blog/cara-mengetahui-agar-tidak-tertipu-soal-odometer-saat-beli-mobil-bekas

Cara Mengetahui Agar Tidak Tertipu Soal Odometer Saat Beli Mobil Bekas

30 Jul 2019

Salah satu patokan ketika membeli sebuah kendaraan bekas adalah memperhatikan angka odometer. Pasalnya, jika odometer menunjukan catatan angka cukup tinggi, hal itu mengisyaratkan bahwa mobil tersebut sudah menempuh jarak cukup jauh.

Jikapun jarak tempuh saja sudah jauh, tidak menutup kemungkinan, akan berpengaruh pada menurunnya performa pada sejumlah komponen. Contoh, jika sebuah mobil dengan tahun produksi 2018 dan catatan odometer mencapai 100 ribu km, maka perlu dipertanyakan kemampuan performanya.

 

"baca juga : Ini hasilnya kalau kilometer di odometer mobil diutak-atik"

 

Pasalnya, dealer atau bengkel resmi menyarankan setiap mobil melakukan, servis baik dilakukan setiap enam bulan atau 10 ribu. Lantas jika satu tahun, maka jarak tempuh pada odometer idealnya mencapai 20 ribu km per tahun, bukan 100 ribu km.

Hanya saja, ada saja oknum penjual mobil bekas nakal, yang mencurangi calon pembeli dengan mengubah odometer sehingga jarak tempuhnya cukup pendek. Oleh karena itu, ada baiknya Anda tahu bagaimana cara membeli mobil bekas yang sudah diatur ulang bagian odometer.

Biasanya, oknum penjual mobil bekas nakal melakukan kecurangan pada mobil dengan mengubah odometer analog. Jika itu terjadi, kerap ada congkelan ketika membuka mika dasbor. Selain itu, angka-angka pada odometer juga mengalami kerusakan karena harus dipaksa diputar dengan benda keras tumpul atau lancip.

Namun perlu dicatat, odometer digital juga bisa saja dimanipulasi, dengan cara yang lebih mudah, yaitu hanya dengan mencolok ke sebuah software.

Oleh karena itu, selain melihat odometer, ketika Anda membeli mobil bekas, baiknya melakukan pengecekan secara menyeluruh, mulai dari riwayat servis pada buku atau bengkel, kemudian melihat secara langsung bentuk fisik eksterior dan interior mobil secara masuk akal.

Nah, Anda tak mau kan punya mobil karena kecurangan masalah odometer? Maka, ada baiknya membeli mobil bekas di tempat terpercaya seperti mobil88. Karena ada jaminan berupa buyback guarantee untuk pembelian merek dan tipe mobil apapun. Jika ada salah satu dari poin garansi yang tidak sesuai, Anda tidak akan merugi karena mobil itu bisa dibeli kembali. 

Hal yang terjamin dalam garansi mobil88 adalah dokumen dijamin asli dan tidak terkait kasus hukum, mobil tidak pernah mengalami tabrakan yang menyebabkan perubahan struktur rangka, mobil dijamin tidak pernah terendam banjir, nomor rangka dan nomor mesin fisik sesuai dengan BPKB dan STNK, serta paling utama kilometer pada odometer tidak diputar balik alias asli.

Yuk cek stok mobil yang ada di mobil88 atau download aplikasi mobil88 e-store sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan