/blog/etika-menghormati-bulan-ramadhan

Etika Menghormati Bulan Ramadhan

Jika kebetulan Anda adalah non-muslim yang tidak merayakan Ramadhan, barangkali sesekali pernah merasa penasaran tentang apa sebenarnya Ramadhan. Apa yang muslim dilakukan di bulan ini? Mengapa Ramadhan begitu istimewa? Apa yang bisa non-muslim lakukan untuk menghargai bulan ini? Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan dihindari demi menghormati yang sedang berpuasa.

1. Kenali muslim di sekitar Anda
Sebaiknya, sejak sebelum Ramadhan tiba, kenali siapa saja muslim di sekitar Anda, baik di lingkungan rumah, di kantor, atau di sekolah. Mengapa demikian? Ketika Anda menyadari bahwa teman Anda adalah seorang muslim, Anda akan lebih berhati-hati dan menghindari hal-hal yang sekiranya mengganggu ibadah puasa mereka. Sehingga Anda tak perlu merasa canggung untuk bersikap.

2. Bertanya mengenai Ramadhan
Jika Anda kebetulan sedang menghabiskan waktu luang dengan seorang teman muslim, tak ada salahnya Anda bertanya-tanya tentang Ramadhan, seperti: apa yang biasanya dilakukan dan tidak dilakukan muslim selama puasa, tentang Idul Fitri, dan beberapa pertanyaan sederhana lain. Ini adalah cara yang baik untuk saling menghormati dan berbagi.

3. Mencoba berpuasa selama sehari
Jika misalnya Anda memiliki seorang teman sekamar yang kebetulan muslim, tak ada salahnya mencoba pengalaman berpuasa dengannya walau hanya sehari saja. Setidaknya menemaninya bangun pagi dan makan sahur bersama, hingga buka buasa bersama. Ini bisa mempererat persahabatan dan rasa toleransi. Mengalami secara pribadi mungkin akan memberi Anda ide bagus tentang bagaimana muslim belajar bersabar dengan berpuasa Ramadhan. Namun jangan memaksakan diri jika Anda merasa tak sanggup.

4. Membantu pekerjaannya
Jika perut dalam kondisi kosong, setidaknya kita akan merasa lemah secara fisik. Untuk itu Anda dapat menawarkan bantuan pada teman muslim Anda dengan beberapa cara. Misalnya membantunya membawakan barang berat, menawarkan mengantar pulang, atau memasakkan menu buka puasa untuknya. Kebaikan Anda akan sangat dihargai.

5. Membantu mengingatkan
Jika Anda memiliki beberapa pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan seorang muslim (seperti shalat tepat waktu atau membaca Al Qur'an) dan yang harus dihindari (seperti bergosip atau menatap tajam pada lawan jenis), maka Anda bisa mengingatkan mereka untuk membantu kekhusyukan ibadahnya di bulan Ramadhan.

6. Menghindari makan di depan muslim yang sedang berpuasa
Muslim yang berpuasa biasanya akan menghindari tempat-tempat makan seperti restoran. Tapi akan ada suatu waktu dimana mereka tidak dapat menghindarinya, misalnya dalam pertemuan dengan relasi. Jika Anda menyadari hal ini, usahakan untuk makan di tempat lain untuk menghormati teman Anda. Tapi jika situasinya diluar kendali Anda, setidaknya bertanyalah pada teman muslim Anda, apakah ia berkenan Anda makan di depannya.

(DYN)

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan