blog/cek-dulu-bagian-ini-sebelum-kamu-beli-mobil-matic-bekas

Cek Dulu Bagian Ini Sebelum Kamu Beli Mobil Matic Bekas

16 Nov 2020

Kamu sedang mencari mobil bekas, tapi maunya yang transmisi otomatis alias matic? Awas jangan sampai kebobolan, karena kalau sampai dapatnya mobil matik yang kondisinya jelek bisa-bisa kamu keluar biaya besar untuk perbaikan. 

Ada beberapa hal dan juga bagian yang kamu harus cek dan perhatikan baik-baik ketika ingin membeli mobil matic bekas. Pengecekan ini wajib kamu lakukan ya, karena mobil matic bekas biasanya rentan sekali bermasalah pada transmisi yang nantinya bisa merembet ke bagian mesin. Pasalnya, kerja mesin dan transmisi otomatis saling mendukung satu sama lain

1. Cek Kebocoran Oli Pada Transmisi Matic 

Tentunya selain melihat kondisi eksterior, kaki-kaki hingga interior, kamu jangan sampai lupa untuk mengintip kondisi pada transmisi maticnya. Cek apakah ada kebocoran oli atau tidak, perlu diingat tidak semua warna oli itu merah, bisa bermacam-macam. Kamu patut curiga jika terlihat ada kebocoran, karena ada dua kemungkinan yakni servis atau penanganan perbaikan total.

2. Cek Pada Bagian Indikator Mobil

Berikutnya adalah pengecekan indikator, apakah indikator menyala normal ataukah ada peringatan yang tidak lazim pada meter cluster. Misalnya ada lampu indikator check engine yang menyala, atau indikator transmisi menyala kedap-kedip ketika mesin dinyalakan. Jika indikator transmisi menyala berarti bisa berindikasi ada masalah di bagian elektrikal, dan jika dipakai terus-menerus kerusakan bisa merembet ke bagian mekanik transmisinya.

3. Jangan Lupa Test Drive

Pastikan kamu tes drive mobilnya, dengan begitu kamu bisa memastikan apakah saat memindahkan tuas transmisi terasa halus atau kasar, ada entakan atau tidak. Bisa juga kamu melakukan tes ketika mobil dalam kondisi dingin, setelah dinyalakan langsung masukkan tuas ke posisi D. Jika mobil langsung jalan tanpa kamu injak pedal gas, maka itu tandanya transmisinya sehat. Tapi kalau sebaliknya, berarti ada sesuatu yang bermasalah. 

Dengan melakukan tes drive kamu juga bisa tahu apakah ada gangguan saat perpindahan gigi, tes juga saat akselerasi dan pengeremannya. Kalau ada gejala perpindahan yang tidak normal atau sampai ada gejala selip itu bisa pertanda transmisi bermasalah. Untuk transmisi matic yang bagus akan melakukan perpindahan gigi mengikuti putaran mesin.

Baca juga : Beli Mobil Bisa Test Drive Dari Rumah, Ya Cuma di mobil88

4. Beli di Dealer Mobil Bekas Terpercaya

Terakhir adalah dengan melakukan pembelian di dealer mobil bekas terpercaya. Urusan membeli mobil bekas memang bukan perkara mudah, baik mobil bekas bertransmisi manual ataupun matic. Jadi, sangat disarankan untuk kamu membeli mobil bekas di dealer terpercaya yang sudah memiliki pengalaman dalam urusan jual beli mobil bekas. Seperti mobil88 contohnya, berdiri sejak 32 tahun yang lalu, mobil88 saat ini menjadi salah satu dealer mobil bekas terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Selain itu, kini membeli mobil bekas di mobil88 bisa kamu lakukan juga dari rumah, lho. Nanti untuk test drive akan ada yang mengantar mobil pilihan kamu ke rumah tanpa biaya apapun. Caranya cukup mudah, kamu cukup memilih mobil mana yang kamu inginkan di mobil88 e-store melalui website www.mobil88.astra.co.id, ataupun melalui aplikasi yang bisa kamu download di Google Playstore ataupun Apple Appstore.

Kemudian setelah menemukan mobil pilihan kamu, tinggal lakukan booking showing via Live Chat. Melalui live Chat ini, kamu tinggal berdiskusi dengan tim dari mobil88 untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes drive serta lokasi mana yang kamu inginkan. Mudah, bukan? Yuk, cek mobil apa saja yang ada di mobil88 saat ini di www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan