/blog/cara-mendeteksi-mobil-bekas-tabrakan

Cara Mendeteksi Mobil Bekas Tabrakan

30 Mar 2019

Sikap mengemudi ugal-ugalan dan tidak patuh terhadap peraturan lalu-lintas berujung pada terjadinya ratusan, bahkan ribuan kali kecelakaan. Apakah mobil bekas tabrakan bisa diperbaiki? Bisa. Tapi tidak akan kembali normal seperti kondisi sebelumnya.

Bahkan, sebagian mobil bekas tabrakan, direstorasi, diperbaiki sedemikian rupa, agar tidak terdeteksi oleh calon pembeli. Trik yang biasanya dilakukan oleh para penjual mobil bekas tabrakan adalah dengan “membanting” harga semurah mungkin, sehingga mobil tersebut cepat laku.
Bagaimana cara untuk mendeteksi mobil bekas tabrakan, berikut ini tips praktis dari mobil88:

- Cek sejarah kendaraan. Setiap kasus kecelakaan atau tabrakan pasti akan terdata, sehingga kondisi mobil bekas tabrakan tersebut bisa diketahui. Kerusakannya separah apa, bagian apa yang rusak dan lain-lain.

- Lakukan pengecekan terhadap mobil secara teliti. Memeriksa kondisi mobil bekas tabrakan memang sulit. Tapi, hal tersebut harus dilakukan agar konsumen tidak menyesal / merasa dirugikan.

- Lakukan pengecekan detail terhadap hal-hal berikut ini :

Apakah harus membeli mobil bekas tabrakan? Tentu saja tidak. meskipun ada beberapa bengkel yang mengklaim mampu memperbaiki mobil bekas tabrakan. Tapi, apakah proses perbaikan tersebut dilakukan secara optimal dan berkualitas tinggi. Sehebat apapun bengkel yang mengklaim bisa memperbaiki mobil bekas tabrakan, hingga terlihat seperti tidak ada bekas tabrakan sama sekali, tetap saja efek dari tabrakan tidak bisa dihilangkan.

Anggaplah perbaikan terhadap mobil bekas tabrakan bisa dilakukan maksimal, tapi, apakah ada jaminan bahwa mobil tersebut tidak akan menguras kantong, karena muncul karat, ban yang harus sering diganti, keseimbangan mobil yang tidak stabil, sehingga hal itu menambah kerja ban, apakah sistem AC akan bekerja normal pada beberapa bulan kemudian, dan lain-lain.

Karat adalah hal umum yang menjadi ciri-ciri mobil bekas tabrakan. Noda-noda karat bisa diperbaiki, namun hal tersebut bersifat sementara. Karat akan terlihat pada beberapa bagian seperti lantai, panel bodi, komponen sistem rem dan lain-lain.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah mobil tersebut bekas tabrakan atau tidak adalah dengan memperhatikan gradasi warna pada bodi mobil. Pada mobil bekas tabrakan, yang sudah diperbaiki, akan terlihat perbedaan warna, antara bagian yang satu dengan bagian lainnya.

Cek bagian belakang mobil. Pada mobil bekas tabrakan yang sudah diperbaiki, tanda bekas tabrak di bagian belakang tidak akan bisa hilang secara total. Saat memperhatikan cat panel bodi, lihat dari dekat, karena pengecekan ini membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Contoh : perhatikan bagian tutup tangki dengan bagian dekat lampu belakang, pada mobil bekas tabrakan akan tampak perbedaannya.

Cek perbedaan pada panel bodi. Contoh: saat menutup pintu, lihat apakah posisi pintu tersebut rata atau tidak. Pengecekan ini juga bisa diterapkan pada kap mesin, bagasi dan panel lainnya.

Jika terlihat ada suatu tanda tak wajar pada beberapa panel bodi, lakukan pengecekan pada bagian lainnya yang berlawanan. Contoh: jika terdapat celah pada saat pintu tertutup, bandingkan dengan kondisi panel bodi di fender depan. Lakukan pengecekan lebih detil, jika Anda mencurigai adanya tanda bekas tabrakan pada bagian samping mobil.

Cek kondisi cat pada permukaan bodi secara teliti. Lakukan pengecekan dari jarak dekat. Perhatikan kualitas catnya, jika terdapat perbedaan warna dan tekstur pada panel bodi, maka hal itu indikasi kuat bahwa mobil tersebut bekas tabrakan.

Pegang permukaan panel bodi mobil dengan tangan. Cat yang asli akan terasa halus dan lembut saat disentuh. Sebaliknya, cat pada panel bodi mobil bekas tabrakan yang dicat ulang akan terasa kasar.

Lakukan pengamatan terhadap cat pada panel bodi dari berbagai arah atau sudut. Cek apakah terdapat perbedaan warna antara bagian. Misalnya fender bagian depan berwarna lebih gelap dibanding bagian lainnya.
Pada manufaktur otomotif, bagian-bagian bodi mobil dicat terlebih dahulu sebelum dipasang, sehingga tidak ada tanda bekas cat pada trim yang terbuat dari material plastik atau kabel-kabel. Misalnya, ada bekas semprotan cat pada kabel yang berada di sela-sela pintu mobil. Hal ini merupakan indikasi bahwa mobil tersebut telah dicat ulang.

Perhatikan area-area secara detail, hingga ke bagian-bagian kecil sekalipun, misalnya pada trim pintu, jika ada bekas cat yang tidak wajar, maka hal itu menunjukkan bahwa mobil itu telah dicat ulang.

Buka kap mesin, perhatikan engsel pada kap mesin tersebut. Cek kondisi baut-bautnya. Jika terdapat goresan pada baut, maka hal tersebut merupakan indikasi bahwa beberapa bagian yang diganti atau disesuaikan, yang posisinya sudah berubah dibanding kondisi normal.

Jangan anggap remeh jika terdapat karat kecil pada beberapa bagian mobil. Hal itu menunjukkan bahwa mobil tersebut bekas tabrakan.

Selain mengamati apakah mobil tersebut bekas tabrakan atau tidak, cek juga apakah mobil itu bekas banjir atau tidak. Mobil bekas banjir berpotensi menimbulkan berbagai masalah, misalnya gangguan pada instalasi kelistrikan, munculnya jamur dan beragam problem lainnya.


Demikian tadi beberapa pengecekan yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi mobil bekas tabrakan. Cukup rumit dan sulit. Tapi, cara seperti itu harus dilakukan.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan