/blog/cek-ombak-dulu-sebelum-beli-mobil-pakai-kredit

Cek Ombak Dulu Sebelum Beli Mobil Pakai Kredit

22 Mar 2019

Pertanyaan paling umum saat ingin punya mobil second adalah mau beli mobil bekas kredit atau tunai. Sedangkan jawabannya ya balik lagi ke kondisi dan rencana finansial.

Kalau ada uangnya, bayar tunai tidak jadi masalah. Kalau tabungan belum mencukupi tapi keinginan sudah susah ditahan, ya pilihannya cara kredit.

Dana yang disiapkan cukup uang mukanya dulu, lalu cicilan bulanannya bisa diatur sesuai pemasukan. Soalnya kan kita pasti punya pengeluaran rutin lain juga. Kalau menuruti istilah orangtua “jangan besar pasak daripada tiang”.

Idealnya, cicilan tidak boleh lebih besar dari 30 persen pendapatan. Hitungannya seperti ini: anggaplah gaji bulanan kita Rp 7 juta, artinya jumlah cicilan yang ideal tidak boleh lebih dari Rp 2,1 juta.

Namun kalau berat, siasatnya adalah menyiapkan uang muka lebih besar sekitar 50 persen dari harga mobil bekas yang diinginkan. Sabar-sabar dulu deh menabung supaya tidak berat ketika menyicil.

Keuntungan lain, kalau cicilan tidak terlalu besar, kemungkinan pengajuan kredit disetujui lebih tinggi.

Baca juga: “Catat, Cara Gampang Urus Balik Nama Saat Beli Mobil Bekas”

Maklum beli mobil kan tidak sama seperti beli kacang ya. Harganya sudah pasti puluhan juta dan penginnya pun mobil bisa awet terpakai tahunan.

Jadi, pertimbangkan juga jenis dan tipe mobil agar sesuai kebutuhan, bukan keinginan semata. Kalau baru menikah, lebih baik pikirkan juga rencana keluarga. Kalau sudah ingin punya momongan, ya baiknya pilih mobil yang lebih lega.

Tapi kalau jumlah anggota keluarga belum banyak dan mobil seringnya digunakan untuk bekerja, city car boleh juga jadi pilihan. Konsumsi bensin lebih hemat, harga juga lumayan terjangkau.

Petimbangan lain, kita harus jeli memeriksa kondisi mobil. Namanya juga mobil bekas, pasti kondisinya tidak akan semulus mobil keluaran baru dari pabrik.

Biasanya ada saja komponen yang harus diganti. Paling umum, kita harus menyiapkan dana perbaikan lebih kurang 10 persen dari harga mobil.

Namun, biaya tersebut bisa saja jadi nol kalau kita beli mobil bekas berkualitas yang kondisinya masih oke sehingga tidak perlu perbaikan. Mobil bekas seperti ini yang kami tawarkan di gerai mobil88.

Kalau beli mobil di mobil88, sudah ada buyback guarantee yang berarti mobil dijamin tidak bekas tabrak yang bisa berefek pada rangka. Lalu, kendaraan juga bukan bekas banjir yang bisa menyebabkan karat dan keropos, selain masalah kelistrikan. Jaminan ini juga berarti dokumen terjamin, baik nomor rangka dan mesin yang sesuai STNK.

Terlebih lagi di showroom mobil bekas kami, mobil88, opsi kredit memang tersedia. Kalau sudah sudah yakin dengan mobil yang hendak dibeli, barulah siapkan kebutuhan pengajuan kreditnya.

Biasanya, dokumen-dokumen untuk pengajuan kredit yang harus dilengkapi yaitu KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, rekening koran, Surat Keterangan Domisili dan syarat-syarat lainnya.

Masih cari-cari mobil bekas yang berkualitas? Bisa coba lihat pilihan mobil di gerai kami secara online di halaman ini ya.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan