×

blog/fakta-dan-sejarah-daihatsu-xenia-berapa-harga-bekasnya-di-mobil88

Fakta dan Sejarah Daihatsu Xenia, Berapa Harga Bekasnya di mobil88?

03 Mar 2021

Daihatsu menjadi pelopor hadirnya mobil keluarga dengan harga yang ekonomis dengan Daihatsu Xenia dan saudara kembarnya Toyota Avanza. Lahirnya Xenia sudah digagas sejak adanya krisis moneter di tahun 1998 yang membuat mobil keluarga terpopuler saat itu menjadi meningkat tinggi dari Rp 50 jutaan menjadi Rp 180 juta. 

Akhirnya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bersama Toyota Astra Motor (TAM) melahirkan sebuah mobil keluarga yang memiliki kapasitas seperti Toyota Kijang namun dengan harga yang lebih terjangkau. 

Sejarah Daihatsu Xenia

Pertama kali diperkenalkan di tahun 2003 dan mulai penjualan di 2004 di ajang Gaikindo Auto Expo, Daihatsu Xenia ini dibanderol dengan harga Rp 70 juta. Sampai pada masa Xenia dan Avanza ini berhasil terjual 100.000 unit dan menjadi mobil ‘sejuta umat’ menggantikan hegemoni Toyota Kijang yang lebih dulu eksis.

Faktor utama yang membuat Daihatsu Xenia dapat memegang kendali pasar adalah harganya terjangkau dan kualitas terbaik yang disematkan dalam mobil tersebut. Keluarga Indonesia membutuhkan sebuah kendaraan yang mampu menampung banyak penumpang (7-seater), harga terjangkau, mesin ‘bandel’, irit serta minim perawatan merupakan strong selling point yang membuat Xenia dan Avanza masih diminati hingga saat ini.

Selama dipasarkan di Indonesia, Daihatsu Xenia telah mengalami banyak ubahan. Mulai dari sekadar penyegaran tampilan (facelift) hingga rombakan total atau major change.

Generasi Pertama (2003-2011)

Generasi pertama Daihatsu Xenia ini ditawarkan dalam tiga tipe yakni Mi, Li dan Xi. Tipe Mi dan Li, sama-sama dibekali mesin 1.0 liter. Sementara untuk tipe Xi dibekali mesin berkapasitas 1.3 liter. Ketiga opsi mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual 5 percepatan, tidak ada transmisi otomatis saat pertama kali diluncurkan. Barulah pada 2009, Daihatsu menyediakan transmisi otomatis 4-percepatan untuk Xenia.

Sedangkan tipe terendahnya, Mi belum dibekali power steering, electric mirror dan masih menggunakan pelek kaleng serta dop. Di dalamnya juga masih menggunakan head unit single din yang hanya dapat mengoperasikan radio dan kaset. Namun, pada tipe ini sudah memiliki central lock.

Baca juga : Mengapa Toyota Avanza Bekas Sangat Laris? Simak Faktanya!

Kemudian, tipe Li dan Xi hampir memiliki kesamaan dalam hal fitur, adanya power steering, single din radio tape cd player, power windows, alarm remote, velg alloy, grill berlapis krom, spoiler, electric mirror, roof rail dan juga sensor parkir.

Mesin 1.0 liter berkode EJ-DE DOHC 3-silinder mampu menghasilkan tenaga 56 hp pada 5.200 rpm dan torsi yang dihasilkan 90 Nm pada 3.600 rpm. Sementara untuk mesin 1.3 liter berkode K3-DE DOHC 1.300 cc, DOHC 16 katup, sudah injeksi tapi belum berteknologi bukaan katup variabel (VVT-i). Mesin ini punya tenaga maksimum hanya 86 dk di 6.000 rpm dan torsi 117 Nm di 3.200 rpm.

Baca juga : Sejarah, Fakta, dan Harga Daihatsu Sirion Bekas di mobil88

Sejak kehadiran Xenia generasi pertama pada tahun 2003 hingga 2011, Daihatsu tercatat sudah melakukan minor change sebanyak 2 kali yaitu pada 2006 dan 2008. Tahun 2006, Daihatsu melakukan improvisasi pada sektor mesin mereka dengan menambahkan teknologi VVT-i. Selanjutnya pada 2008, Daihatsu melakukan penyegaran pada bagian eksterior. 

Generasi Kedua (2011-2019)

Daihatsu akhirnya melakukan full model change untuk Xenia di 2011 dengan ubahan pada sisi eksterior dan interior yang cukup banyak. Xenia generasi kedua ini hadir dalam 4 tipe yaitu 1.0 D, 1.0 M, 1.3 X dan 1.3 R dengan transmisi otomatis hanya tersedia pada tipe 1.3 R saja. Pada generasi kedua ini akhirnya Daihatsu memberikan AC double blower di Xenia. 

Pada tahun 2015, Xenia generasi kedua ini melakukan minor change atau facelift dengan berubah nama menjadi Great New Xenia dengan 3 pilihan paket aksesori yaitu 1.0 M Deluxe, 1.3 X Deluxe dan 1.3 R Sporty. Banyak ubahan dari tampilannya pada facelift ini, ditambah improvisasi pada bagian mesin dengan mengadopsi teknologi dual VVT-i. Namun di 2015 ini, Daihatsu mengakhiri perjalanan dari mesin 1.0 pada Xenia.

Facelift kedua dari Xenia dilakukan oleh Daihatsu pada 15 Januari 2019. Kali ini ubahan besar diterapkan untuk MPV bernama Grand New Xenia itu. Baik eksterior maupun interiornya banyak berubah. Tak hanya ubahan, Grand New Xenia juga mendapatkan tambahan pilihan mesin yang lebih besar, 1.5L.

Baca juga : Pilihan Mobil LCGC Bekas Terbaik untuk Kamu Para First Jobber

Agar tetap bisa bersaing di segmen low MPV, Daihatsu Xenia pun mendapat teknologi kekinian, sebut saja smart entry yang otomatis menggunakan start/stop engine button. Perubahan juga dilakukan pada tombol pengoperasian AC yang berubah menjadi digital dan menggunakan head unit double din full touchscreen serta penggunaan shark fin antenna.

Harga Daihatsu Xenia Bekas Tetap Stabil

Sebagai mobil sejuta umat, tak ayal Daihatsu Xenia ini masih menjadi incaran masyarakat Indonesia. Khusus mobil bekasnya, harga jual Xenia masih relatif baik mengingat peminatnya yang juga tinggi. Sekarang di mobil88, untuk meminang Daihatsu Xenia sangat terjangkau dan juga memiliki biaya perawatan yang murah.

Di mobil88 kamu akan mendapatkan Daihatsu Xenia dengan kondisi bagus, dengan usia yang tidak terlalu tua. Untuk mengetahui berapa kisaran harga mobil keluarga Xenia ini, kamu cukup mengecek dan melihatnya langsung disitus resmi www.mobil88.astra.co.id.

Di mobil88, tersedia banyak pilihan untuk Daihatsu Xenia yang juga bisa dibeli dengan opsi kredit. Seperti Daihatsu Xenia tipe X Deluxe tahun 2017 dengan transmisi otomatis hanya dijual dengan harga Rp 121 juta. Untuk transmisi manual tersedia Xenia R Sporty 2015 dengan harga Rp 116 juta. Ada juga tipe yang sama dengan tahun yang lebih tua di harga Rp 103 juta.

Untuk melihat harga Daihatsu Xenia Bekas di mobil88, kamu bisa cek disini ya : Daftar Harga Dihatsu Xenia Bekas

Untuk proses pembelian mobil bekas secara kredit di mobil88 pun sekarang ini jauh lebih mudah dan cepat. Dengan melakukan proses secara online, kini kamu bisa melakukan pembelian mobil dengan cara kredit dari rumah. Tinggal akses ke mobil88 e-store lalu pilih deh mobil mana yang kamu incar. 

Kemudian di setiap halaman detail mobil akan ada fitur “hitung kredit” yang bisa kamu gunakan. Kamu tinggal masukkan saja hitungan sesuai keinginan maka nantinya akan ada perhitungan berapa biaya cicilan per bulannya.

Proses simulasi perhitungan cicilan kredit pun cukup akurat, dan ada pilihan leasing atau perusahaan pembiayaan yang menjadi rekanan mobil88. Tinggal masukkan berapa uang muka yang akan dibayar, kemudian berapa lama tenor kreditnya, dan terakhir memilih leasing yang tersedia. 

Setelah itu, akan tampil hitungan besaran cicilan dan uang muka yang harus dibayarkan sesuai dengan pilhan tenor dan uang muka yang sudah kamu pilih sebelumnya. Dengan fitur ini, kamu jgua bisa membandingkan besaran cicilan untuk setiap pilihan tenor dan uang muka. 

Fitur “Kalkulator Hitung Kredit” ini ada di setiap halaman detail mobil, dan terhubung pula dengan button live chat. Jadi jika kamu masih merasa kebingungan tidak perlu khawatir, karena akan ada tim profesional mobil88 yang akan membantu menjawab segala persoalan mobil bekas dengan fitur live chat tersebut.

Tunggu apalagi, yuk kunjungi www.mobil88.astra.co.id sekarang, download juga aplikasinya di Google Play Store maupun Apple App Store

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan