/blog/emisi-gas-buang-rendah-dengan-catalytic-converter

Emisi Gas Buang Rendah dengan Catalytic Converter

30 Mar 2019

Sistem pembuangan pada mesin mobil melewati berbagai tahapan atau proses. Di antaranya, sistem kontrol yang akan dijadikan informasi untuk mengatur sistem injeksi bahan bakar.

Sensor oksigen pada catalytic converter inilah yang akan mengirimkan informasi kepada sistem komputer yang terdapat di mesin untuk mengetahui berapa kadar oksigen pada sistem pembuangan.

Sistem komputer pada mesin mobil akan meningkatkan atau menurunkan jumlah oksigen pada sistem pembuangan sesuai dengan rasio udara dan bahan bakar. Skema pengaturan tersebut akan mendukung sistem komputer pada mesin mobil bahwa oksigen yang dibutuhkan sesuai yang dibutuhkan sistem pembuangan dan proses oksidasi katalis.

Catalytic converter memiliki peran penting terhadap proses mengurangi polusi. Hal ini terjadi saat temperatur tinggi. Ketika suhu mobil dingin, maka catalytic converter tidak bisa mereduksi polusi pada sistem pembuangan.

Problem tersebut telah di atasi dengan berbagai inovasi yang dilakukan pabrikan otomotif. Di antaranya adalah meletakkan catalytic converter di dekat jok baris depan sehingga jaraknya cukup jauh dengan mesin agar temperatur pada catalytic converter tetap teratur. Hal ini untuk memastikan tidak terjadi hal buruk terhadap catalytic converter.

Varian Catalytic Converter

Catalytic converter memiliki dua varian berbeda terkait dengan proses katalis, yaitu mereduksi katalisator dan proses oksidasi. Kedua varian ini terdiri dari material logam katalis, platinum, rhodium, dan palladium.

Kedua varian tersebut di atas berhubungan dengan struktur pada permukaan area katalis pada sistem pembuangan. Material yang mendukung proses katalis tersebut harganya relatif tinggi.

Tahapan pertama pada catalytic converter adalah mengurangi proses katalis. Platinum dan rhodium yang ada pada catalytic converter akan mereduksi emisi.
Tahapan berikutnya platinum dan palladium mengoksidasi yang akan membuas gas buang untuk keluar bersih.

Proses tersebut di atas akan mengurangi efek zat hidrokarbon dan karbonmomoksida. Mengacu pada standar emisi rendah pada mobil sesuai Euro2, maka mobil keluaran 2007 ke atas telah menggunakan catalytic converter. Manfaatnya langsung terasa dengan bersihnya gas buang dari knalpot.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan