/blog/cara-membersihkan-soket-kelistrikan-pada-mobil

Cara Membersihkan Soket Kelistrikan pada Mobil

Air yang terciprat dari kolong kendaraan kadang bisa membuat kotoran menumpuk. Parahnya, kalau menumpuk di soket kelistrikan, pasti fitur mobil akan terganggu. Padahal, membersihkannya pun tak bisa sembarangan.

Paling penting, harus memilah-milah cairan pembersih khusus perangkat kelistrikan. Khusus untuk hal ini karena mengandung unsur listrik jadi pembersih yang digunakan pun harus yang khusus membersihkan kelistrikan, lebih aman karena tidak menghantarkan arus listrik dan cepat kering.

Beberapa perangkat yang mengalirkan arus listrik, contohnya soket motor wiper. Perangkat ini apabila kotoran menumpuk, pasti akan menyebabkan aliran listrik tidak stabil. Indikasi paling mudah, buka soket dan lihat kondisinya.

Apabila terlihat banyak kotoran menghitam, sudah tandanya untuk dibersihkan. Semprot dan usapkan saja perlahan dengan tangan untuk kotoran membandel. Jika sudah ada karat, harus diampelas.

Untuk kendaraan yang sudah berumur, lihat juga kondisi soket lain seperti kabel menuju koil atupun soket lampu.
Efeknya, kabel koil yang longgar bisa mengakibatkan mesin terasa tersendat, begitu juga dengan soket lampu yang bisa membuat sinar lampu menjadi redup. Diusahakan jangan satu sisi soket saja yang disemprot, soket bagian motor juga dibersihkan.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan