/blog/cara-mengetahui-kerusakan-pada-suspensi

Cara Mengetahui Kerusakan pada Suspensi

Suspensi merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang menunjang aspek keamanan dan kenyamanan berkendara. Jika tidak mendapatkan servis dan perawatan secara teratur, maka komponen ini akan menjadi salah satu sebab munculnya suara bising saat mobil dikendarai.

Shock, strut, control arms, dan komponen lain pada suspensi bisa menjadi faktor penyebab munculnya suara gaduh pada sistem suspensi. Adanya problem atau kerusakan pada salah satu komponen itu akan mengakibatkan munculnya suara berisik.

Suara yang diduga muncul dari sistem suspensi terkadang membingungkan. Karena meiliki kemiripan. Ada komponen yang mudah dideteksi kerusakannya. Tetapi, ada komponen yang sulit untuk dideteksi.

Ball joint merupakan salah satu komponen yang terbilang rumit. Namun, jika sudah diketahui sumber munculnya suara bising yang diduga berasal dari komponen ini, maka akan mempermudah proses perbaikannya. Ball joint menghubungkan rangkaian komponen pada sistem suspensi.

Indikasi kerusakan pada ball joint akan terdengar jelas saat setir mobil diputar ke kiri atau ke kanan. Suara tersebut juga akan terdengar saat mobil melintasi gundukan atau permukaan jalan yang tidak rata. Suara suspensi yang rusak terdengar jelas saat mobil bergerak maju atau mundur. Dan, saat mobil menanjak atau menurun.

Ketika mengalami permasalahan suspensi, mobil88 menyarankan cobalah untuk melakukan perbaikan ke bengkel. Pastikan bengkel memang pakar dalam memperbaiki kaki-kaki mobil. Mengapa? Jika suspensi bermasalah dan tak diperbaiki, akan berpengaruh terhadap permasalahan lain di mobil, seperti ban. Tak jarang berturut-turut akan terjadi permasalahan pada ban. Entah aus atau tapak bergelombang.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan