jaminan berupa buyback guarantee.  Kami memastikan bahwa setiap mobil yang dijual ke konsumen bukan bekas banjir, bukan bekas tabrak, dokumennya asli dan lengkap, juga odometernya tidak diutak-atik.

Selain itu, kami juga punya layanan after-sales*, di antaranya Emergency Road Assistance  yang sangat berguna untuk perjalanan mudik, free insurance, dan free car detailing. Jadi, sudah ada gambaran ingin mudik pakai mobil apa?

 

*Syarat dan ketentuan berlaku

 

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan