blog/cat-mobilmu-mulai-memudar-inilah-penyebab-dan-cara-mengatasinya

Cat Mobilmu Mulai Memudar? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

30 Okt 2020

Seiring waktu, kondisi cat mobil kesayangan kamu pasti akan mengalami degradasi, dari mulai pudar sampai ada yang mengelupas. Hal ini memang tidak bisa dihindari, karena disebabkan oleh faktor lingkungan dan juga faktor cuaca di tempat tinggal kamu. 

Nah untuk lebih jelasnya, sebaiknya memang kamu perlu mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan cat mobilmu memudar, diantaranya adalah :

 

  • Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Cat mobil memang rentan mengalami pengelupasan apalagi bagi kamu yang tinggal di iklim tropis. Pelapis cat dapat cepat mengelupas akibat paparan sinar UV jangka panjang. Salah satu contohnya adalah jika kamu terlalu lama menjemur mobilmu di bawah sinar matahari, mobilmu akan terlihat lebih kusam daripada yang terlindung dari sinar UV, lho.

 

  • Salah Pilih Sabun Cuci Mobil

Begitu juga dengan sabun pencuci mobil atau shampoo mobil yang bukan untuk mobil, biasanya kandungan kimia di dalam shampoo atau sabun tersebut tidak cocok dengan cat mobil dan akan menyebabkan umur pelapis cat lebih pendek. Hal itu ditandai dengan warna belang. uleh karena itu jangan sampai kamu asal-asalan dalam memilih shampoo atau sabun untuk mobil.

 

Baca juga : Shampo Sebabkan Cat Mobil Kusam, Benarkah?

 

  • Kotoran Burung

Kalau parkir di area terbuka, biasanya rentan terkena kotoran burung yang dapat juga mengikis lapisan cat apabila didiamkan terlalu lama hingga mengeras dan terjemur. Karena kotoran burung memiliki kandungan asam yang tinggi dengan Ph 3-4,5.

Jangan sepelekan kotoran burung, karena ternyata cat mobilmu bisa rusak kalau tidak segera dibersihkan. Mulai sekarang, lebih pilih-pilih ya kalau mau parker di area terbuka.

Meski begitu, ada cara agar kondisi cat mobil layaknya mobil baru bisa bertahan lebih lama. Upaya ini harus datang dari kamu sebagai pemilik mobil, paling mudah adalah selalu parkir mobil kamu ditempat yang teduh. Jangan lupa untuk rajin mencuci permukaan mobil dan rutin memoles kendaraan roda empatmu ini.

Sebaiknya cat mobil juga harus rutin dipoles secara menyeluruh, terutama bagian kap mesin dan atap. Sekaligus menghilangkan guratan kecil di permukaan bodi.

 

Baca juga : Inilah Bahaya Disinfektan Pada Cat Mobil dan Cara Mengatasinya

 

Selain itu, kamu harus perhatikan juga cairan pembersih yang dipakai, apakah dikhususkan untuk mobil, atau shampoo mandi biasa. Banyak pilihan untuk pembersih kimia dan tidak semuanya ideal. Bahan kimia yang keras dapat menyebabkan penipisan pada cat mobil. 

Untuk membersihkan mobil juga tidak bisa sembarang, ada teknik khusus yang benar. Jika teknik dan cairannya tidak benar maka bisa membuat kerusakan lebih lanjut pada lapisan cat mobil kamu. 

Bagi kamu yang tinggal di daerah pantai, sebaiknya cat mobil dilindungi juga dengan perawatan waxing. Banyak wax memiliki sifat hidrofobik yang memungkinkan percikan air tanpa meninggalkan bercak. Atau menggunakan proses coating yang berbahan keramik polimer sehingga cat mobil bisa lebih berkilau.

Untuk perawatannya, jika harus parkir di luar rumah sebaiknya juga gunakan penutup mobil yang bagus untuk meminimalisir paparan sinar UV. Selain itu rajinlah mencuci mobilmu agar bintik-bintik awal dapat segera diatasi sebelum masalahnya semakin berkembang. 

Jika cat mobil kamu sudah memudar atau bahkan sudah mengelupas tentunya butuh perbaikan dengan mengecat ulang mobil. Jika begitu, maka sudah dipastikan biaya yang akan kamu keluarkan juga tidak murah. Solusi lainnya adalah mengganti mobil lama kamu dengan mobil yang lebih baru di mobil88. 

Sekarang ini kalau beli mobil bekas di mobil88 kamu enggak perlu repot datang ke showroom, lho. Cukup dari rumah saja, tinggal akses ke mobil88 e-store lalu pilih deh mobil mana yang kamu incar. 

Beli mobil bekas di mobil88 juga sekarang lebih mudah dengan adanya program COD (Car On Delivery), dimana untuk sesi test drive akan langsung diantar oleh pihak mobil88 ke rumah kamu. Layanan COD ini juga memungkinkan kamu untuk bisa lihat dan cek mobil idaman yang sudah kamu pilih dari mobil88 bahkan juga melakukan test drive #DariRumahAja karena staff mobil88 yang akan antar mobil pilihanmu ke rumah dan free biaya antar showing.


Yuk, langsung saja cek stok unit mobilnya di sini

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan