blog/cara-melakukan-tes-kompresi-pada-mesin-mobil

Cara Melakukan Tes Kompresi pada Mesin Mobil

28 Mei 2019

Test kompresi biasanya dilakukan terhadap mobil balap atau mobil sport berkapasitas besar. Namun, ujicoba ini juga bisa digunakan untuk mengetahui adanya problem pada mesin.

Berikut ini beberapa hal terkait tes kompresi pada mesin mobil :

- Kondisi mesin mobil harus dalam suhu normal. Jika mesin belum dihidupkan sama sekali (keadaan mesin dingin), hidupkan mesin, biarkan beberapa menit, agar mesin menjadi hangat. Tapi. Jangan memanaskan mesin terlalu lama, karena akan terjadi overheat. Jika mesin dalam kondisi panas, jangan langsung melakukan test kompresi, biarkan mesin istirahat hingga satu jam.

- Matikan mesin sebelum melakukan tes kompresi terhadap mesin.

- Lepaskan sirkuit yang terkait dengan sistem pompa bahan bakar.

- Putuskan koneksi sistem kelistrikan yang trkait dengan sistem pembakaran.

- Lepakan busi secara perlahan dan putuskan semua koneksi yang berhubungan dengan busi.

- Letakkan alat penguji kompresi mesin pada silinder (posisinya berada di dekat drivebelt). Jangan menggunakan alat apapun untuk mengencangkn posisi alat penguji kompresi mesin. Cukup gunakan tangan.

- Minta bantuan orang lain untuk menghidupkan mesin mobil. Jika jarum pada alat pengukur kompresi menunjukkan angka maximum, segera hentikan mesin.

- Ulangi uji kompresi pada bagian lain silinder mesin, sehingga semua bagian silinder bisa diketahui hasil uji kompresinya.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan