/blog/cara-mengatasi-bau-asap-knalpot-di-dalam-mobil

Cara Mengatasi Bau Asap Knalpot di Dalam Mobil

01 Mar 2019

Bau asap knalpot yang tercium hingga ke dalam kabin mobil tentunya mengganggu kenyamanan penumpang di dalamnya. Jika terlalu sering menghirup asap knalpot akan membawa dampak terhadap kesehatan saluran pernafasan, bahkan menimbulkan keracunan.

Oleh karena itu, jika sudah tercium bau asap di kabin mobil, segeralah mencari sumber penyebabnya dan atasi masalahnya.

Untuk langkah awal, Anda dapat mengatasi sendiri bau asap yang masuk ke kabin. Pertama, cek actuator pengatur sirkulasi udara di tombol pendingin ruangan (AC). Pada tombol sirkulasi tertera sirkulasi udara dalam dan sirkulasi udara luar ke dalam.

Apabila posisinya menunjukkan tombol sirkulasi udara luar ke dalam kabin, otomatis udara luar akan tercium masuk ke dalam kabin. Cara mendeteksinya, jika di dekat mobil Anda ada truk bermuatan sampah maka bau sampah akan tercium ke dalam mobil, dan baunya tidak akan hilang selama posisi mobil Anda di dekat-dekat truk tersebut.

Solusi untuk kondisi seperti ini, pindahkan setelan tombol pengatur sirkulasi udara ke posisi sirkulasi udara kabin. Sebagai informasi tambahan, jangan terlalu sering melakukan penyetelan pada sirkulasi udara luar (fresh air) karena bisa menimbulkan evaporatornya kotor.

Seandainya setelan actuator sirkulasi udara sudah diubah tetapi masih tercium bau asap yang berasal dari luar kabin, Anda perlu mewaspadai adanya masalah pada mekanisme actuator. Masalah ini sebaiknya diserahkan ke mekanik ahli di bengkel resmi agar dapat dilakukan pemeriksaan dan perbaikan pada actuator-nya.

Kemungkinan lain yang menyebabkan bau asap knalpot di dalam kabin adalah terbukanya karet-karet kabin yang berhubungan dengan udara luar atau kolong mobil. Karet-karet ini diantaranya karet di bodi belakang bawah bagasi, karet penutup kabel yang berhubungan dengan kabin ke ruang mesin, karet steering column, atau selang AC. Karet-karet pintu yang sudah sobek atau mengeras juga dapat menyebabkan bau asap knalpot menyusup ke dalam kabin.

Memperbaiki karet-karet yang terbuka atau terlepas cukup mudah dilakukan sendiri. Anda hanya perlu memeriksa bagian lantai mobil atau belakang mesin yang berhubungan dengan kabin.

Apabila ada yang terlepas, pasang kembali karet penutupnya. Jika penutupnya hilang, untuk sementara Anda dapat menutupnya menggunakan selotip atau double tape sebelum mengganti penutupnya.

Source : astraworld.com
Picture : telegraph.co.uk

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan