/blog/blok-silinder-pada-mesin-mobil

Blok Silinder pada Mesin Mobil

Blok silinder terdiri dari beberapa piston yang disematkan di dalamnya. Piston inilah yang bergerak naik turun di dalam blok silinder.

Blok silinder, silinder head, dan crankcase merupakan komponen utama pada mobil. Blok silinder terdiri dari piston, port yang terkait dengan katup dan bagian yang mendukung aliran air.

Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik.

Komposisi material pada blok silinder :
- Besi 95%
- Karbon 2,2%
- Sulfur 0,12%
- Fosfor 0,85%

Blok silinder berfungsi, sbb:
- Bagian bawah blok silinder berfungsi untuk menyokong crankshaft.

- Sistem penghisapan udara dan sistem pembuangan disematkan pada bagian samping blok silinder (pada head engine yang berbentuk L)

- Pada engine head berbentuk I, blok silinder disematkan pada silinder head. Bagian lainnya berhubungan dengan sistem pembakaran dan pompa bahan bakar.

- Air yang berfungsi mendinginkan mesin mengalir melintasi silinder, katup, dan busi.

- Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.

Melepas Baut Silinder Head

Baut pada silinder head berfungsi untuk mempertahankan posisi yang tepat pada blok mesin. Pemindahan yang tidak tepat akan merusak silinder head atau mesin. Hal ini akan menyedot biaya perbaikan yang sangat besar.

Berikut ini beberapa hal penting terkait cara melepas baut pada silinder head :

- Bersihkan kotoran atau debu yang ada di permukaan mesin, gunakan kompresor untuk membersihkannya.

- Lepaskan aksesori dan komponen yang berada di sekitar silinder head, seperti filter udara dan komponen lainnya.

- Lepaskan penutup katup yang berada diatas silinder head mesin lalubersihkan area di sekitar silinder head.

- Siapkan peralatan untuk melepas baut pada silinder head. Siapkan kunci soket. Perhatikan ukuran soket yang akan digunakan. Dan,longgarkan baut pada silinder head.

- Lepaskan baut secara tepat agar tidak terjadi kerusakan pada kepala gasket.

Membersihkan Silinder Head

Silinder head pada mesin mobil memiliki mekanisme yang kompleks. Hal tersebut berkaitan erat dengan berbagai saluran, oli, cairan pendingin dan komponen lainnya. Sehingga kebersihan silinder head harus diperhatikan.

Berikut ini beberapa cara untuk membersihkan silinder head pada mesin mobil :

- Bersihkan kotoran yang menempel pada silinder head menggunakan kain lap. Gunakan pembersih yang memiliki kandungan minyak tanah untuk membersihkan kotoran tersebut.

- Siram silinder head menggunakan air panas yang telah dicampur soda atau deterjen. Penggunaan kombinasi campuran tersebut akan membersihkan kotoran pada celah-celah atau lubang silinder head.

- Bersihkan kotoran yang melekat pada lubang atau celah-celah silinder head, gunakan sikat atau cairan pembersih khusus.

- Gunakan kompresor bertekanan tinggi untuk membersihkan silinder head. Tapi, jika silinder head sudah termasuk kategori “tua’ hindari penggunaan kompresor bertekanan tinggi, karena hal itu justru akan merusak silinder head.

- Setelah proses pembersihan, keringkan silinder head. Letakkan di tempat terbuka, biarkan silinder head tersebut kering secara alamiah (terkena angin dan sinar matahari). (HDR)


Img source: pelicanparts.com

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan