blog/bukan-hanya-pajangan-inilah-fungsi-selector-3-2-l-dan-lainnya-di-mobil

Bukan Hanya Pajangan, Inilah Fungsi Selector 3,2,L dan Lainnya di Mobil matic

26 Okt 2020

Kemacetan yang sering melanda kota kota besar di Indonesia tentu membuat pemilihan mobil dengan transmisi matic menjadi solusi. Kemudahan operasional dan ketiadaan kopling yang membuat kaki kiri pegal tentu menjadi sebuah angin segar bagi para pengemudi mobil di kota kota besar yang setiap hari berjibaku dengan kemacetan yang parah.

Hal ini juga yang menyebabkan bertambahnya volume mobil matic di kota kota besar. Mulai dari kendaraan level LCGC hingga kendaraan level Premium semua mempunyai pilihan transmisi otomatis untuk mempermudah pengemudinya.

Penggunaan transmisi matic pun sangat mudah. Biasanya kamu cukup memindahkan tuas selektor transmisi ke posisi D (Drive) untuk berkendara maju, selektor N (Netral) untuk posisi kendaraan stop, posisi R (Reverse) untuk memundurkan kendaraan dan selektor P (Park) untuk parkir kendaraan dan mengunci transmisinya.

Namun banyak dari kita yang tidak tahu posisi tuas selektor lain semisal posisi 3, 2, L dan Overdrive pada transmisi matic. Padahal dari setiap posisi ini tentu ada maksud dan kegunaannya sendiri sendiri lho. Berikut adalah fungsi dari posisi selektor transmisi matic yang wajib kamu ketahui

 

Baca Juga : Perbedaan Merawat Mobil Transmisi Matic dan Manual

 

Posisi Selektor 3, 2 / S

Di posisi selektor mengarah ke angka 3 atau 2, hal ini menunjukkan gigi maksimum yang dipilih ketika berkendara. Ketika kamu mengeset posisi selektor di posisi 2 maka mobil kamu hanya bisa berjalan dengan posisi gigi paling tinggi di gigi 2. Begitupun apabila kamu memasukkan posisi selektor di posisi 3.

Kegunaan posisi selektor ini adalah untuk menanjak dan menurun. Isu mobil matic susah menanjak dan minim efek engine brake tentu menjadi sebuah mitos apabila mengetahui fungsi selektor angka ini. Ketika menanjak kita dapat memindahkan posisi gigi ke paling rendah sehingga mobil dapat menanjak dengan kekuatan penuh seperti layaknya mobil manual. Begitupun ketika menurun, kita dapat melakukan downshift dengan menurunkan posisi gigi ke selektor yang satu tingkat lebih rendah untuk mendapatkan efek engine brake selayaknya di mobil manual.

 

Baca Juga : Inilah Cara Mengerem Mobil Matic Saat di Turunan Yang Benar!

 

Posisi Selektor L / 1

Posisi L / 1 ini berfungsi untuk melewati tanjakan yang sangat terjal. Seperti yang kita tahu untuk melewati tanjakan ekstrim harus dengan gigi terendah supaya mobil dapat dioperasikan dengan kekuatan penuh. Posisi L / 1 ini akan menahan posisi gigi mobil di posisi terendah sehingga mobil dapat menanjak dengan penuh kekuatan.

 

Posisi Selektor Overdrive

Selain posisi selektor yang disebutkan, ada juga tombol overdrive pada mobil mobil dengan transmisi non tiptronic. Fungsi tombol overdrive ini adalah untuk menahan posisi transmisi mobil di posisi yang lebih rendah (jika memungkinkan) sehingga mobil mempunyai momentum akselerasi dan deselerasi yang lebih optimal. Fungsi Overdrive ini biasa digunakan ketika melewati medan yang berkelok dan memiliki tanjakan dan turunan yang moderat.


Nah, bagaimana sahabat mobil88? Semoga tips ini membantu kamu ya! Oiya kalau kamu ingin mencari mobil bekas transmisi matic dengan kondisi bekas berkualitas, kamu bisa mendapatkannya dengan metode COD di mobil88. Praktis, mudah dan nggak perlu keluar rumah! Yuk COD mobil bekas pilihanmu hanya di mobil88!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan