/blog/beberapa-kategori-mobil-yang-patut-diketahui

Beberapa Kategori Mobil yang Patut Diketahui!

01 Mar 2019

Ada beberapa kategori mobil yang sering kita jumpai berciri khas dilihat dari karakter dan bentuk mobil. Memang pada dasarnya tidak ada definisi yang baku untuk masing-masing kategori karena setiap pabrikan memiliki definisi sendiri dan berkembang seiring kemajuan zaman dan teknologi. Disini kita akan bahas kategori mobil yang sering kita lihat.



Sedan/Saloon
adalah mobil double cabin yang memiliki 4 atau 2 pintu penumpang, dan ditambah 1 pintu bagasi yang terpisah dari kabin penumpang. Biasanya mobil sedan/saloon identik dengan kenyamanan dan elegan. Mercedes-Bens S-Class, BMW Seri 5, Toyota Corolla Altis adalah beberapa contoh dari mobil jenis sedan/saloon.



Station Wagon
adalah mobil seperti sedan yang memiliki triple cabin dengan bagian belakang bagasi yang menyatu dengan kabin penumpang atau banyak yang menyebutnya dengan minivan. Jenis ini cocok untuk mobil keluarga yang senang berjalan bersama didalam kota. Contohnya Honda Stream, Toyota Wish.



Hatchback
adalah mobil yang menyatukan kabin penumpang dengan ruang bagasi. Jok bagian belakang dapat dilipat untuk memaksimalkan ruang bagasi. Rata-rata hatchback memiliki 5 pintu dengan 4 pintu penumpang dan 1 pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang. Serupa dengan wagon hanya saja jenis hatchback berukuran lebih kecil dan lincah sehingga mobil ini juga dikenal dengan City Car. Toyota Yaris dan Honda Jazz adalah 2 dari beberapa hatchback yang ada di Indonesia.



Coupe dan Convertible
. Coupe merupakan varian dari sedan dengan 2 pintu penumpang.  Karakter mobil ini sangat identik dengan Sport Car atau Super Car . Sedangkan convertible memiliki bentuk yang mirip dengan coupe tetapi dengan atap yang dapat dibuka. Untuk kedua jenis mobil ini di Indonesia anda harus merogoh kocek lebih dalam karena rata-rata kendaraan ini tergolong mobil kelas premium.



Sport Utility Vehicle (SUV) adalah kendaraan penumpang yang memiliki kemampuan untuk mengangkut penumpang sekaligus barang dengan lincah. Mobil jenis ini biasanya memiliki penggerak 4 roda dan bermesin dengan kapasitas 2000cc atau lebih agar dapat menaklukan medan off-road.  Di Indonesia, ada beberapa SUV yang hanya memiliki penggerak 2 roda seperti Toyota Fortuner, Honda CR-V.  Tipe SUV juga memiliki subcategory dengan nama Compact SUV yang memiliki kapasitas mesin lebih kecil seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios.



Multi Purpose Vehicle (MPV) adalah mobil penumpang yang memiliki ruang kabin yang luas. Biasanya kendaraan jenis ini dapat diisi oleh 7 penumpang, bahlan lebih. MPV sangat cocok untuk digunakan oleh keluarga yang sering berekreasi bersama. Toyota Alphard, Toyota Kijang Innova dan Toyota Avanza.



Pick-Up merupakan jenis mobil pengangkut barang dengan bagasi terbuka dibagian belakang. Adapula varian dari jenis mobil ini yaitu Single Cabin dan Double Cabin. Single Cabin  memiliki 2 pintu penumpang, sedangkan Double Cabin dapat menampung jumlah orang lebih banyak dengan 4 pintu penumpang. Di Indonesia, kita sering melihat pick-up single cabin dengan ukuran kecil yang sering digunakan orang untuk mobil niaga. Sedangkan Double Cabin dengan mesin yang berkapasitas mesin lebih besar dapat dijumpai di daerah tambang, perkebunan dan bahkan di kota besar.

Nah demikian beberapa kategori mobil yang dapat kita temukan di Indonesia. Ternyata tidak semua mobil rendah itu sedan atau mobil yang tinggi itu SUV. Tetapi dengan melihat bentuk dan karakter mobil, kita dapat mengklasifikasikan jenis mobil-mobil tersebut.  Jadi anda dapat memilih mobil sesuai dengan kebutuhan dan karakter anda.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan